13 Ide Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah yang Menjanjikan

Bisnis UKM saat ini memang menjadi perhatian bagi pemerintah, mengapa? Karena usaha kecil menengah mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi pereknomian negara. Buktinya, dari berbagai informasi yang saya baca, Usaha Kecil Menengah mampu menyumbang hingga 60% Produk Domestik Bruto (BDP).

Apalagi ditambah dengan data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki angka positif. Sudah tentu hal ini membuat bisnis UKM memiliki peluang dan potensi yang bagus. Pertumbuhan ekonomi tersebut memberikan data kepada kita bahwa roda perekonomian di masyarakat terbilang positif.

Ide Usaha UKM

Nah bagi Anda yang sedang mencari ide usaha UKM, berikut ini akan kita bahas

Usaha Ukm Pada Bidang Pendidikan

Bangsa yang maju tergantung dari bagaimana tingkat efektifitas pendidikan. Untuk itu, kesadaran tentang betapa pentingnya pendidikan terus kita dengar. Dengan demikian, peluang usaha yang satu ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Karena tingkat kesadaran betapa pentingnya pendidikan terus mengalami perkembangan di masyarakat.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha bidang pendidikan, tak perlu mengeluarkan modal besar seperti membangun universitas. Anda bisa memulai usaha pendidikan dengan membuka bimbel (kursus). Terutama didaerah yang masih jauh dari pusat pendidikan, usaha Anda tentu menyumbang kecerdasan bagi masyarakat.

Sebagai contoh, mungkin Anda memiliki keahlian pada bidang bahasa, komputer, kerajinan dll. Nah Anda bisa membuka kursus sesuai bidang yang Anda kuasai. Berikan pendidikan terbaik agar para lulusan Anda menjadi orang yang sukses. Dari sini akan terbentuk sebuah citra yang akan membuat usaha UKM pendidikan Anda berkembang dengan pesat.

Usaha UKM bidang kuliner

Ada banyak sekali kisah sukses bisnis besar yang berawal dari bisnis UKM dibidang kuliner. Kita bisa menemukan kisah sukses ini di Internet. Sebut saja seperti kisah sukses penjual kerupuk yang mampu beromset 60an juta sebulan, usaha ubi goreng yang memiliki banyak cabang dan lain sebagainya.

Usaha bidang kuliner memang terus mengalami pertumbuhan. Hal ini karena makanan merupakan produk yang selalu dibutuhkan. Dengan demikian, ada banyak sekali bidang usaha kuliner yang bisa Anda jalankan. Seperti makanan camilan, kue – kue atau makanan pokok.

Kunci keberhasilan dibidang bisnis kuliner adalah produk yang berkualitas dan manajemen yang baik. Semakin mahir Anda memenangkan pasar dan mampu mengelola bisnis dengan baik, maka diharapkan bisnis akan mampu berkembang dengan pesat.

Usaha pada bidang Agribisnis untuk skala UKM

Ide bisnis selanjutnya adalah bidang Agribisnis yaitu bidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Bisnis bidang Agribisnis sangat cocok dijalankan di negara kita. Terutama karena iklim dan tanah yang subur, sehingga banyak kisah para pelaku bidang Agribisnis yang telah berhasil saat ini.

Anda bisa memulai usaha agribisnis sesuai daerah dan pangsa pasar terdekat. Untuk daerah pasar misalnya, Anda bisa mencoba usaha bidang sayuran dan buah buahan. Sedangkan untuk perkebunan, Anda hanya perlu meninjau lokasi penampungan hasil panen.

Secara garis besar, usaha bidang agribisnis memiliki potensi pasar yang sangat menjanjikan. Begitu banyak produk agribisnis yang mampu di terima oleh market. Hal ini seharusnya membuat Anda tak perlu khawatir. Hanya saja, catatan pentingnya, kita harus belajar ilmunya terlebih dahulu agar bisa memperoleh hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan.

UKM bidang Automotif

Bidang Automotif bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan. Apalagi jika dilihat dari pertumbuhan industri otomotif yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Kita bisa melihat bagaimana animo industri yang ada, banyak sekali inovasi dan jenis produk baru yang terus bermunculan. Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat dan daya beli masyarakat masih sangat tinggi.

Usaha bidang automotif bisa Anda mulai dengan skala kecil saja terlebih dahulu, seperti dengan membuka bengkel, penyediaan spare part sekaligus jasa cuci motor. Berikan pelayanan dan service terbaik agar Anda dapat dengan mudah memperoleh pelanggan.

Nah jika usaha terus mengalami pertumbuhan, Anda bisa mencoba merambah ke skala yang lebih besar, seperti mendirikan sorum atau dealer motor.

Peluang Usaha UKM bidang Fashion

Peluang bisnis selanjutnya adalah usaha pada bidang bisnis fashion. Anda bisa memulai usaha fashion dengan skala rumahan saja terlebih dahulu. Coba cari kategori yang paling Anda minati. Bisnis fashion sebenarnya memiliki peluang yang besar. Terutama bagi Anda yang mahir mencermati pasar.

Usaha pada bidang fashion memang memiliki potensi. Terutama bagi Anda yang jago mencermati trend. Karena sudah jelas, konsumen sangat suka sekali mengikuti trend yang ada. Anda perlu mahir untuk menyediakan fahsion seusai trend, terutama bagi Anda yang memilih kategori bagi usia remaja.

Koleksi berbagai majalah fashion, bacalah artikel inspirasi para pengusaha fashion, dari kegiatan seperti ini dapat membantu Anda lebih cepat memahami dunia fashion dengan baik.

Artikel juga : 10 Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Itulah tadi beberapa ide usaha UKM yang bisa Anda pilih. Semua pilihan tergantung dari Anda sendiri. Sebenarnya, masih ada banyak sekali ide lain. Anda bisa mencari referensi sebanyak mungkin agar mampu melakukan analisa dan mencari usaha yang cocok untuk Anda jalankan. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Salam sukses selalu.




Updated: September 18, 2017 — 5:34 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap