5 Keuntungan Menjadi Seorang Penulis yang Perlu Anda Tahu

Keuntungan menulis

Tahukah Anda profesi menulis sekarang ini sedang naik daun? Mengapa hal itu bisa terjadi? Banyak sekali penyebabnya. Terutama karena perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang. Anda tentu sering browsing bukan? Sering membaca berita, mencari artikel tutorial, membaca artikel menarik dan lain sebagainya.

Karena masyarakat sudah mengerti bahwa internet gudangnya ilmu, lengkap dan semuanya hampir ada. Jadi, ketika ada sesuatu yang ingin diketahui, masyarakat memanfaatkan informasi dari internet.

Pengguna artikel di media industri online juga sangat banyak, mulai dari e-commerce, portal berita, blog pribadi, website perusahaan, pemerintah dll. Semua itu membutuhkan artikel dalam praktiknya.

Nah sebagai seorang penulis, tentu kita perlu mengetahui beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan. Sehingga kita bisa meningkatkan motivasi untuk terus berkarya memberikan yang terbaik.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan bagi seorang penulis.

Baca juga : Peluang atau Prospek Menjadi Seorang Penulis Artikel Lepas Online

Wawasan Anda menjadi semakin luas dan dapat membantu orang lain

Sebagai seorang penulis, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa. Terutama soal wawasan dan penguasaan kosakata. Bagaimana tidak, setiap kali Anda menulis, Anda tentu berusaha mencari informasi yang lengkap, membaca referensi kesana kemari dan terus aktif berpikir.

Itulah mengapa para penulis handal diluaran sana sering menyarankan agar terus membaca dan mencari ilmu. Karena dengan ilmu yang matang dapat membuat kualitas tulisan semakin meningkat.

Coba saja Anda browsing dan cari tips menulis artikel, kebanyakan memberikan saran yang sama yaitu untuk rajin membaca. Selain membaca, praktek juga merupakan faktor penting agar kemampuan menulis bisa meningkat.

Rajinlah belajar agar wawasan Anda bertambah secara terus menerus. Coba cari informasi yang terkait dengan tema tulisan Anda baik itu dari dalam dan luar negeri.

Mengapa penulis bisa dikatakan membantu orang lain?

Mudah sekali untuk membuktikan poin ini. Coba Anda browsing, lalu ketik kata kunci pada mesin pencari tentang pelajaran yang ingin Anda pelajari.

Sebagai contoh Anda mencari artikel tentang tutorial pada mesin pencari. Anda tentu akan menemukan artikel yang memberikan informasi terkait kata kunci yang Anda cari bukan? Ada ribuan bahkan jutaan penulis dari seluruh dunia yang memberikan artikel terkait.

Lalu siapa mereka?

Mereka itulah para penulis artikel dengan suka rela membagikan ilmu mereka. Sehingga penulis secara tidak langsung memberikan manfaat untuk orang banyak!!! Selama itu masih bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi pembaca.

Mengetahui gaya penulis

Masing – masing penulis memiliki gaya sendiri lho. Beda penulis juga beda kosakata yang sering dipilih. Perbedaan seperti ini dapat dengan mudah Anda pahami setelah bertambahnya jam terbang menulis Anda.

Untuk pertama kali, mungkin kita masih meniru gaya tulisan orang lain. Semua penulis pemula juga seperti itu. Akan tetapi, setelah berjalannya waktu, seorang penulis dapat menemukan gaya ke-penulisan sendiri. Bisa jadi gabungan dari beberapa penulis yang di ikuti. Selanjutnya, terbentuk gaya ke-penulisan masing – masing.

Proses tersebut berjalan natural, secara alamiah, seorang penulis akan menemukan cara menulis artikel terbaik dan enak dibaca oleh semua orang.

Menambah income

Sekarang ini banyak sekali penulis yang mampu meraih pundi – pundi penghasilan pasif income dari hasil tulisan mereka. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk meraih profit pada bidang ini. Berikut beberapa metode yang bisa ditempuh

  • Menjadi penulis yang dibayar pada beberapa portal media besar online
  • Menjual artikel secara online
  • Menerbitkan buku
  • Menulis di blog
  • Dll

Harga artikel sekarang ini terbilang mahal, terutama untuk artikel berbahasa Inggris. Nah bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis artikel bahasa Inggris, hal tersebut merupakan pon plus yang lumayan besar.

Melatih Komunikasi

Sebenarnya menulis itu sama saja seperti Anda berbicara ketika bertemu orang lain. Itulah mengapa alasan utama banyak orang yang mengatakan gaya berbicara dapat dipengaruhi oleh bidang tulisan yang dipilih.

Ketika Anda selalu menulis tentang dunia ekonomi, otomatis sewaktu Anda bertemu orang lain, Anda bisa dengan mudah menjelaskan tentang ekonomi. Anda akan terlihat lebih profesional, apalagi ketika Anda lengkap memberikan data dan fakta yang aktual.

Semakin sering Anda menulis, maka kemampuan komunikasi Anda juga menjadi lebih baik. Tak percaya? Coba saja rajin menulis tentang sebuah tema apapun itu, lalu coba terangkan kembali kepada rekan Anda.

Memperbanyak pertemanan atau relasi

Memperbanyak teman itu bukan hanya lewat media sosial saja. Dengan menulis Anda dapat menambah teman dengan mudah. Bayangkan ketika Artikel Anda dibaca oleh ratusan ribu orang, apa yang terjadi, tentu Anda akan dikenal oleh banyak orang.

Sehingga, Anda dapat dengan mudah menjalin relasi dan pertemanan. Hal ini tentu bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Kita tahu sebuah bisnis besar sangat tergantung bagaimana kualitas relasi yang mereka bangun.

Dalam bisnis, memiliki relasi dapat membuat Anda semakin mudah ketika ingin melakukan kolaborasi. Banyak contoh yang bisa kita temukan.

Kesimpulan:

Itulah tadi beberapa keuntungan yang akan ktia dapatkan sebagai penulis. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Selamat berkarya dan salam sukses selalu.




Updated: September 26, 2017 — 6:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap