6 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Web Agar Berhasil

Tahukah Anda bahwa kualitas hosting sangat memegang peranan penting bagi perkembangan blog Anda? Untuk itu, sangat disarankan agar Anda menganalisa dan memperhatikan terlebih dahulu sebelum memilih layanan hosting untuk blog Anda.

Secara umum, faktor yang paling penting di perhatikan adalah kecepatan aksesnya. Semakin cepat akses atau speed blog Anda maka semakin baik dampaknya terhadap SEO blog. Nah pada artikel ini saya akan menjelaskan secara sederhana apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memilih layanan hosting.

Tips Memilih Hosting

Anda tentu ingin agar blog Anda menjadi besar. Menurut saya, ada 3 faktor untuk mencapai tujuan tersebut. Pertama, kualitas konten, kedua kecepatan akses (hosting), ketiga desain. Jika 3 faktor ini bagus, saya yakin blog Anda akan terus berkembang pesat.

Cari Speed yang Tinggi dengan jaminan Uptime yang baik

Sekarang ini layanan hosting sudah mulai menerapkan teknologi mutakhir seperti penggunaan SSD, HTTP/2 dan semacamnya. Teknologi ini sangat membantu kecepatan akses. Anda dapat mencari jenis hosting seperti ini.

Http/2 mempengaruhi transfer data dimana dengan teknologi tersebut, data mampu ditransfer beberapa request sekaligus. Dengan demikian, proses komunikasi data dapat berlangsung cepat sehingga blog Anda cepat ketika di akses.

Blog yang saya kelola sekarang ini menggunakan hosting Dewaweb, dan sejauh ini belum ada keluhan dari segi kecepatan.

Pilihan tentu ada ditangan Anda sendiri, saya tidak bisa memberikan saran mana yang terbaik dan mana yang tidak, apalagi menyebutkan nama layanan hosting.

Perhatikan kapasitas RAM dan Bandwidh

RAM bahasa sederhananya merupakan memori. Namun penggunaan RAM sangat tergantung dari jumlah visitor blog Anda. Blog akan membutuhkan hosting dengan RAM yang tinggi jika blog Anda mendapatkan jumlah visitor yang tinggi.

Nah, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan RAM tersebut dengan jumlah visitor yang ada. Tujuannya agar sesuai dengan budget. Blog besar biasanya menggunakan Cloud hosting atau menggunakan VPS. Dengan menggunakan VPS, Blog Anda lebih mampu menampung ratusan ribu Visitor setiap hari. Itupun tergantung dari spesifikasi VPS yang Anda pilih.

Ketahui Apa Itu Shared Hosting dan Cloud Hosting

Shared hosting yaitu penggunaan server bersama. Sementara Cloud hosting server masing – masing. Mana yang terbaik, menurut saya cloud hosting lebih baik. Akan tetapi semuanya tergantung dari Anda masing – masing. Saya hanya memberikan saran berdasarkan pengalaman pada blog ini.

Setelah saya menggunakan Cloud hosting, blog ini selalu cepat dengan uptime hampir bisa dikatakan 100%. Saya pun merasa puas karena SEO blog bisa menjadi semakin baik. Banyak artikel yang terus tembus ke halaman pertama dan menduduki posisi satu. Semoga saja blog ini bisa terus memberikan informasi dan tutorial terbaik untuk Anda.

Sesuaikan kebutuhan Kapasitas Data

Faktor penting lain ketika Anda memilih layanan hosting adalah jumlah data yang bisa disimpan pada layanan hosting yang akan Anda pilih. Jika blog Anda berupa blog gambar, file besar, saya rasa butuh kapasitas yang lebih besar pula

Berbeda dengan blog yang lebih banyak berisi artikel. Kapasitas dan kebutuhan data yang digunakan tidaklah terlalu besar.

Support atau customer service

Layanan hosting yang benar dan berkualitas biasanya memiliki customer service yang mumpuni. Mereka akan menjawab dengan cepat, memberikan bantuan teknis cepat. Jadi, carilah layanan hosting yang bisa memberikan pelayanan support yang baik.

Anda dapat menilai dari review yang diberikan oleh para penggunanya, atau pengalaman dari para blogger lain lewat forum.

Misalkan, Anda bisa ke beberapa forum online untuk mencari tahu, layanan hosting mana yang paling baik. Atau Anda bisa bertanya dengan rekan blogger Anda yang Anda kenal. Tanyakan dan minta pendapat mereka.

Banding kan harga

Nah setelah poin – poin diatas Anda pelajari, selanjutnya perhatikan harga yang ditawarkan. Anda bisa membandingkan harga sesuai paket hosting yang ada. Anda bisa mencoba menyesuaikan dengan kebutuhan blog.

Saran saya, jika serius ingin membuat blog Anda besar dan popular, carilah layanan hosting yang berkualitas. Utamakan kecepatan akses blog Anda, Anda tentu ingin agar pembaca blog Anda nyaman.

Jangan tergiur dengan tawaran yang murah akan tetapi tidak berkualitas. Luangkan waktu yang cukup untuk melakukan analisa. Teliti lah sebelum membeli, cari layanan hosting yang sudah memiliki nama dan mendapat respon positif dari para penggunanya.

Baca juga : Mengapa Konten Harus Berkualitas dan Selalu Update

Itulah tadi beberapa poin analisa penting ketika Anda memilih layanan hosting. Saya sangat menyarankan agar Anda mencari layanan terbaik. Tujuannya agar blog Anda mampu tampil terbaik di mesin pencari.

Anda tentu pernah mendengar AMP. Amp ini merupakan bentuk projek yang menunjukkan bahwa kecepatan akses web merupakan faktor yang sangat di perhatikan. Trend sekarang ini sudah sangat maju, para pengguna internet sudah terbiasa dengan kecepatan.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda, jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses dan sehat selalu.

Updated: November 28, 2017 — 5:41 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap