10 Persiapan Untuk Memulai Usaha Sendiri Bagi Pemula Agar Sukses

Pernahkah Anda mendengar atau melihat sendiri kisah sukses para pengusaha? Jawabannya pasti pernah.

Lalu apakah Anda pernah mencari tahu bagaimana proses mereka mencapai kesuksesan tersebut? lalu memahaminya?

Kemungkinan besar orang lebih suka mendengar yang enaknya saja, tidak mau melihat bagaimana proses pencapaian yang mereka alami.

Menjadi pebisnis

Apa tujuan kita memahami alur kisah mereka mencapai kesuksesan? Jelas sekali tujuannya agar Anda memiliki mental sukses yang sama seperti mereka. Anda akan memiliki pondasi yang kuat untuk meraih impian tersebut.

Dengan demikian, kita bisa memahami bersama bahwa hal yang paling penting ketika ingin membuka usaha baru yaitu mental yang kuat, mengerti akan resiko, mampu beradaptasi dan lain sebagainya.

Baca juga : Ketahui Tips Untuk Menciptakan Peluang Usaha Baru Anda

Berikut 10 Persiapan Sebelum Memulai Usaha Sendiri Agar Berhasil Sukses

1. Memiliki Pola Pikir Pengusaha

Seorang karyawan sangat berbeda dengan seorang pebisnis. Kegiatan karyawan diatur oleh perusahaan. Sedangkan seorang pebisnis harus mengatur sendiri segala kegiatan yang lengkap untuk kemajuan bisnis.

Siapkan pikiran Anda untuk mengatur semua kegiatan bisnis tersebut. Apakah perlu menggaji karyawan, bekerja sama dengan mitra.

Atau bisa Anda tangani sendiri karena masih dalam status usaha baru. Semua hal tersebut harus mulai Anda pikirkan dengan matang.

Jadi Anda harus siap dengan kegiatan – kegiatan yang mungkin belum pernah Anda lakukan saat menjadi karyawan. Dengan memahami hal tersebut, Anda dapat dengan mudah beradaptasi.

2. Melatih diri memiliki mental pebisnis

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pembuka diatas tadi bahwa agar berhasil memulai usaha baru, maka Anda harus mengasah mental baja Anda.

Caranya bagaimana?

Mudah, tidak sulit, semua itu bisa dilatih dengan cara terus belajar dan praktek.

Contohnya begini?

Ingatkah Anda waktu pertama kali mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda empat Anda? Apa yang pertama kali Anda rasakan, saya rasa ada perasaan takut kan? Tapi sekarang ini setelah Anda mahir, perasaan tersebut hilang entah kemana.

Bahkan sekarang Anda bisa mengendarai sambil ngobrol, kadang malah ugal – ugalan gak jelas.

Perasaan takut resiko dan lain sebagainya hanya ada dalam pikiran, perasaan takut bisa hilang seiring waktu setelah terus melakukan praktek bisnis.

Seiring waktu, mental bisnis pun akan terbentuk. Itulah mengapa langkah awal persiapan ketika memulai usaha baru adalah mengasah mental Anda dengan banyak belajar atau dengan cara praktek langsung.

3. Menguasai Bidang yang Sedang Di tekuni

Persiapan selanjutnya agar Anda berhasil memulai usaha baru yaitu kuasai bidangnya. Kuatkan tekat Anda untuk menguasai bidang tersebut.

Semakin ahli Anda pada bidang yang Anda tekuni akan semakin baik. Jangan setengah hati, tapi pelajari dan kuasai dengan sepenuh hati.

Merekrut karyawan yang sudah ahli memang bisa menjadi solusi, akan tetapi harus dengan analisa terlebih dahulu, apalagi usaha baru. Saran saya, usahakan untuk menguasai ilmunya terlebih dahulu agar Anda semakin kokoh menjadi orang yang sukses.

4. Melatih Diri untuk Mau Disiplin dan Tanggung Jawab

Semua orang pasti mengerti apa itu disiplin. Hanya saja pada prakteknya, banyak sekali orang yang mengabaikan tentang betapa pentingnya arti disiplin.

Jika ingin sukses, belajarlah disiplin untuk mengelola bisnis Anda. Seperti disiplin mengatur keuangan, disiplin menjalankan kegiatan Anda sesuai plan bisnis dan disiplin pada berbagai aspek bisnis Anda.

Cara melatih disiplin sebenarnya cukup mudah, Cobalah untuk selalu melaksanakan kegiatan tepat waktu. Kemudian merasa bertanggung jawab untuk mencapai kesuksesan bisnis Anda.

Pada awalnya memang tidak mudah untuk selalu disiplin. Akan tetapi, jika Anda mampu melatih diri, lama kelamaan kebiasaan buruk Anda akan hilang dan berganti menjadi orang yang penuh disiplin.

5. Mempunyai Sudut Pandang Pada Solusi Bukan Alasan

Apa yang membedakan orang gagal dan orang yang sukses?….

Ternyata perbedaan hanya terletak pada pola pikir seseorang. Orang sukses biasanya selalu melihat pada solusi. Sementara orang gagal selalu melihat dengan berbagai alasan.

Saya lupa kata – kata diatas dikutip dari mana, akan tetapi, kata – kata tersebut memang ampuh.

Artinya, jika kita mampu membuat sudut pandang kita hanya fokus pada solusi, mudah- mudahan bisnis Anda bisa cepat berkembang. Nah dengan demikian, mulai dari sekarang cobalah untuk selalu berpikir tentang solusi. Ini merupakan langkah awal agar Anda dapat memulai usaha dengan segera.

6. Mau Bekerja Ekstra

Tidak ada yang bisa sukses dalam waktu sekejap, semuanya butuh proses. Anda harus mau untuk membiasakan diri bekerja mulai dari sekarang. Mengapa, karena tidak ada lagi yang mengatur Anda seperti saat Anda menjadi karyawan.

Untuk memulai usaha baru, persiapkan diri untuk bekerja pada bisnis Anda sendiri. Setiap bisnis tentu punya item pekerjaan tersendiri. Mulai dari sekarang, atur apa saja yang ingin Anda kerjakan, buat jadwal lalu cobalah untuk disiplin.

7. Membangun Tim dan Partner Bisnis

Anda bukan superhero yang bisa menyelesaikan pekerjaan sendiri. Semua pebisnis sukses pasti butuh orang lain.

Agar bisnis Anda nantinya dapat berjalan dengan lancar, mulai dari sekarang Anda belajar bagaimana cara membangun tim atau relasi bisnis.

Carilah partner bisnis yang mempunyai visi dan misi sama. Karena sudah pasti akan memberikan pengaruh bagi bisnis Anda nantinya.

8. Tetap Fokus

Orang yang mampu bertahan biasanya merupakan orang yang mampu fokus. Yaitu orang – orang yang mampu konsisten menjalankan bisnis yang sedang di kelola.

Untuk memulai usaha baru, buatlah plan yang jelas, usahakan untuk fokus pada plan tersebut. Jangan sampai Anda mudah goyah.

9. Atur dan Persiapkan Modal Anda untuk Bisnis

Manajemen keuangan amat memegang peranan penting. Anda harus mampu mengatur dengan teliti pemasukan dan pengeluaran dengan teliti.

Apalagi saat memulai usaha baru, jika Anda terbiasa boros, mulai dari sekarang cobalah untuk lebih hemat. Lengkapi semua keperluan bisnis Anda terlebih dahulu.

10. Ukur Kompetisi

Persiapan yang tak kalah penting selanjutnya yaitu mengukur seberapa besar kompetisi yang ada. Anda bisa belajar dari para kompetitor Anda dan mempersiapkan segala strategi bisnis yang dengan penuh perhitungan.

Dengan membuat rencana yang matang untuk meraih pasar, usaha yang sedang Anda kembangkan dapat berjalan lancar.

Baca juga : Cara Agar Sukses Berbisnis, Miliki 7 Kemampuan Penting Berikut Ini

Setiap pemula ketika mencoba membangun bisnis baru memiliki kesamaan, yaitu harus mau untuk belajar dan memperbaiki diri.

Semoga artikel ini memberikan informasi tambahan untuk Anda. Salam bisnis dan sukses selalu.

Updated: April 10, 2018 — 1:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap