6 Kemampuan Dasar Untuk Menjadi Seorang Blogger

Keahlian Membangun BlogBanyak sekali diantara kita yang ingin membuat blog, tapi sudah minder duluan karena berpikir bahwa membuat blog itu butuh keahlian khusus. Padahal kenyataannya semua blogger sukses pada awalnya juga belajar seperti kita. Mereka tidak serta merta langsung pintar, pasti ada yang namanya proses belajar. Hanya tingkat konsistensi dan kemauan yang menjadi pembeda.

Sekarang ini, trend blogging memang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Banyak sekali para pemula yang ingin membuat blog dengan alasan dan tujuan masing – masing. Ada yang ingin membuat blog karena ingin berbagi ilmu, latihan menulis, atau mungkin karena tergiur melihat penghasilan para blogger senior. Menurut saya yang paling penting adalah, jangan terlalu over, punya target boleh, asalkan mau praktek dan sabar.

Alangkah lebih baik melihat dunia blog itu realistis saja. Mengapa? Membuat blog yang ramai pengunjung itu tidak mudah lho, butuh konsistensi, terutama membuat artikel menarik. Bukan saya menggurui, akan tetapi itulah kenyataannya. Nah jika Anda memang sudah siap untuk itu, maka bukan tidak mungkin suatu saat Anda bisa menjadi seorang blogger handal, popular dikenal oleh banyak orang.

1. Keahlian Menulis Artikel Menarik

Manajemen artikel merupakan pondasi yang penting dalam membangun blog. Semakin baik artikel yang sering Anda terbitkan maka jangan heran jika pembaca blog Anda kian meningkat secara terus menerus.  Mudah nya begini, semakin banyak artikel yang ada di blog Anda, semakin besar pula peluang untuk menjaring pembaca. Maka dari itu, kegiatan blogging memang tak terlepas dari aktivitas tulis menulis, sehingga keahlian yang mau tidak mau yang perlu dikuasai bagi orang yang ingin membangun blog adalah mempelajari bagaimana cara menulis artikel yang menarik.

Search engine sangat menyukai konten yang berkualitas, menyukai blog yang selalu up to date dan selalu mengedepankan user experience. Itulah mengapa kemampuan menulis menjadi poin yang pertama sebelum kita memutuskan untuk membuat blog. Akan tetapi pada praktiknya saat kita memiliki sebuah blog, tentu sering menulis artikel. Sebenarnya secara tidak langsung kita sedang praktek untuk menulis artikel yang berkualitas.

Pelajarilah bagaimana ilmu penulisan dalam bidang jurnalistik. Penulis blog juga harus tahu karena ada kode etik yang harus dipatuhi. Tidak semua jenis konten bisa kita terbitkan secara sembarangan. Selain itu dalam ilmu jurnalistik pasti ada yang namanya teknik menulis, baik itu menulis artikel informasi, berita, tutorial dan lain sebagainya. Jadi banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari ilmu jurnalistik.

2. Kemampuan Koding

Selain kemampuan menulis artikel, kemampuan yang perlu dimiliki oleh calon seorang blogger adalah kemampuan memahami bahasa koding. Memang tidak perlu harus tingkat mahir, cukup mengetahui dasarnya saja, yaitu dasar dan fungsi html dan css. Biasanya pemahaman koding bisa didapat setelah kita praktek ngeblog. Yaitu nanti setelah kita membuat blog secara otomatis jadi mau tidak mau memahami bahasa koding. Kita jadi tahu bagaimana cara merubah tampilan website, bagaimana merubah font, merubah susunan theme dan setting jenis lainnya.

Untuk pemahaman koding sebenarnya kita juga tidak perlu khawatir, banyak sekali artikel yang membagikan tutorial gratis dan mudah. Banyak sekali teman-teman blogger yang membagikan tips dan tutorial melalui blog mereka. Yang penting, fokus pada proses pembuatan artikel, fokus pada pengisian konten, jangan fokus pada desain grafis saja.

3. Ilmu Desain

Agar blog kita terlihat lebih menarik dan profesional, maka kita juga perlu menguasai ilmu desain grafis. Untuk apa itu? keahlian desain grafis bisa Anda manfaatkan untuk membuat gambar- gambar pendukung, entah itu gambar untuk ilustrasi artikel, gambar header website, banner logo dan mempercantik tampilan blog.

Mengapa artikel lebih baik dilengkapi dengan gambar infografis atau ilustrasi? sehingga kita butuh pengetahuan desain? Alasan utamanya adalah, agar artikel Anda menjadi lebih hidup dan menarik untuk dibaca. Begitu juga dengan desain logo, dari logo orang bisa mengingat nama domain kita dengan mudah. Maka dari itu, buatlah logo yang menarik.

4. Ilmu Manajemen Bisnis

Membuat blog dengan domain dan hosting sendiri tentu membutuhkan biaya. Selain biasa sewa tahunan, ada lagi biaya paket internet yang harus kita keluarkan untuk kegiatan membangun blog. Nah agar kegiatan membangun blog ini lancar, maka kita harus mampu untuk  mempelajari strategi manajemen. Mengatur keuangan hingga blog mampu berkembang dengan baik dalam jangka panjang.

Anda tentu pernah mendengar bagaimana sebuah web atau blog mampu mendatangkan pembaca hingga ratusan ribu orang setiap hari, bahkan hingga jutaan orang. Blog yang bisa berkembang seperti itu adalah blog yang telah berhasil berjuang dan menemukan celah kemudian diikuti dengan ilmu manajemen. Blog yang berkembang dan telah popular pasti butuh manajemen. Sama halnya seperti bisnis konvensional, butuh manajemen dari berbagai aspek. Seperti mengatur editor, penulis, ahli IT dan lain sebagainya.

5. Kemampuan Sosial

Kemampuan pendukung lainnya yang perlu kita pelajari adalah bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain. Sebagai blogger kita tentu ingin memiliki banyak teman, seperti di forum diskusi, komunitas dll. Nah dengan kemampuan sosial yang baik, pengelola blog mampu menjalin komunikasi yang baik dengan sesama blogger lain.

Selain saling membantu sesama blogger, pemilik blog juga perlu belajar bagaimana caranya agar interaksi dengan pembaca bisa berjalan dengan lancar. Hal ini bisa membuat pembaca menjadi semakin menyukai blog Anda. Dari komunikasi seperti ini, tentu akan banyak sekali masukan, saran untuk perkembangan blog Anda dimasa yang akan datang.

6. Ilmu Search Engine

Saya rasa sebagian besar dari Anda sudah paham apa itu search engine (mesin pencari). Bagi Anda yang hobi browsing, tentu sudah sangat akrab sekali dengan Google. Anda butuh informasi, tutorial, berita, atau tentang apa saja hanya dengan mengetik kata kunci. Lalu mesin pencari akan menampilkan artikel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengapa seorang blogger perlu memahami ilmu Search Engine? Karena visitor yang datang dari search engine merupakan visitor yang sangat berkualitas dan ter target. Itulah mengapa para pemilik blog berlomba agar blog nya tampil terbaik di mesin pencari. Lalu bagaimana ara agar blog bisa mendapatkan autorithy di mesin pencari? Caranya kembali pada poin nomor satu yaitu keahlian menulis artikel yang menarik.

Teknologi mesin pencari telah canggih, mampu mendeteksi mana artikel yang berkualitas dan mana yang tidak. Sehingga keahlian menulis bisa menjadi poin penting bagi Anda yang ingin membuat blog. Pelajarilah cara menulis yang baik dan benar dengan cara praktek – praktek dan praktek. Jangan hanya mengumpulkan teori saja, akan tetapi langsung take action agar keinginan memiliki blog Anda terwujud.

Kesimpulan :

Sebenarnya membuat blog itu mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja. Apalagi sekarang ini membuat blog hanya drag and drop, template berbayar dan gratis juga bertebaran dimana – mana. Jadi Anda tidak perlu belajar pemograman, cukup pelajari yang seperlunya saja.

Selain memahami masalah desain diatas, pemahaman yang sangat penting lainnya adalah, kemampuan untuk melakukan riset kata kunci. Anda butuh ilmu untuk mengetahui cara riset kata kunci yang tepat. Bagaimana menemukan celah yang ada hingga mampu mendongkrak blog Anda secara keseluruhan menjadi lebih popular.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang apa saja keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang blogger. Masih banyak keahlian lain yang belum bisa saya sebutkan satu persatu. Jika ada ide dan tambahan, silahkan Anda tulis pada form komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap