6 Tips Bagi Anda Yang Kerja Dari Rumah Terutama Bagi Seorang Blogger

Tips KerjaBagi Anda yang bekerja dari rumah, terutama bagi seorang blogger, ada beberapa kiat yang bisa kita lakukan agar kreativitas dan produktivitas bisa meningkat. Tujuannya tentu agar pekerjaan yang dilakukan bisa lebih optimal dan bisa mencapai keberhasilan sesuai dengan apa yang di idamkan.

Mungkin bagi sebagian orang yang bekerja di kantor, pabrik, lapangan dsb, berfikir bahwa kerja dari rumah itu enak, bisa semau kita. Tapi tunggu dulu, menurut saya sama saja, ada sisi positif dan negatifnya. Akan tetapi, yang paling penting adalah, bagaimana caranya agar perkembangan karir bisa terus maju. Nah itulah mengapa kita perlu membahas tentang produktivitas dalam bekerja.

Bicara soal tema pekerjaan memang sangat luas. Profesi pekerjaan pun tak terhitung jumlahnya. Namun ada satu hal yang layak untuk diperbincangkan yaitu mengenai produktivitas dalam bekerja. Berikut ini ada beberapa gambaran tips yang mungkin bisa Anda coba agar kegiatan Anda dalam bekerja dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Dengan kata lain lebih produktif.

Cara Berpakaian

Ternyata, pakaian kerja atau seragam kerja ada efeknya juga lho. Saya memasukkan poin ini karena saya membaca artikel dari senior blogger yang terkemuka yaitu bang Marixon. Saya tertarik memperhatikan tentang adanya efek cara berpakaian terhadap kualitas kerja.

Ketika kita menggunakan pakaian seragam kerja, ada semacam kebanggaan identitas tersendiri. Efeknya, ketika kita melakukan pekerjaan seperti yang kita bicarakan sekarang yaitu kegiatan blogging, bisa menjadi lebih serius. Terkesan lebih profesional, lebih terarah dan pekerjaan pun cepat selesai. Dari sini saya bisa mengambil kesimpulan bahwa, memang benar, cara berpakaian sangat mempengaruhi mood dalam bekerja.

Ruang Kerja Yang Profesional

Menyediakan tempat kerja yang rapi dan bersih dapat memberikan dampak positif. Anda menjadi lebih menghargai waktu ketika bekerja, karena kita tahu bahwa di ruang kerja, tugas kita hanya bekerja sesuai jadwal yang ditentukan. Sehingga, gangguan yang sering menghampiri seperti keasyikan bermain game, media sosial, gangguan lingkungan bisa lebih minimal.

Sebagai contoh coba perhatikan ketika kita melakukan aktivitas blogging lewat laptop sambil tiduran di tempat tidur. Lama – lama jadi males, dan bahkan malah menyebabkan ngantuk. Untuk itu, buatlah suasana kerja yang lebih profesional.

Atur Jam Kerja

Cara agar produktivitas meningkat selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal pekerjaan. Sama saja seperti pekerjaan kantor, perlu adanya aturan dan manajemen jadwal yang baik. Atur waktu kapan harus bersama keluarga, perhatian dan kasih sayang pada anak, dan berbagai macam pekerjaan lainnya.

Walaupun demikian, kita tidak perlu terlalu fokus dengan jadwal yang telah dibuat, tetaplah fleksibel. Seperti jika memang anak dan istri membutuhkan perhatian dan kasih sayang, maka utamakan keluarga terlebih dahulu.

Disiplin

Orang yang bekerja dari rumah tentu banyak sekali godaan. Seperti gangguan media sosial, chating, terlalu keasyikan membaca dan browsing dapat mengganggu aktivitas utama Anda. Nah solusinya adalah disiplin yang tinggi. Fokus pada apa yang ingin dikerjakan dan dijadikan target. Kita harus mau mengikuti jadwal atau jam kerja yang telah kita buat.

Jadi, walaupun terkesan bekerja dari rumah, kita tidak boleh seenaknya mau kerja atau tidak. Alangkah lebih baik bagi kita untuk selalu menjaga disiplin. Banyak lho manfaatnya dengan disiplin. Kalau kita rajin membaca referensi, banyak sekali kisah sukses muncul dari orang – orang yang selalu menerapkan disiplin. Mereka sangat menghargai waktu, selalu berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Pentingnya Kehidupan Sosial

Manusia merupakan makhluk hidup sosial, untuk itu, hindari terlalu fokus pada pekerjaan sehingga kita tidak memperhatikan kehidupan sosial. Luangkan waktu untuk sekedar menyapa dan berbincang – bincang ringan dengan masyarakat di sekitar Anda. Mengikuti kerja bakti dan kegiatan sosial lain dilingkungan tempat tinggal juga perlu.

Dari kegiatan sosial terkadang bisa mendatangkan segudang ide brilian baru bagi perkembangan bisnis Anda. Terutama bagi seorang blogger, mungkin Anda akan mendapatkan ide setelah berbincang dengan orang lain, bertukar pikiran dengan sahabat atau orang yang satu profesi dengan Anda.

Faktor Kesehatan Itu Penting

Saya rasa kita semua faham bahwa menjaga kesehatan itu penting. Mulai dari menjaga asupan makanan, olah raga yang cukup hingga mengatur waktu istirahat. Apapun jenis pekerjaannya, saya rasa pasti ada yang namanya waktu istirahat dan waktu bekerja.

Sebagai contoh, Setelah istirahat biasanya bisa membuat kita menjadi lebih segar, lebih fresh ketika menjalankan aktivitas. Bagi seorang blogger menulis pun menjadi pekerjaan yang mudah. Ada saja ide yang ingin Anda buat untuk dijadikan posting blog. Manfaat selanjutnya adalah, kita bisa menjadi lebih fokus dalam bekerja. Sehingga kita bisa meningkatkan produktivitas.

Olah raga yang cukup dan teratur juga perlu dilakukan agar tubuh tetap bugar setiap hari. Bisa dengan cara maraton keliling kompleks, senam aerobik, ikut latihan badminton dan aktivitas olah raga berkeringat lainnya.

Apa Saja Jenis Bisnis Yang bisa Dikerjakan Dari Rumah?

Memanfaatkan waktu tentu merupakan hal positif. Ada banyak sekali jenis bisnisnya Baik yang digital atau yang konvensional. Semua itu tergantung dari minat dan penguasaan. Pilih jenis bisnis sampingan yang Anda sukai, atau pilih jenis bisnis sesuai dengan bakat Anda.

  1. Menjadi Konten Writer. Bagi Anda yang hobi menulis tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang konten writer. Saat ini perkembangan digital marketing sedang berkembang pesat. Banyak website atau perusahaan menggunakan jasa penulis untuk memperkenalkan produk, membuat promosi dsb.
  2. Bisnis Kuliner
  3. Usaha menjahit
  4. Ternak atau budidaya
  5. Mengelola Blog
  6. Internet Marketing
  7. Online Teacher
  8. Membuka kursus
  9. Dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Secara Online

Kesimpulan :

Apapun jenis pekerjaan yang Anda tekuni jika di jalankan dengan rasa senang, tentu dapat memberikan dampak yang positif. Bagaimana caranya? Seperti yang telah saya tulis diatas, mau tidak mau kita harus bisa meneliti dan mencari tahu strategi yang tepat agar mood dan semangat kerja bisa terjaga dengan baik. Seperti dengan mengatur dan mencoba untuk menerapkan beberapa poin diatas.

Mungkin Anda punya tips sendiri yang ingin Anda bagikan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Semoga artikel ini dapat membuat semangat kerja Anda menjadi lebih tinggi, terutama bagi seorang blogger.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap