6 Cara Kreatif Menemukan Ide Artikel yang Bisa Anda Lakukan

Apakah kamu ingin memiliki ide yang banyak setiap saat? Terutama ide untuk tulisan – tulisan kamu. Tak peduli apapun profesi kamu, entah itu penulis artikel blog, media massa, atau untuk tulisan hobi semata. Ide memegang peranan yang sangat penting.

Bayangkan, ketika kamu memiliki puluhan ide yang muncul, kamu akan sangat produktif. Setiap hari jari kamu menari manis di keyboard, kamu bisa menuangkan semua ide tersebut dengan lancar dan sangat menarik. Tentu ingin bukan?

Sebenarnya dari semua itu hanya penguasaan yang penting untuk kamu miliki. Jika kamu menguasai materi atau topik yang ingin kamu sampaikan, tulisan kamu akan sangat berkualitas.

Cara menemukan ide tulisan

Mengapa?… Sudah jelas kamu bakal menulis dengan lancar, kamu akan menulis dengan rinci, semua fakta, dan data bisa kamu sajikan dengan baik dan benar.

Nah untuk mencapai tujuan seperti itu, berikut ini akan kita bahas apa saja langkah penting yang bisa kamu lakukan sebagai kegiatan rutin kamu. Dengan kegiatan ini, kamu akan memancing ide – ide brilian dan penguasaan materi yang mumpuni.

1. Luangkan waktu secara ter-jadwal untuk membaca artikel dari manapun

Membaca itu banyak memberikan manfaat. Ketika kamu membaca, secara tidak sadar kemampuan kosakata kamu akan meningkat. Selain itu, wawasan kamu juga akan bertambah.

Membaca bukan hanya dari pustaka. Kamu bisa membaca dari majalah, koran, internet dan berbagai media lain. Yang paling penting masih terkait dengan tema tulisan kamu. Coba saja lakukan kegiatan rutin membaca setiap hari, kamu akan merasakan adanya ide yang terus berdatangan.

Semua penulis rata – rata menyarankan untuk rajin membaca agar tulisan menjadi semakin baik. Biasanya, penulis yang baik merupakan pembaca yang baik. Sama seperti halnya seorang pembicara, seorang pembicara yang tenar juga merupakan seorang pendengar yang hebat. Artinya mampu memahami apa yang orang lain tulis atau orang lain bicarakan.

Kamu bisa mengetahui teknik bermain bola kaki karena kamu sering menonton bola kaki. Nah logikanya seperti itu. Jadi, jika kamu ingin agar tulisan kamu menarik dan berkualitas serta kamu sering memiliki ide, maka rajin lah membaca.

Buat jadwalnya, silahkan jadikan rutinitas. Kamu bakal menjadi orang yang hobi membaca.

2. Perhatikan apapun yang Anda lihat atau apapun yang ada di sekitar Anda

Teknik ini menurut saya sangat menarik jika kamu mahir dan selalu berlatih menggunakannya. Caranya cukup mudah, coba kamu perhatikan apa saja yang ada disekitar kamu. Kemudian jadikan sebagai judul atau ide tulisan kamu.

Misalkan, kamu melihat “bola lampu”. Nah dari bola lampu kamu bisa memperhatikan fungsinya, bentuknya, atau bahannya. Contoh kita ambil dari fungsinya sebagai penerang, maka kita bisa membuat artikel yang berjudul ” Cara membantu orang lain lewat karya tulisan”.

Ada banyak sekali metode yang bisa kamu coba, yang penting kamu  mau terus berpikir dan mau terus mencari gagasan dan hubungan antara apapun yang ada disekitar kamu dengan tulisan. Semua bisa dijadikan ide.

Yang penting kamu tenang, jangan terlalu memaksakan dan jangan mendujge ide kamu tidak menarik. Biarkan terus pikiran kamu menemukan idenya apapun itu. Jangan disangkal. Nah ketika kamu sudah menemukan yang pas, silahkan kamu jadikan judul tulisan kamu.

3. Coba jelajahi forum, temukan apa saja yang sering ditanyakan oleh anggota forum

Teknik ini juga tak kalah menarik dengan beberapa teknik diatas. Kamu bisa menemukan ide tulisan lewat forum. Coba kamu jelajahi internet. Cari forum yang sesuai dengan tema tulisan kamu. Lalu coba perhatikan pertanyaan yang paling sering ditanyakan, atau pertanyaan yang kamu kuasai.

Kamu bisa menemukan puluhan bahkan ratusan ide dari pertanyaan yang ada. Terutama ketika kamu menemukan forum yang besar.

Forum merupakan tempat berkumpul-nya orang – orang yang saling berbagi ilmu, saling membantu antara satu dan yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan forum untuk menemukan ide tulisan kamu. Jadi, jangan pernah lagi mengatakan kamu tidak memiliki ide, ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

4. Merubah judul yang telah ada baik di blog sendiri atau dari sumber manapun

Langkah selanjutnya, kamu bisa mencoba teknik merubah judul. Istilah lainnya adalah melakukan modifikasi judul. Kamu bisa membuka situs besar seperti hipwee, kaskus, kompasiana dan lain – lain. Silahkan kamu perhatikan judul – judul yang ada. Kemudian, rubahlah sesuai dengan tema tulisan kamu.

Contoh judul tentang : Perkembangan bisnis e-commerce di tanah air kian meningkat.

Kamu bisa merubah judul tersebut menjadi : Perkembangan trend profesi penulis terus mengalami peningkatan.

Dari contoh diatas, kamu tahu makna dari judul artikel orang lain, kemudian kamu merubah makna judul tersebut disesuaikan dengan tema tulisan yang ingin kamu buat. Cukup mudah bukan, jika kamu sudah terbiasa menerapkan teknik ini. Saya rasa kamu bakal kebanjiran ide setiap saat.

5. Selalu bawa catatan kecil di saku kamu

Pernahkah kamu menemukan puluhan ide ketika kamu sedang diluar rumah, atau kamu sedang liburan. Biasanya saat seperti itu kamu tidak ingat kembali. Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan agar ide tersebut bisa kamu jadikan tulisan, bawalah buku kecil dan bulpoin kemana-pun kamu pergi.

Jadi, ketika ada muncul ide, silahkan langsung kamu tulis. Cara ini cukup efektif menurut saya. Kamu akan selalu menangkap semua ide yang muncul di pikiran kamu.

6. Minta pendapat dari orang lain atau dari pembaca setia kamu

Jika kamu sudah memiliki pembaca setia, kamu bisa menanyakan apa yang mereka inginkan dari tulisan kamu. Terutama bagi kamu yang sudah memiliki blog dengan pembaca setia yang banyak.

Kamu bisa melihat komentar – komentar yang berdatangan, kamu bisa menulis berdasarkan apa yang mereka tanyakan atau mereka inginkan. Cara seperti ini juga sangat efektif untuk menemukan ide baru.

Baca juga : Ingin Mengirim Artikel Ke Media atau Guest Blogger? Berikut Prosedurnya

Semoga penjelasan diatas dapat membantu kamu menemukan puluhan bahkan ratusan ide setiap hari. Jika ada pertanyaan dan saran, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap