6 Cara Memulai Bisnis Desain Grafis yang Bisa Anda Coba

Berkat kemajuan teknologi online sekarang ini, peluang usaha yang ada semakin bertambah banyak. Sebut saja salah satunya adalah peluang usaha desain grafis.

Mengapa?

Hal ini karena desain grafis sangat dibutuhkan untuk kegiatan online marketing dan media informasi digital.

Bagi Anda yang memiliki bakat desain grafis, Anda dapat menjalankan usaha tersebut secara online maupun offline. Kedua metode tersebut dapat berjalan bersama dan bahkan saling mendukung.

Bisnis desain grafis

Apa Kelebihan Usaha Desain Grafis?

Hal pertama yang paling jelas adalah dari segi modal. Modal usaha desain grafis terbilang minim. Hanya dengan komputer, printer dan koneksi internet, Anda sudah bisa merintis usaha desain grafis dari rumah.

Modal yang paling penting yaitu kegigihan dan niat untuk membuka usaha. Memang tantangan terbesar saat ini adalah tingkat persaingan yang semakin tinggi.

Cara memulai bisnis desain grafis

Agar usaha desain grafis yang kita jalankan mampu berkembang pesat, kita harus mengetahui beberapa faktor yang mendukung.

1. Selalu Promosi dengan Menggunakan Media Online Agar Konsumen Anda Semakin Berkembang

Ada banyak sekali metode yang bisa dijalankan untuk promosi secara online. Namun, sebagai pemula, Anda dapat memulainya dengan media sosial saja terlebih dahulu. Buat fanspage yang menarik, berikan konten grafis Anda, lalu promosikan fanspage Anda

Langkah kedua yang dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki modal, Anda dapat membuat website pribadi. Website yang berisi portfolio desain Anda dan berisi tutorial gratis tentang desain grafis.

Metode ini cukup efektif jika Anda mampu menguasai teknik optimasi yang benar. Karena dunia blog itu tidak semudah yang dibayangkan. Perlu trik khusus agar mampu meraih jutaan visitor perhari.

2. Gunakan Teknologi Canggih Agar Hasil Penjualan Anda Meningkat

Sekarang ini, tersedia berbagai macam bentuk jenis software desain grafis. Jadi, Anda harus pintar mencari software terbaik yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Misalkan :

Anda berniat menguasai desain grafis Animasi 3 Dimensi, maka Anda dapat menggunakan Adobe terbaru atau langsung menggunakan Autodesk Maya. Software canggih semacam ini memang terbilang mahal jika Anda membelinya.

Misalnya lagi :

Anda ingin menguasai desain kartu undangan, desain koreografi, maka Anda dapat menggunakan photoshop.

Untuk tahap awal, Anda bisa mencoba versi trial atau versi student terlebih dahulu. Tujuannya supaya Anda dapat mengukur apakah layak untuk membeli aplikasi tersebut.

Teknologi ditujukan untuk memudahkan manusia, so, pintarlah dalam memilih mana yang terbaik agar usaha Anda cepat berkembang.

3. Gunakan Koneksi Cepat dan Stabil

Syarat agar pekerjaan Anda berjalan lancar dibidang online, Anda tentu membutuhkan kecepatan saat mengakses media yang ada.

Sebagai contoh ketika Anda menjawab order dan pertanyaan di media sosial, Anda tentu membutuhkan kecepatan untuk melakukan hal tersebut. Belum lagi bagi Anda yang menggunakan media blog, koneksi cepat dan stabil merupakan suatu keharusan.

Memiliki akses internet cepat sangat membantu kegiatan Anda.

Koneksi internet yang stabil saat ini sangat mudah untuk didapatkan. Jaringan 4G sudah ada dimana mana. Manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin untuk memajukan usaha Anda.

4. Selalu Kreatif Agar Usaha Anda Tetap Tumbuh

Sekarang ini persaingan dunia bisnis sudah semakin ketat. Nah, untuk memenangkan persaingan dan menjadi pemenang, kita harus mau untuk selalu kreatif melakukan inovasi.

Kreatif bukan hanya dari segi desain saja, melainkan dari cara promosi atau penggunaan teknologi yang digunakan. Jadi, jangan pernah merasa puas dengan kondisi yang ada sekarang, selalu inovasi dan lakukan perbaikan untuk perkembangan usaha Anda.

Untuk mendapatkan inspirasi agar selalu kreatif dapat dilakukan dengan cara selalu belajar, selalu menambah wawasan dan selalu bertanya pada ahlinya.

Atau, Anda dapat melihat perkembangan trend yang sekarang ini sedang terjadi. Tentu harus berupa perkembangan yang masih satu topik dengan bisnis Anda.

Bukan tidak mungkin Anda berminat dibidang desain grafis website, bidang tersebut merupakan bagian dari industri kreatif desain grafis.

5. Perbanyak Jaringan Bisnis

Tidak ada satupun bisnis besar yang ada didunia ini mampu berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain. Semua pebisnis sukses pasti memiliki jaringan atau mitra. Dengan semakin banyaknya mitra yang Anda miliki, maka kesempatan bisnis menjadi semakin luas.

Coba Anda perhatikan kolaborasi perusahaan kelas kakap, mereka saling bekerja sama untuk saling membantu dan saling menguntungkan. Apalagi sekarang ini dunia Industri desain grafis sudah sangat ramai, Anda dapat mencoba teknik kolaborasi sesama pebisnis desain grafis lainnya.

Misalkan Anda bergabung dengan desainer grafis website, Anda dapat saling menawarkan jasa. Kolaborasi semacam ini dapat memberikan keuntungan timbal balik.

6. Mempelajari teknik promosi yang inovatif

Sehebat apapun produk Anda, tanpa keahlian promosi tidak akan menjadi apa apa. Untuk itu, agar jasa Anda semakin laris, Anda harus pintar ketika menjalankan aktivitas promosi.

Teknik dan cara promosi ada banyak sekali seperti dengan memberikan diskon, membership, partnership, trial, promo, gift dan lain sebagainya. Cara tersebut sangat efektif untuk diterapkan, tergantung dari pengalaman yang Anda peroleh.

7. Utamakan Konsumen Untuk Meraih Pelanggan Loyal

Konsumen adalah raja. Rebut kepercayaan mereka dengan cara memberikan pelayanan terbaik.

Coba Anda perhatikan perusahaan besar, mereka pasti menyediakan layanan customer service untuk melayani konsumen mereka. Cara ini sangat efektif dan disarankan agar usaha Anda juga turut berkembang.

Pelayanan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan memberikan tutorial yang lengkap, menyediakan email untuk dihubungi atau dengan memberikan kontak telefon.

Semakin percaya konsumen pada Anda, sudah tentu mereka akan selalu menjadi pelanggan setia Anda. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi mesin promosi otomatis.

Baca juga : 13 Cara Sukses Promosi Produk Agar Sold Out dengan Mudah

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba ketika ingin menjalankan usaha desain grafis. Apa yang paling penting adalah niat menjalankan usaha dengan serius. Tidak ada kata menyerah, yang ada adalah tantangan untuk meraih kesuksesan.

Semoga dengan artikel ini Anda mendapatkan inspirasi. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: May 9, 2018 — 1:13 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. 1. apakah buka usaha jasa cetak foto di lingkungan tempat tinggal sangat prospek kedepannya? 2. Minimal berapa untuk Investasinya? mohon pendapatnya, terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap