6 Tips Sukses Jadi Reseller Pemula yang Patut Untuk Dicoba

Sukses Bisnis Reseller

Sekarang ini ternyata begitu banyak peluang usaha online yang bisa dijalankan dengan modal minim. Salah satunya adalah model bisnis reseller.

Mungkin Anda sudah familiar dengan bisnis reseller. Bisnis reseller adalah bisnis menjual kembali produk yang telah dibeli dengan tujuan memperoleh selisih harga untuk mendapatkan profit.

Bisnis ini sangat cocok bagi pemula karena tidak perlu sibuk memikirkan biaya produksi. Tugas seorang reseller hanyalah berusaha bagaimana caranya agar produk mampu laris manis di pasaran.

Dengan adanya teknologi internet, bisnis reseller kini bisa dijalankan dengan sangat mudah. Anda hanya membutuhkan keahlian bagaimana cara promosi dan perangkat koneksi saja.

Agar berhasil menjalankan usaha reseller secara online, tentu membutuhkan beberapa kiat untuk mencapai tujuan tersebut. Nah pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara memulainya.

1. Ketahui Produk Terlebih dahulu

Setiap produk memiliki peluang pasar yang berbeda. Untuk itu, Anda perlu mengenal terlebih dahulu karakteristik produk yang ingin dijual.

Sebagai contoh Anda ingin menjual smartphone. Kita tahu bahwa smartphone memiliki target pasar yang sangat luas, akan tetapi, kita perlu memahami bagaimana jumlah pesaingnya.

Dengan memahami karakteristik produk yang ingin dijadikan bisnis, maka Anda akan pandangan yang lengkap untuk memenangkan pasar.

Buat riset terlebih dahulu dengan cara mencari jenis produk yang paling sesuai menurut Anda. Kumpulkan data riset tersebut secara detail beserta strategi yang ingin Anda jalankan.

2. Kenali suplier dengan baik

Untuk menghindari penipuan, carilah suplier yang memiliki latar belakang baik. Anda dapat mencarinya dengan bertanya pada reseller lain yang telah ikut dengan perusahaan tersebut. Atau Anda dapat membaca beberapa komentar tentang suplier tempat Anda membeli produk.

Gunakan mesin pencari Google untuk mengetahui seberapa jujur dan kredibel suplier yang Anda ikuti. Lakukan secara cermat agar Anda bisa meraih kesuksesan dan kenyamanan saat menjalankan bisnis reseller.

3. Pastikan sistem komunikasi dan pelayanan suplier Anda selalu standby

Langkah selanjutnya Anda harus memastikan bahwa suplier tempat Anda memsan produk memiliki sistem pelayanan yang baik. Coba lakukan penelitian tentang seberapa hebat mereka melayani konsumen.

Cari tahu bagaimana ketepatan mereka dalam melakukan pengiriman atau bagaimana mereka mampu menanggapi pertanyaan konsumen. Hal ini sangat penting karena merupakan faktor yang mempengaruhi bisnis Anda jangka panjang.

Semakin baik nilai reputasi suplier Anda, berarti semakin layak untuk dijadikan tempat untuk membeli barang dagangan Anda.

4. Nilai dengan popularitas

Popularitas adalah nilai seberapa tinggi produk tersebut diminati oleh masyarakat. Semakin tinggi popularitas suatu produk, maka semakin baik untuk dijadikan bisnis reseller.

Akan tetapi biasanya antara popularitas dan tingkat persaingan itu akan sama. Artinya begini, semakin tinggi popularitas suatu produk maka semakin tinggi pula tingkat persaingan yang ada.

Selain mengetahui popularitas produk, Anda dapat menilai juga popularitas brand yang dimiliki suplier Anda. Kedua faktor ini tidak memiliki perbedaan yang jauh. Semakin baik nama brand suplier Anda semakin besar pula peluang produk tersebut laris di pasaran.

5. Ketahui Kompetitor Anda

Mengetahui tingkat persaingan memberikan Anda gambaran yang jelas tentang pasar Anda. Semakin sedikit tingkat persaingan tentu semakin baik.

Perlu Anda melakukan riset terlebih dahulu tentang jumlah atau tingkat persaingan yang ada. Tujuannya agar Anda memilih jenis produk yang tepat. Dan, mampu menjalankan kegiatan promosi dengan baik untuk memenangkan persaingan.

6. Tips Bagaimana Cara Memasarkan Produk?

Setelah Anda mengetahui langkah awal yang perlu dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mencari cara bagaimana agar produk Anda laris.

#Gunakan Media sosial

Media sosial sekarang ini begitu popular, mulai dari Google Plus, Facebook, hingga instagram. Anda dapat belajar dari para reseller lain dengan memperhatikan fans page mereka. Tujuannya agar Anda mendapatkan gambaran bagaimana mereka melakukan promosi.

#Gunakan media share

Selain media sosial, Anda bisa memanfaatkan media share seperti Youtube. Berikan konten yang memberikan manfaat dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Cara ini juga cukup efektif jika Anda pintar membuat konten video yang menarik.

#Gunakan forum online

Anda dapat memanfaatkan forum online untuk menawarkan produk Anda. Akan tetapi perlu diperhatikan peraturan setiap forum agar reputasi Anda baik. Carilah forum yang memiliki trafik tinggi kemudian share konten bermanfaat sambil menawarkan produk.

Baca juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Dropshiper Menggunakan Tokopedia

Kesimpulan :

Menjadi reseller memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk pemula. Ada baiknya Anda belajar menjual produk seperti biasa saja terlebih dahulu, setelah memiliki relasi yang banyak dan pengalaman yang cukup, Anda bisa mencoba bisnis reseller ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan. Salam sukses selalu.

Updated: April 14, 2018 — 6:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap