10 Tips Sukses Merintis Bisnis Agar Mencapai Sukses Besar

Tips Sukses Merintis Bisnis – Mungkin kamu ingin memulai usaha baru, namun kamu masih merasa tak yakin dengan kemampuan kamu.

Tapi…

Tahukah kamu bahwa semua pebisnis yang sekarang sudah sukses juga pernah merasakan hal yang sama?

cara memulai bisnis

Jika tidak dimulai dari sekarang lalu kapan lagi. Kamu tentu setuju bahwa perbedaan antara orang yang sukses dan tidak adalah dari pola pikir dan praktek yang dilakukan. Jika kamu punya ide brilian namun tidak diterapkan itu tidak akan menjadi apa – apa.

Nah agar kamu memiliki motivasi dan dasar yang kuat. Pada artikel ini sengaja dibuat apa saja langkah – langkah yang diperlukan ketika kita ingin memulai atau merintis bisnis baru.

1 . Rajinlah menabung

Setiap usaha tentu butuh modal, ada yang modal besar dan ada pula dengan modal kecil. Modal usaha atau bisnis juga bisa didapat dengan berbagai cara. Akan tetapi cara terbaik jika kamu masih pemula adalah dengan menggunakan modal sendiri.

Salah satu langkah terbaik untuk mengumpulkan modal sendiri yaitu dengan cara menabung. Kamu bisa menyisihkan uang gaji kamu sebagian untuk dijadikan modal usaha.

Selanjutnya kegiatan menabung dapat melatih kamu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kamu menjadi mahir menentukan kemana arus budget yang membuat bisnis kamu semakin berkembang.

Pola latihan menabung bisa dimulai sejak awal, berapa-pun nominal uangnya, cobalah kamu sisihkan untuk ditabung agar kamu menjadi terbiasa dengan kebiasaan ini.

2. Temukan ide terbaik dengan cara berikut ini

Langkah selanjutnya kamu bisa mencari ide bisnis yang brilian. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu cari baik itu di internet ataupun dilingkungan kamu.

Lakukan riset pasar untuk menemukan siapa target market kamu. Selanjutnya kamu bisa membuka usaha pada bidang tersebut dengan modal yang telah kamu kumpulkan.

Coba kamu perhatikan lingkungan dimana kamu berada, perhatikan kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung disekitar lokasi kamu atau melalui membaca artikel di internet.

Kegiatan diatas dapat memancing ide usaha, lalu catatlah pada buku kecil untuk dijadikan referensi.

Setelah kamu mencatat beberapa ide, lakukan analisa kembali apakah ide tersebut layak untuk dijadikan usaha.

3. Mulai dengan sesuatu yang kamu sukai

Agar menikmati prosesnya, kamu bisa memilih bisnis yang memang kamu sukai. Mungkin kamu memiliki suatu hobi yang bisa dijadikan bisnis. Nah tidak ada salahnya kamu mencoba menjalankan bisnis tersebut.

Bisnis yang sesuai dengan hobi biasanya dapat berkembang pesat, apalagi jika pasar mampu menyerap ide bisnis kamu.

Bisnis yang sesuai dengan hobi kesukaan kamu dapat membuat kamu menjadi lebih enjoy, lebih kreatif dan bahkan lebih cepat maju.

Nah jika kamu memiliki hobi tertentu, kamu bisa melakukan analisa peluang usahanya. Yaitu dengan mengajukan pertanyaan, apakah hobi kamu dapat diterima oleh pasar. Jika iya, kamu bisa memulainya dengan plan yang telah kamu siapkan.

4. Berfikir out of the box

Tahukah kamu bahwa pebisnis besar merupakan hasil dari pemikiran kreatif?

Ya, semua pebisnis yang mampu berkembang pesat yaitu mereka yang mampu berfikir kreatif. Istilah lainnya adalah think out of the box.

Berfikir kreatif bisa dilatih sejak sekarang ini. Caranya kamu harus mau berfikir untuk masa depan, tanyakan apa yang bisa kamu berikan untuk konsumen kamu, apa yang harus kamu lakukan dimasa yang akan datang.

Dengan cara seperti itu, kamu akan memancing daya pikir kamu menjadi lebih kreatif.

Cara lainnya tentu kamu harus menentukan visi dan misi secara jelas. Dengan adanya gambaran visi dan misi, kamu seolah olah punya peta yang akan menuntun kamu mencapai target tersebut.

5. Latih penguasaan diri

Agar menjadi seorang entrepreneur sejati, maka kamu harus mau untuk mengorganisir diri kamu. Belajarlah untuk mengelola waktu dengan baik, belajar mengelola keuangan pribadi dan lain sebagainya.

Semakin hebat kamu mengatur diri, maka semakin hebat pula kamu mengatur perusahaan kamu. Cara ini cukup efektif untuk membentuk kepribadian kamu menjadi lebih baik lagi.

Tahukah kamu bahwa dalam sebuah perusahaan besar seorang CEO harus pintar mengorganisir semua elemen. Nah untuk itu mulai dari sekarang kamu bisa melatih diri melakukan hal itu dimulai dari diri sendiri.

6. Rajin Membuat note atau catatan

Sebagian besar pengusaha sukses di dunia adalah orang yang memiliki catatan pribadi. Catatan bisa bermacam macam, mulai dari catatan ide, nasihat dari para mentor atau catatan tentang binsis Anda.

Dengan adanya catatan, Anda dapat mereview ulang, Anda dapat memanfaatkan pengalaman karena berhasil mengingat informasi Anda kembali.

7. Terus belajar

Jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah kamu ketahui sekarang ini. Kamu harus selalu update pengetahuan, langkah ini penting agar kamu bisa beradaptasi dengan perubahan zaman atau trend.

Belajar bisa dari mana saja, kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain, belajar dari mentor, hasil pengamatan atau belajar dari buku dan internet.

Dengan belajar, kamu akan mendapatkan wawasan yang luas. Dampaknya akan sangat luar biasa bagi kamu, terutama bagi perkembangan bisnis yang sedang kamu jalankan.

8. Lakukan survey

Langkah selanjutnya setelah kamu menentukan jenis usaha adalah melakukan survey.

Mengapa harus survey?

Hal ini penting untuk mengetahui peluang pasar yang ada. Semakin besar peluang pasarnya itu semakin baik. Ada berbagai faktor yang harus dilakukan survey diantaranya adalah.

  • Ketahui tingkat persaingan bisnis Anda
  • Daerah terbaik untuk membuka usaha
  • Seberapa besar perkiraan daya serap pasar

Dengan melakukan beberapa survey, kamu dapat dengan mudah memperoleh data untuk kemajuan bisnis kamu.

9. Pilih lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi usaha juga memegang peranan yang sangat penting. Untuk itu, lakukan survey secara teliti terlebih dahulu.

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu siapa target market kamu, sehingga kamu dapat mencari lokasi strategis terbaik.

Misalkan kamu ingin membuka usaha jasa pengetikan, maka lokasi terbaik adalah di daerah kampus atau perkantoran.

10. Manfaatkan Teknologi

Kamu pasti setuju bahwa teknologi bertujuan untuk memudahkan manusia. Nah dengan demikian, kamu harus mau untuk memanfaatkan teknologi. Kamu bisa menerapkan teknologi yang sesuai dengan kriteria bisnis kamu.

Misalkan teknologi produksi yang lebih canggih, sistem pemasaran yang lebih canggih dan lain sebagainya.

Dengan demikian, usaha kamu dapat berkembang pesat karena kamu lebih berinovasi dibanding para pesaing kamu.

Baca juga : 10 Contoh Bisnis yang Laku Setiap Hari dan Patut Dilirik Saat Ini

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu perhatikan ketika ingin membuka usaha baru. Semoga artikel ini dapat memberikan kamu pencerahan.

Segera temukan ide dan praktek. Carilah motivasi yang dapat membangkitkan semangat kamu. Salam sukses selalu.

Updated: August 26, 2018 — 2:36 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap