3 Syarat Mempercepat Loading Blog WordPress Anda Agar Sukses

Beberapa perusahaan ternama yang bergerak dibidang internet telah memperoleh data penting mengenai kecepatan loading website. Penelitian tersebut bertujuan untuk menemukan apa dampak yang ditimbulkan akibat perubahan kecepatan loading web dalam waktu hitungan detik.

Hasilnya pun sangat mencengangkan, hanya dengan selisih 1 detik saja, bisa memicu perubahan konversi sebesar 7 persen dan page view sebesar 11 persen. Data seperti ini tentu sangat penting untuk diperhatikan. Bayangkan saja jika pengunjung blog mencapai puluhan juta setiap hari. Faktor kali seperti ini lah yang menjadi pedoman, mengapa web harus cepat saat diakses.

Anda bisa membaca artikel tentang penelitian tersebut pada bahasa inggris dengan kata kunci “How Loading time affects Conversion Rates” atau dengan kata kunci yang terkait lainnya.

Mempercepat Load WordPress

Blog yang memiliki loading cepat dapat memberikan dampak positif yang luar biasa. Ada 2 poin penting yang akan diperoleh secara cepat yaitu, user experience dan meningkatnya posisi serp pada mesin pencari.

Berapa kecepatan yang optimal, sesuai dengan saran yang ada pada Google speed insight, Kecepatan yang disarankan adalah sekitar 2 detik. Saran tersebut bukan tanpa alasan. Masyarakat modern sekarang ini ingin serba praktis dan cepat.

Teman – teman blogger tentu sering mendengar istilah bounce rate bukan? Nah salah satu cara agar bounce rate bisa lebih kecil adalah dengan mempercepat load blog Anda. Pembaca bisa menjadi senang, lalu mereka terus membuka artikel – artikel Anda yang lain.

Contoh, Ketika kita berselancar lalu membuka sebuah blog dengan kecepatan tinggi tentu merasa senang, apalagi konten yang ada pada blog tersebut berkualitas. Misal blog juragancipir atau maxmanroe. Betahnya minta ampun, saya sering buka – buka website mereka sampai berjam-jam untuk membaca artikel.

Contoh, ketika kita berselancar di internet lalu membuka sebuah blog yang sangat cepat saat loading. Tentu kita akan merasa senang, apalagi konten yang ada pada blog tersebut berkualitas. Misal blog juragancipir atau maxmanroe. Kita jadi betah berlama – lama, rajin membuka artikel lain. Saya sering sekali menghabiskan waktu berja – jam untuk membaca artikel mereka.

Jadi, jangan Anda abaikan masalah kecepatan akses web Anda. Karena kita tahu bahwa, faktor yang menentukan kesuksesan sebuah blog bukan hanya terletak pada konten saja.

Berikut ini Cara Agar Anda Lebih Mudah Mempercepat Loading Blog

Untuk bisa meningkatkan kecepatan loading blog, berikut ini saya membuat beberapa kesimpulan berdasarkan faktor yang paling menentukan. Memang masih banyak faktor yang lainnya. Akan tetapi secara garis besar, poin berikut ini memegang peranan penting.

1. Kondisi Server Yang Prima

Agar Anda lebih mudah dalam upaya mempercepat loading website, pilihlah layanan hosting yang benar – benar memiliki kualitas. Memilih layanan hosting memang memiliki tantangan tersendiri. Agar tetap menjaga privasi dan pasar bisnis, saya sangat menghindari menyebut nama layanan hosting mana yang disarankan dan mana yang tidak.

Anda bisa saja menggunakan server VPS. Mau tidak mau setelah blog Anda mulai besar, Vps memang sebuah keharusan. Akan tetapi, untuk pemula Anda bisa menggunakan layanan hosting biasa atau cloud hosting berkualitas.

Masalah respon server memang menjadi faktor utama, walaupun Anda menggunakan theme ringan, jika server tidak mendukung, maka kecepatan loading blog bisa tidak maksimal. Jadi salah satu poin utama agar upaya kita mempercepat loading blog bisa tercapai adalah dengan memilih layanan hosting yang paling berkualitas

Silahkan Anda cek pada forum – forum yang membahas hosting, perhatikan juga pendapat atau testimoni para pengguna jasa tersebut. Intinya, riset terlebih dahulu layanan hosting yang ingin Anda gunakan.

Bagi Anda yang benar – benar baru mengenal dan ingin membuat blog, pelajari juga tentang apa itu Cloud hosting, shared hosting, VPS, CDN dll. Agar pengetahuan kita bisa bertambah.

2. Gunakan Theme Ringan

Server yang cepat harus didukung pula oleh theme yang ringan. Perlu kita lakukan penelitian terlebih dahulu. Apakah memang Anda memerlukan theme yang rumit dengan tampilan sejuta fitur atau tidak. Jika membutuhkan, Anda bisa mencoba dengan membeli theme premium dengan struktur kecepatan yang telah di optimasi dengan baik.

Jika theme wordpress Anda telah memiliki struktur yang baik, jumlah dan urutan request http telah di koding dengan sempurna.

Sekarang ini mesin pencari sangat mengutamakan kecepatan akses. Hal ini tak lepas dari tujuan mereka untuk memuaskan para pengguna internet. Dengan demikian, semakin baik kecepatan akses website anda maka semakin baik pula posisinya di search engine.

Kita bisa melihat bagaimana Google telah meluncurkan projek baru yang dikenal dengan istilah AMP (Accelerated Mobile Pages). Projek ini dikhususkan untuk para pengguna mobile. Dan pada kenyataannya, memang kecepatan loading website bisa naik berkali – kali lipat.

Langkah menerapkan AMP terbilang cukup mudah karena sekarang telah tersedia beberapa jenis plugin otomatis. Carilah plugin AMP yang telah supperot beberapa fitur penting, seperti fitur untuk menambahkan iklan bagi publisher. Memasang kode analitik dan jenis fitur lainnya.

3. Install Plugin Penting Berikut

Plugin memiliki fungsi bermacam – macam tergantung kebutuhan. Akan tetapi, karena kita berusaha agar website wordpress lebih cepat, maka plugin penting yang wajib Anda instal yaitu plugin chache, Wp Smush dan plugin wp optimizer. Ya tiga plugin tersebut sudah cukup baik untuk meningkatkan performa.

Wp Super cache berfungsi untuk membuat cache statis pada server. Efeknya, web blog Anda bisa diakses dengan cepat dan dapat meringankan beban server. Nah plugin Wp smush berfungsi untuk melalkukan kompres pada file gambar tanpa mengurai jernihnya tampilan gambar. Untuk Wp optimizer berfungsi sebagai repair atau memperbaiki beberapa database wordpress yang ada.

Memang bagi pengguna CDN plugin – plugin seperti ini tidak begitu penting. CDN (Conten Delivery Network) berfungsi menyimpan cache pada server mereka yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Selain CDN ada juga cloudflare, Anda bisa mendapatkan layanan Cloudflare secara gratis. Silahkan Anda cari tutorial yang lebih lengkap, karena tutorialnya lumayan panjang.. Lagipula, saya belum pernah mencoba Cloudflare.

Plugin diatas secara keseluruhan dapat mendukung kecepatan blog Anda setelah memilih hosting dan theme.

Baca juga : Pentingnya Kecepatan Loading Website Dari Segi Bisnis

Demikian sedikit penjelasan tentang 3 faktor yang paling penting ketika kita mencoba mempercepat loading blog. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk bisa mengoptimalkan blog agar lebih ringan sehingga dapat meningkatkan peringkat Seo blog sobat.




Updated: June 26, 2017 — 9:32 am

2 Comments

Add a Comment
    1. Terimakasih kembali bos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap