6 Alasan Kenapa Belanja Online Kini Semakin Digemari

Mengapa belanja online

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat sekarang ini lebih suka belanja online. Pertumbuhannya pun terbilang sangat fantastis. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi Anda yang ingin berkecimpung di bisnis online. Sebab, peluang yang ada akan semakin bertambah pesat.

Nilai belanja online diperkirakan mencapai 144 triliun dengan jumlah orang yang berbelanja online di Indonesia ada di kisaran 24,7 juta orang pada tahun 2018 ini. Sebuah angka yang sangat luar biasa. Pertumbuhan tersebut membuat ekosistem bisnis online menjadi semakin menggiurkan.

Trend belanja online memang menawarkan begitu banyak kemudahan. Suasana macet dijalan raya, hujan atau antre tidak lagi berlagu bagi mereka yang sudah menggunakan sistem belanja online ini.

Kenaikan belanja online bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang perlu kita pelajari mengapa trend tersebut terus meningkat. Silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Praktis

Alasan pertama yaitu praktis. Ya, belanja online memang sangat praktis. Calon pembeli cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet sudah bisa belanja dari mana saja dan kapan saja.

Apalagi didukung dengan sistem pembayaran online banking sekarang ini, sudah tentu belanja apapun hanya dari smartphone saja. Setelah proses pembelian selesai, barang akan dikirim ke pembeli menggunakan jasa kurir.

Jasa kurir juga semakin hari semakin banyak, harga yang ditawarkan turut bersaing. Sistem mereka juga semakin canggih. Pembeli dapat melacak keberadaan pesanan mereka kapanpun.

Faktor praktis inilah yang menjadi alasan kuat mengapa masyarakat lebih banyak beralih ke sistem belanja online.

2. Dapat Membandingkan Produk dengan Mudah

Kelebihan lain dari belanja online adalah, Anda dapat dengan mudah membandingkan produk. Jika di toko offline Anda harus kesana kemari, belum lagi biaya transportasi. Nah dengan toko online, Anda hanya perlu mengakses berbagai toko hanya dari smartphone saja.

Trend ini kini terus berkembang, masyarakat dapat mengetahui harga suatu produk dengan cepat. Tak perlu lagi kesana kemari, cukup dari smartphone saja, masyarakat sudah bisa mengetahui perbandingan produk.

Inilah alasan yang kuat mengapa belanja online jauh lebih menyenangkan dan lebih menguntungkan jika dibanding belanja biasa.

3. Lebih murah

Selain praktis, belanja online terkesan sangat murah. Begitu banyak biaya yang bisa Anda hemat ketika Anda belanja secara online. Berbeda dengan belanja di toko biasa, Anda perlu transportasi dan lain sebagainya.

Seperti yang telah di sebutkan pada poin diatas, Anda dapat membandingkan produk. Sehingga Anda akan mendapatkan harga yang bersaing dan jauh lebih murah.

Coba saja jika Anda belanja dengan metode biasa, Anda tentu tak memiliki katalog produk yang lengkap.

Kini dengan adanya toko online, Anda bisa memiliki katalog produk mana saja yang lebih murah untuk dibeli.

4. Kesempatan memperoleh banyak promo

Dengan semakin berkembangnya toko online, membuat mereka selalu menawarkan promo untuk menarik para pelanggan mereka. Tentu hal ini membuat masyarakat semakin menggemari belanja online.

Promo yang ditawarkan sudah tentu sangat memanjakan para pembeli, hal ini sangat jarang didapatkan di toko biasa. Anda tentu sering melihat penawaran menarik dari toko online bukan?

Misalkan Anda menemukan adanya voucher belanja, adanya bonus pembelian atau adanya penawaran diskon khusus.

Tak percaya?…

Coba saja Anda mengunjungi web e commerce besar yang ada sekarang ini, Anda tentu akan melihat berbagai penawaran menarik.

Penawaran semacam ini pun bisa Anda bandingkan antara toko satu dan toko lainnya, sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran spesial yang jauh lebih menarik bagi Anda.

Contoh diatas merupakan bukti yang kini membuat belanja online menjadi trend yang terus tumbuh pesat.

5. Begitu banyak pilihan pembayaran

Kemudahan lainnya yang ditawarkan sistem belanja online adalah sistem pembayaran yang sangat bervariasi. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan sistem transfer bank, kartu kredit atau penukaran kupon hadiah even tertentu.

Apalagi saat ini sistem pembayaran elektronik semakin mengembangkan teknologi nya. Hal ini justru membuat pelanggan menjadi lebih leluasa memilih metode pembayaran.

Berbeda dengan belanja di toko biasa, sebagian besar menggunakan uang tunai. Nah Anda tentu dapat menilai sendiri bahwa belanja online menawarkan begitu banyak kemudahan.

6. Keamanan yang lebih terjaga

Belanja online juga sangat aman, terutama pada toko besar seperti tokopedia, bukalapak dkk. Yaitu e commerce yang sudah memiliki nama besar. Mereka menerapkan sistem transaksi yang sangat aman dan berlapis.

Sistem pembayaran di desain sedemikian rupa, sehingga keamanan antara penjual dan pembeli memang benar benar dijaga sebaik mungkin.

Dana pembelian Anda tidak akan langsung masuk ke rekening penjual sebelum barang Anda sampai, nah setelah barang sampai dan sesuai dengan keinginan, barulah dana pembelian tadi di transfer ke rekening penjual.

Sistem semacam ini sangat bisa diandalkan dimana keamanan dana konsumen dijaga oleh pihak e commerce.

Dengan catatan website e commerce tersebut  merupakan website ternama yang sudah terkenal di mana mana.

Kesimpulan :

Belanja online memang sudah menjadi sebuah perkembangan zaman. Hal ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi yang dibuat oleh manusia. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda.

Jika ada tambahan ataupun masukan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Terimakasih dan salam sukses selalu.

Updated: August 5, 2018 — 6:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap