3 Cara Membangun Team Bisnis yang Solid Untuk Kemajuan Bisnis

Apakah Anda ingin membangun team bisnis? Anda sudah tahu alasannya mengapa perlu membangun team yang solid? Nah pada artikel kali ini kita akan mencari tahu cara membangun team dan seberapa penting peranannya untuk kemajuan bisnis.

Anggap saja Anda menggaji beberapa orang ahli di bidangnya untuk mengerjakan bagian – bagian bisnis Anda. Akan tetapi pertanyaannya adalah? Apakah antara semua pekerja bisa bekerja sama?

Tentu pertanyaan semacam ini sangat penting kita jawab agar bisnis dapat lebih efisien dan cepat berkembang.

Bisnis besar semuanya merupakan gabungan dedikasi tim yang solid antara pekerja. Dengan demikian, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, membangun tim yang dapat bekerja sama dan saling support itu penting.Membangun tim bisnis

Apa itu team?

Dari segi bisnis, definisi team tergantung cara pandang Anda. Tak ada terjemahan baku, Anda bebas menentukan sendiri apa definisi dan fungsi tim untuk kepentingan bisnis Anda. Mengapa? Sudah jelas bertujuan untuk kemajuan bisnis.

Berikut ini akan kita bahas secara listing mengapa membangun tim bisnis itu penting.

  • Dapat menambah semangat antar pekerja jika dikendalikan dengan cara yang tepat dalam bentuk team work.
  • Dapat mendatangkan ide dan inovasi yang sangat luar biasa. Ide atau inovasi datang dengan cakupan yang luas dibanding dengan individu.
  • Biasanya dalam sebuah tim terdapat beberapa karakter. Ada yang karakter pemimpin, pemikir, pekerja atau pencetus ide. Semua itu memberikan keseimbangan dalam bisnis Anda.
  • Anggota team bisa saling support

Coba Anda bayangkan jika dalam tim bisnis Anda terdapat seorang yang memiliki skill membangun semangat kerja dalam tim Anda. Terjadi double impact!!

Performa bisnis bisa menjadi sangat kencang sekali. Apalagi terjadi pada tim penjualan, sudah tentu dampaknya luar biasa.

Apa catatan penting bagi Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan?

Agar Anda dapat membuat perkerjaan menjadi lebih efisien, coba perhatikan masing – masing kelebihan dan kekurangan dalam setiap individu tim Anda. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui, siapa yang paling menonjol dan paling produktif.

Seperti contoh diatas, ketika ada individu yang paling jago soal mengajak rekan yang lain agar lebih produktif. Anda seharusnya memperhatikan mereka agar dapat memberikan dampak pada kinerja.

Sebagai seorang leader dalam bisnis, tentu hal ini sangat dibutuhkan, sehingga soft skill setiap pekerja yang ada pada bisnis Anda dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi perkembangan bisnis.

Berikut ini bagaimana cara membangun Anggota tim

1. Hargai setiap anggota tim dalam binsis

Setiap individu dalam tim bisnis sudah tentu memiliki fungsi dan kontribusi yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Apa yang diperlukan agar tercipta suasana etos kerja yang baik? Ya tentu sifat saling  menghargai antara satu dan yang lainnya.

Semakin banyak pribadi yang menghargai orang lain, maka semakin besar produktivitas. Karena hal ini menyangkut psikologi pekerja, mereka bisa merasa bebas untuk berkarya dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Faktor penting lainnya adalah, jadilah pribadi leader yang hebat, mampu menjadi panutan bagi tim Anda. Setiap orang butuh panutan, jadi berikan contoh yang baik bagi para tim Anda.

2. Tingkatkan Komunikasi

Langkah selanjutnya, agar produktivitas tim bisa meningkat. Selalu bangun komunikasi untuk menemukan solusi baru dan teknik terbaru demi kelancaran bisnis. Atau cari tahu dimana letak kelebihan dan kekurangan sistem yang selama ini Anda jalankan.

Komunikasi yang lancar dapat mendatangkan manfaat yang sangat luar biasa. Anda bisa mendapatkan ide dari mereka. Bayangkan saja jika tidak ada komunikasi, bagaimana jika ada ide baru, tentu Anda tidak tahu.

Nah dengan demikian, komunikasi sangat penting. Anda bisa mengadakan pertemuan atau meeting rutin untuk membahas perkembangan bisnis. Pelajari bagaimana komunikasi yang membangun etos kerja yang baik bagi tim Anda.

3. Berikan edukasi bagi tim Anda dengan tujuan mengembangkan SDM menjadi lebih baik

Tidak cukup dengan saling menghargai dan komunikasi saja. Tim Anda tetap membutuhkan edukasi. Berikan pelatihan atau training secara berkesinambungan.

Walaupun sudah memperlihatkan efektivitas kerja yang tinggi, para anggota tim bisnis Anda tetap membutuhkan edukasi. Seperti untuk mempelajari hal baru, inovasi baru, trend baru dan lain sebagainya. Itu semua perlu diupdate agar semakin efektif.

Berikan mereka ilmu sehingga mereka dapat memiliki wawasan yang luas. Efeknya setiap keputusan yang diambil bisa tepat sasaran.

Baca juga : Dasar Manajemen yang Penting Untuk Diterapkan Agar Bisnis Berkembang

Share pengalaman juga perlu sebagai pelajaran yang sangat berharga bagi tim Anda. Undang pakar yang sesuai dengan keahlian, berikan mereka pengalaman bagaimana memajukan bisnis menjadi lebih baik.

Updated: November 3, 2017 — 7:38 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap