15 Cara Latihan Menulis Agar Lancar Dan Menjadi Sebuah Hobi

Ingin tahu cara latihan menulis hingga mengujinya sampai dimana kemampuan kita menulis ? dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana caranya supaya bisa menulis dengan lancar maupun menjadikan menulis itu sebagai sebuah hobi. Memang di butuhkan latihan bagi pemula agar memperoleh skill tersebut, tetapi bukan tidak mungkin anda tidak bisa memiliki skill dalam menulis. Asalkan anda punya kemauan untuk maju dan terus belajar.

Manfaat dengan memiliki skill dalam menulis bisa mendatangkan banyak keuntungan, seperti bagi seorang jurnalis, publisher, sedang membuat skripsi, menyusun buku atau hanya sekadar mencari hobi baru, maka dengan memiliki kemampuan menulis yang baik, pekerjaan menulis apapun itu dapat di selesaikan dengan cepat dan benar.

Bakat sebenarnya bisa muncul jika di asah dengan cara berlatih secara rutin, semakin sering seseorang mengasah di satu bidang, maka jangan heran mereka menjadi juara di bidang nya. Begitu juga dengan kemampuan menulis ini akan tumbuh seiring waktu jika kita mau secara kontinyu membiasakan diri untuk menulis setiap hari.

Seorang atlet bulu tangkis misalnya, akan terus latihan secara rutin untuk mengasah keahlian yang mereka idamkan . Begitu juga dengan menulis ini, perlu metode dan tips agar proses latihannya bisa berjalan dengan baik dan membuatnya menjadi sebuah hobi. Lakukan lah secara santai saja tanpa ada tekanan atau tuntutan sesuatu.

Sebagai contoh saat seseorang yang memiliki hobi melukis, atau hobi memainkan alat musik, mereka sangat senang dan antusias melakukannya. Seolah – olah menjadi seperti sebuah kebutuhan. Begitu juga dengan menulis ini, jika sudah menjadi hobi maka jika tidak menulis dalam sehari saja rasanya ada yang kurang.

Hal pendukung lainnya adalah jika kita menulis menggunakan media laptop, maka kecepatan jari dalam mengetik juga memegang peranan untuk kelancaran dalam proses menulis. Dengan belajar mengetik 10 jari proses menulis menjadi lebih cepat dan nyaman. Bayangkan ketika menulis kita hanya perlu menuangkan ide yang ada di pikiran, tanpa harus melihat keyboard, kita hanya melihat tulisan di layar monitor saja berjalan kata demi kata, paragraf demi paragraf mengalir dengan cepat.

Tips Latihan Menulis Dan Membuatnya Menjadi Sebuah Hobi

Seseorang yang di katakan memiliki keahlian di bidang tertentu biasanya mereka berlatih secara rutin, seperti seorang atlet bulu tangkis yang telah di jelaskan diatas tadi. Dengan demikian berarti tidak ada beda dengan ke ahlian menulis yang sedang kita bahas ini. Artinya keahlian menulis bisa di latih seperti atlet tadi, caranya dengan memilih dan mencoba menerapkan beberapa tips dibawah ini yang mungkin bisa kita coba salah satunya.

1. Membuat Rangkuman Sebuah Karya Tulisan

Merangkum atau membuat kesimpulan sendiri dari tulisan yang ada seperti dari majalah, buku, artikel di internet juga bisa di jadikan sebagai ajang latihan. Silahkan cari artikelnya kemudian buat rangkuman versi anda sendiri. Hal ini bisa menunjang kemampuan menulis anda menjadi lebih baik. Kemampuan menganalisa juga bisa meningkat seiring waktu. Lakukan saja dengan happy dan tulis lah terlebih dahulu kesimpulan yang anda peroleh. Setelah selesai baru di lakukan cek pada tulisan yang telah kita buat tadi.

Dengan cara ini selain membuat kemampuan analisis meningkat, maka gaya tulisan anda juga sedang di bentuk secara tidak sadar. Gaya tulisan akan menjadi pembeda antar satu penulis dengan penulis lainnya.

2. Menulis Ulang Dengan Gaya Sendiri

Jika pada poin satu adalah melatih dengan cara membuat kesimpulan dari apa yang di baca, maka pada poin ini yang kita lakukan adalah menulis ulang. Kita belajar bagaimana cara menulis ulang dari apa yang telah kita baca dengan gaya kita sendiri. Artinya kita membuat tulisan yang tujuannya sama tetapi dengan gaya yang kita sendiri. Dengan demikian sebenarnya kita sedang melatih untuk menemukan gaya kita sendiri dalam menulis. Ketika kita memperhatikan tulisan orang lain lalu membuatnya menjadi versi kita sendiri, sebenarnya kita juga tengah melatih diri dan menambah kosakata, dan menambah struktur kalimat tulisan kita menjadi lebih baik.

Gaya menulis seorang jurnalis dan seorang blogger atau penulis buku sudah tentu sangat berbeda. Seorang penulis blog tentu bertujuan untuk memudahkan para pembacanya. Hal ini akan sangat berbeda dengan gaya tulisan resmi seperti saat menulis Skripsi. Maka dari itu, ada baiknya kita mempelajari juga gaya yang perlukan, sesuaikan saja dengan tujuan kita menulis itu untuk apa.

3. Aktif Berkomentar Atau Membuat Status Di Media Sosial Yang Bermanfaat.

Sarana lainnya untuk latihan menulis adalah dengan melalui medsos. Caranya adalah dengan membuat status hasil dari susunan tulisan yang kita buat. Bagikan ilmu pengetahuan atau pengalaman dan ceritakan kepada teman – teman di media. Lakukan secara terjadwal maka hal ini tentu akan melatih kemampuan anda untuk menulis. Apalagi status anda mendapat respon positif yang ramai, maka secara otomatis kita akan ikut aktif berkomentar.

Banyak media sosial yang bisa di manfaatkan seperti google plus, facebook, twiteer dan lain sebagainya. Atau jika anda ada keinginan mempunyai blog, tidak ada salahnya mencoba membangun sebuah blog seperti yang admin lakukan.

4. Membuat Buku Harian

Tahukah anda manfaat yang di dapat dari membuat buku harian selain di jadikan sebagai ajang latihan menulis.  Menurut penelitian yang telah dilakukan, ada banyak sekali manfaat yang akan anda dapatkan, diantarnya adalah :

  • Menurut penelitian, menulis buku harian bisa membuat sistem imun anda meningkat atau yang di sebut dengan T-lymhocthes.
  • Mengurangi rasa stress karena unek unek kita rasanya akan tercurahkan ke dalam bentuk tulisan
  • Membuat memori atau daya ingatan menjadi lebih tajam

Mungkin ada yang bertanya, apa sih yang bisa di isi pada buku harian? Kebanyakan orang menulis buku harian mungkin dengan awalan “dear diary”. Tapi, sebenarnya untuk mengisi buku harian bisa saja dengan menulis rangkuman dari apa yang telah anda lakukan hari ini. Jadi mulai hari ini, tulislah buku harian anda agar kemampuan dalam menulis menjadi lebih baik.

5. Aktif di Forum Yang Membahas Sesuai Dengan Hobi Anda

Forum adalah tempatnya orang berkumpul, di sini akan ada banyak orang yang sedang berdiskusi atau membagikan ilmu pengetahuan. Nah di sini anda bisa memanfaatkan untuk melatih diri dalam menulis. Anda share pengetahuan atau ikut aktif dalam diskusi yang ada pada forum tersebut. Bantu rekan – rekan lain yang sedang membutuhkan solusi. Apalagi jika topiknya itu sesuai dengan hobi anda, maka proses menulisnya juga akan menyenangkan.

6. Aktif Di Group Medsos Yang Sesuai Dengan Minat

Di media sosial ada banyak sekali grup yang membahas secara spesifik mengenai hobi tertentu. Nah di sana anda bisa ikut aktif. Dengan begitu secara otomatis anda juga melatih kemampuan menulis. Carilah group yang sesuai hobi anda, artinya anda menguasai bidang tersebut. Bantu teman – teman lainnya yang membutuhkan informasi atau solusi yang anda.

7. Membangun Sebuah Blog Atau Website

Cara lainnya untuk melatih menulis adalah dengan membangun sebuah blog sebagai sarana latihan menulis. Untuk memulainya, anda bisa menggunakan  blog yang gratisan terlebih dahulu jika belum mau menggunakan domain berbayar. Yaitu menggunakan blogspot dari google. Jadi nama domain anda nantinya menggunakan extensi blogspot dot com.

Untuk topiknya sendiri terserah anda, bisa campuran atau sesuai dengan minat anda. Silahkan teliti terlebih dahulu sebelum membuat blog, jadi nanti proses menulis dalam blog anda bisa menjadi sebuah hobi. Secara bersamaan tanpa di sadari anda sedang belatih untuk menulis.

Sebagai catatan sebelum membangun sebuah blog :

  • Pikirkan terlebih dahulu kira – kira topik apa yang akan di angkat, hobi, diary, gado – gado bisnis dan masih banyak lagi pilihannya.
  • Buat nama domain yang mudah di ingat dan sesuaikan dengan topik yang ingin anda  angkat.

Tujuan dari poin diatas adalah agar nantinya proses blogging  anda lebih terarah dan langgeng. Mengisi artikelnya pun menjadi sebuah hobi karena topiknya anda kuasai.

8. Menerjemahkan Artikel Bahasa Asing

Ada banyak artikel menarik yang di terbitkan melalui media online, temukan artikel dalam bahasa inggris dari sumber yang sangat kredibel. Lalu coba terjemahkan kedalam bahasa indonesia. Dalam prosesnya akan ada banyak tantangan yang menuntut keterampilan anda. Baik itu dalam segi penyusunan kalimat atau kosakata yang anda miliki.

Dengan melatih seperti ini ada banyak manfaat yang akan anda peroleh. Diantaranya anda akan mampu untuk menambah kosakata dalam bahasa Inggris dan sekaligus bahasa Indonesia. Kemampuan anda menulis dalam bahasa inggris pun meningkat, walaupun anda sedang menerjemahkan kedalam bahasa indonesia.
Sebenarnya bukan hanya dari bahasa inggris saja yang bisa anda terjemahkan. Bisa juga dari bahasa lain yang justru sedang anda pelajari. Entah itu bahasa lokal atau pun bahasa negara lain.

9. Cari Waktu  Dan Tempat Yang Nyaman Untuk Menulis

Terkadang suasana yang nyaman bisa membuat ide baru anda muncul. Untuk itu cobalah mencari tempat yang nyaman terlebih dahulu. Entah itu dibawah pohon yang rindang, di pinggir pantai atau di tempat yang membuat pikiran anda terbuka. Buat gagasan umumnya, lalu tuangkan semua ide dalam bentuk tulisan. Kerjakan saja terlebih dahulu agar ide anda bisa mengalir dengan lancar, setelah itu baru anda cek apakah ada kesalahan dalam penulisan dan sebagainya.

10. Luangkan Waktu Untuk Membaca

Dengan banyak membaca otomatis akan menambah perbendaharaan kata. Membaca juga bisa dilatih agar tidak membosankan. Seperti layaknya kita belajar berbicara di waktu masih kecil. Proses nya itu mirip dimana kita akan mendengarkan orang bicara terlebih dahulu, baru kemudian mulai pintar berbicara. Begitu juga dengan menulis ini, semakin banyak kita membaca maka semakin luas pengetahuan yang kita miliki. Sehingga kemampuan menulis juga akan ikut berkembang.

11. Membuat Tulisan Tentang Apa Yang Anda Lihat

Media televisi sebenarnya bisa dijadikan bahan untuk latihan menulis berikutnya. Setelah menonton acara di televisi misalnya, anda bisa membuat ringkasan tentang apa pesan dari acara tersebut atau anda menceritakan ulang dengan gaya tulisan anda sendiri.

Saat anda berlatih membuat rangkuman dari apa yang telah anda lihat, hal ini akan membuat kemampuan daya ingatan dan analisis menjadi lebih tajam. Tentu saja akan memberikan dampak pada kemampuan anda dalam menulis.

Bukan hanya dari acara televisi saja yang bisa di tulis ulang, hal lain seperti saat anda jalan – jalan, pengalaman dan lain sebagainya bisa anda tulis ulang untuk di jadikan ajang latihan menulis ini.

12. Buat Pertanyaan Dengan  5w 1h

Dengan membuat pertanyaan apa, siapa, dimana, mengapa, kapan waktunya, dimana, dan bagaimana akan sangat membantu anda dalam menulis. Format pertanyaan ini juga yang menjadi panduan bagi para jurnalis untuk menyusun sebuah artikel. Sehingga artikel yang di buat akan terlihat tersusun dengan rapi.

Khusus untuk para jurnalis anda bisa belajar bagamana cara menggunakan 5w 1 H ini. Nah bagi kita yang sedang latihan menulis bebas, maka gunakan saja pertanyaan tersebut untuk menyusun tulisan yang akan di buat.

13. Menulis Dengan Rasa Senang

Kondisi semangat dan senang dalam menulis akan memudahkan anda dalam mengeluarkan ide. Karena dengan kondisi ini pikiran akan selalu mengeluarkan ide kreatif yang membantu proses menulis. Untuk itu, usahakan kondisi anda selalu dalam keadaan fit dan semangat. Jauhkan terlebih dahulu semua masalah dalam pikiran, fokus saja pada tulisan yang sedang anda kerjakan. Jika dalam kondisi bad mod cobalah untuk istirahat sejenak, atau lakukan kegiatan hobi anda yang lainnya. Entah itu bermain futsal, maraton, bermain alat musik dan lain sebagainya sampai mod anda kembali semangat dan ceria.

Silahkan anda pilih beberapa tips diatas, sesuaikan dengan keinginan masing – masing. Temukan cara yang bisa membuat anda happy dan enjoy dalam latihannya. Semoga dengan latihan secara terus menerus maka kemampuan menulis anda akan meningkat seiring waktu.

Menguji Sampai Dimana Kualitas Menulis Anda

Jika anda ingin mencoba sejauh mana kualitas tulisan anda, ada baiknya mencoba dengan mengikuti tips berikut ini. Dengan mengikut tips dibawah ini  kita bisa mengukur sampai sejauh mana kemampuan kita dalam menulis.

14. Mengikut Lomba Karya Tulis

Lomba menulis sering sekali di adakan. Ada banyak lomba yang bisa di ikuti baik yang online ataupun offline. Ada dua jenis lomba yang biasanya muncul yaitu lomba karya fiksi dan lomba menulis karya non fiksi. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut dalam rangka melatih kemampuan menulis anda.  Ikuti semua prosedur lomba yang ada, dengan demikian tulisan yang akan kita ikut sertakan akan sesuai dengan peraturan panitia pelaksanaan lomba.

Untuk memenangkan lomba ada baiknya anda ikuti beberapa tips seperti dibawah ini :

  • Perhatikan pemenang terdahulu agar anda memperoleh gambaran
  • Perhatikan bagaimana cara panitia atau juri dalam memberi nilai tulisan
  • Tentukan ide terlebih dahulu, walaupun dalam lomba biasanya sudah ditentukan temanya. Tapi , tidak ada salahnya anda mencoba menambah kreasi agar lebih menjadi perhatian juri
  • Patuhi semua aturan yang di keluarkan oleh panitia lomba menulis yang anda ikuti

Manfaat lain dari mengikuti lomba semacam ini adalah, selain kita bisa mengukur kemampuan menulis, ikut lomba bisa menambah relasi untuk saling mengenal diantara teman – teman peserta lomba lainnya.

15. Kirim Artikel Anda  Ke Media Atau Surat Kabar

Cara lain untuk melatih diri menjadi penulis dan menguji kemampuan  menulis adalah dengan mengirim karya kita ke surat kabar atau media lainnya. Karya tulis bisa berbentuk opini, atau dalam bentuk karya lainnya. Cari tahu terlebih dahulu kriteria apa yang bisa di kirim pada majalah atau media yang di target. Setelah ketemu, susunlah artikel nya kemudian kirim ke mereka. Nah dari sini sebenarnya anda sedang mengukur sejauh mana level kemampuan menulis yang kita miliki, di publish atau tidak oleh mereka.

Untuk lebih jelasnya berikut ini tips agar artikel anda di terima di media :

  • Perhatikan baik – baik karakter artikel yang telah terbit pada media yang anda tuju
  • Buatlah tulisan yang ikut aturan EYD, walaupun masing – masing media memiliki karakter tetapi hal paling utama adalah bentuk tulisan yang sesuai dengan kaidah tata bahasa indonesia
  • Cobalah untuk menawarkan kreativitas  baru yang menarik perhatian media yang anda tuju
  • Coba ikuti trend yang sedang berlangsung, atau amati kemana kecenderungan arah tema yang di muat dalam media tersebut

Untuk daftar media apa saja yang menerima tulisan bebas anda bisa mencarinya di Internet. Silahkan pilih sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

Kebutuhan Pendukung Mengetik Dengan 10 Jari

Bagi anda yang mengetik dengan menggunakan keyboard qwerty atau Laptop, kemampuan menulis dengan 10 jari sangat dibutuhkan. Karena, dengan kemampuan anda mengetik tanpa melihat keyboard akan membuat proses menulis anda menjadi lancar. Artinya semua ide yang ada di pikiran dapat berjalan dengan cepat.

Untuk menguasai teknik mengetik sepuluh jari sesuai dengan pengalaman admin adalah : dengan latihan menggunakan Rapid Typing yang bisa anda cari di Internet. Admin bisa mengetik dengan sepuluh jari selama 3 bulan dengan latihan rutin selama 1 sampai 2 jam sehari setiap hari.

Perhatikan gambar dibawah ini dimana masing – masing jari memiliki tombol. Lihat warna dan posisi jari pada gambar berikut ini.

Latihan Menulis 10 jari

Cara yang benar dalam belajar mengetik 10 jari adalah mengelompok tombol keyboard sesuai dengan jari yang ada pada gambar di atas. Dengan demikian anda harus belajar dengan aturan tentunya, jangan asal –asalan nanti hasilnya kurang maksimal. Ketika suda mahir, maka saat kita mengetik jari akan secara otomatis mengetahui dimana letak tombol yang akan di tekan ,kita hanya perlu memikirkan kata – kata saja yang akan di ketik atau memikirkan kalimat yang akan dibangun.

Prosesnya itu sama saja seperti kita waktu kecil belajar menaiki roda dua ataupun kendaraan lainnya, waktu belajar mungkin kita masih sering konsentrasi untuk menyeimbangkan, tetapi setelah mahir tanpa berfikir kita mampu berkendara dengan baik.

Semoga dengan penjelasan artikel diatas dapat membantu dalam proses belajar menulis teman – teman. Atau mungkin bisa memberi motivasi agar mampu menjadi penulis andal. Admin sendiri masih dalam proses belajar. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Selamat berkarya.




Updated: February 17, 2017 — 10:28 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap