10 Cara Jitu Agar Bisnis Anda Terus Berkembang Pesat

Memang mengembangkan bisnis bukanlah perkara mudah, tidak seperti apa yang dikatakan oleh para mentor ataupun kata seminar yang sering Anda dengar. Karena mengembangkan bisnis membutuhkan tekad, kerja keras dan kerja cerdas.

Namun tujuan mengembangkan bisnis bisa kita capai jika dalam diri kita memiliki niat. Sebab dengan niat, Anda tentu berusaha solusinya, baik dengan cara belajar, praktek maupun bertanya kepada orang yang telah berpengalaman.

Cara mengembangkan bisnis

Cara terbaik agar bisnis dapat terus berkembang pesat maka Anda harus selalu update ilmu pengetahuan, belajar dan terus menganalisa.

Terutama soal belajar, karena belajar merupakan cara terbaik untuk mengumpulkan ilmu. Dengan ilmu Anda akan mampu bertahan serta mampu mengembangkan bisnis dengan baik.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk mencapai tujuan Anda mengembangkan bisnis Anda.

1. Memilih SDM yang tepat sasaran

Kinerja perusahaan sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang ada. Untuk itu, Anda harus bijak dan tepat ketika memilih pegawai atau karyawan Anda. Hal ini sangat penting agar semua progres pekerjaan Anda tepat dan cepat.

Anda dapat mempelajari bagaimana cara merekrut karyawan yang baik, mempelajari bagaimana cara membuat karyawan betah dan semangat dan lain sebagainya.

Cara diatas dapat membuat kinerja para karyawan Anda semakin hebat. Dampaknya pun sangat luar biasa bagi perkembangan bisnis Anda secara  kontinu.

Anda harus pintar mencari pegawai yang benar benar memiliki komitmen yang kuat, integritas yang tinggi dan memiliki pribadi baik.

Faktor diatas dapat membantu perkembangan usaha dengan baik lho. Coba Anda perhatikan, perusahaan besar pasti sangat selektif ketika mereka memilih karyawan mereka.

2. Rencanakan dengan baik plan Anda

Bisnis yang berkembang secara konsisten biasanya bisnis yang memiliki perencanaan matang. Tidak ada kata santai atau kata auto pilot, bisnis harus dijalankan dengan serius walaupun sudah berkembang besar.

Persaingan yang terus bertambah serta perubahan zaman harus selalu di monitor. Terutama bisnis yang bergerak dibidang digital, tentu plan bisnis harus dibuat secara serius.

Apabila plan Anda telah berjalan dengan baik, tetap lakukan pengamatan dengan teliti.

3. Ciptakan suasana kerja yang efektif

Para pekerja diperusahaan Anda merupakan orang yang juga memiliki pengaruh pada perkembangan bisnis. Untuk itu, Anda perlu menciptakan suasana kerja yang efektif, memberikan motivasi, rasa percaya dan dihargai.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan utnuk menciptakan tu;juan ini, Anda bisa membaca beberapa artikel yang berkaitan yaitu bagaimana cara menciptakan suasana kerja yang efektif dan tepat sasaran.

4. Menjaga kualitas produk juga merupakan hal penting lho

Selain brand, produk merupakan bagian yang paling penting bagi perkembangan bisnis Anda. Produk sangatlah erat kaitannya dengan rasa percaya konsumen.

Mungkin dalam bisnis Anda terdapat bagian yang mengontrol kualitas, nah tekankan agar kegiatan quality control benar benar terjaga serta memberikan laporan secara lengkap

Konsumen dapat menjadi pelanggan setia bahkan menjadi mesin promosi gratis dengan adanya produk yang berkualitas. Itulah alasan yang paling kuat mengapa kualitas produk sangat penting untuk selalu Anda jaga.

Selanjutnya, kualitas produk akan melekat pada brand Anda, dan faktor ini dapat membuat bisnis Anda terus berkembang besar.

5. Memperluas dan  memilih mitra bisnis Anda dengan tepat

Mitra disini sangat luas, bisa berupa bentuk kerja sama marketing, kerja sama bidang produksi atau bidang keuangan. Bukan berarti mitra harus seperti MLM. Anda tentu dapat menerjemahkan arti mitra dengan lebih luas lagi.

Tahukah Anda bahwa tidak ada satupun bisnis besar tanpa mitra. Ya, mitra atau networking dalam bisnis memiliki andil besar. Begitu banyak pekerjaan akan berjalan dengan lancar ketika Anda memiliki kemampuan networking yang luas.

Namun agar tujuan mengembangkan bisnis tercapai, Anda harus mampu memilih mitra atau rekan kerja yang tepat. Jangan asal pilih, cari dan ketahui terlebih dahulu latar belakang calon mitra Anda.

Pilih rekan bisnis yang benar  benar memiliki karakteristik yang sesuai dengan bidang keahlian dan bisnis yang sedang digeluti.

6. Manajemen keuangan dengan teliti

Tak peduli apapun skala usaha Anda, manajemen keuangan begitu penting untuk selalu dijaga. Metode yang paling tepat dan digunakan oleh semua perusahaan adalah mencatat semua arus keuangan dengan teliti.

Dari pembukuan tersebut, Anda melakukan monitoring dan menjaga agar arus keuangan tetap tumbuh. Memberikan keuntungan signifikan dengan grafik yang terus menanjak.

Jika selama ini Anda masih belum memperhatikan keuangan perusahaan Anda, maka mulai dari sekarang lakukan kegiatan ini secara rutin dan teliti.

7. Utamakan Pelanggan karena pelanggan adalah raja

Selain beberapa faktor diatas, teknik dan cara mengembangkan usaha yang paling efektif selanjutnya adalah dengan memperhatikan pelanggan Anda.

Pelanggan adalah raja, sebutan ini sangat cocok dan tepat jika Anda ingin usaha Anda tetap eksis dan terus berkembang.

Mengutamakan pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti:

  • Menyediakan kontak kostumer service
  • Memberikan pelayanan  yang prima pada konsumen Anda
  • Memberikan produk yang berkualitas
  • Memberikan diskon khusus bagi pelanggan setia
  • Menyediakan service gratis
  • Dan lain sebagainya

Teknik tersebut memang sangat memanjakan pelanggan, hal ini akan membuat pelanggan betah dan setia membeli produk Anda. Bahkan dapat menjadi mesin promosi gratis bagi Anda.

8. Konsisten

Jika strategi yang Anda jalankan sudah terbukti berhasil dan bahkan terus menyumbang pertumbuhan bagi bisnis Anda, maka Anda perlu untuk selalu konsisten.

Selain konsisten pada strategi, konsisten berperilaku baik seperti disiplin juga dapat mempengaruhi kinerja Anda ketika mengatur bisnis.

Sikap konsisten untuk selalu bekerja keras dan cerdas serta disiplin merupakan faktor sumber daya manusia yang ternyata sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

9. Lihai menganalisa pasar

Didunia usaha sejatinya terdapat beberapa tantangan, seperti tingkat persaingan atau kompetitor. Nah, agar usaha Anda dapat berkembang pesat secara terus menerus. Usahakan untuk memahami pasar dengan baik.

Berbeda dengan poin diatas dimana kita di minta untuk konsisten, pada poin seharusnya kita juga selalu mengevaluasi pasar dan kompetitor. Yaitu dengan melakukan inovasi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

10. Memiliki tekad

Tekad atau niat yang bulat dapat memberikan dorongan yang sangat besar bagi kinerja Anda. Karena sifat ini memberikan motivasi yang akan membuat Anda selalu menemukan solusi bagi perkembangan bisnis.

Anda dapat membuat diri Anda memiliki tekad yang kuat dengan membuat beberapa plan bisnis kedepan. Tulis secara jelas apa gambaran tujuan besar ataupun kecil Anda.

Baca juga : 17 Contoh Usaha Menjanjikan dan Menguntungkan Bagi Pemula

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Masih banyak tips dan strategi lainnya yang bisa Anda baca di Internet, Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap