6 Cara Menjadi Youtuber Bagi Pemula yang Sukses

Untuk menjadi seorang youtuber bagi pemula sangat mudah. Hanya saja perlu langkah yang tepat agar chanel Youtube kamu mampu berkembang dengan pesat. Selain itu, butuh yang namanya tekad yang bulat.

Mengapa?

Sebab dengan niat dan tekat serta langkah yang tepat, kamu bisa bekerja sepenuh hati dan menghasilkan karya yang sangat disukai oleh para penonton chanel Youtube kamu.

Selalunya orang hanya berfikir bahwa bekerja sebagai youtuber hanya membuat konten saja. Namun perlu kamu ketahui menjadi seorang Youtuber perlu dedikasi dan ketepatan dalam membuat konten.

Cara menjadi youtuber

Nah jika kamu memang ingin menjadi seorang youtuber, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar kamu berhasil.

1 . Persiapkan Alat untuk memulai Youtube

Agar Anda sukses di dunia Youtuber, buatlah rencana alat yang dibutuhkan. Coba kamu searching, dan pelajari apa saja yang diperlukan untuk jadi Youtuber.

Misalkan Anda ingin menjadi seorang Youtuber wisata, maka coba lihat chanel mereka, kira kira apa saja yang dibutuhkan.

Contoh lagi, misalkan kamu ingin jadi Youtuber gaming, maka cobalah search di pencarian Youtube, apa saja yang diperlukan bagi seorang youtuber gaming. Entah itu HP, kamera ataupun komputer.

Mengapa mempersiapkan alat tempur itu penting?

Sebab dengan adanya persiapan yang matang, maka sudah pasti kamu menjadi lebih mudah ketika memulainya.

Jangan membuat chanel jika kamu belum siap dengan peralatan yang dibutuhkan. Nah untuk itu, coba pelajari terlebih dahulu, apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang Youtuber.

Tentu harus disesuaikan dengan tema yang akan kamu pilih. Berikut ini dijelaskan tentang tema.

1. Buat Chanel dan Tentukan Tema

  • Buat akun terlebih dahulu

Langkah pertama buatlah akun Google terlebih dahulu, sebab untuk membuat chanel Youtube kamu memerlukan akun Google.

Buatlah akun google dengan membuka situs gmail, ikuti langkah yang ada dan isilah data sesuai dengan data kamu. Kamu bisa membuat akun Google kamu berdasarkan nama dan data yang sesuai dengan KTP kamu.

Tujuannya agar langkah selanjutnya menjadi lebih mudah karena semua data sesuai dengan identitas kamu.

  • Tentukan Tema Youtube kamu

Nama chanel sama seperti brand, ia akan menjadi icon Youtube kamu. Nama chanel juga akan menjadi brand yang akan selalu di ingat oleh para penonton kamu nantinya.

Selanjutnya tentukan tema video yang akan sering kamu unggah. Pilih kategori yang tepat sesuai dengan kemampuan ataupun bakat kamu. Misalkan konten tentang game, masakan, traveling, musik dan masih banyak ide lainnya.

Ada begitu banyak jenis tema yang ada, akan tetapi, carilah tema yang memang kamu sukai ataupun kamu mampu membuatnya.

Namun perlu kamu ingat, tema yang kamu pilih juga disukai oleh banyak orang. Nah, dengan cara itu, maka channel Youtube kamu akan cepat berkembang dengan pesat.

3. Buatlah Akun Google

Setelah semua langkah diatas kamu tentukan, selanjutnya gampang. Kamu hanya perlu membuat akun Gmail dari Google. Cara membuatnya cukup mudah, sama seperti kamu mendaftar facebook.

Buatlah akun Google dengan baik dan benar. Isilah data sesuai dengan KTP kamu agar langkah kedepan jauh lebih mudah.

Silahkan kamu ke alamat gmail.com, isi data disana, buatlah akun terlebih dahulu agar kamu bisa membuat chanel Youtube kamu.

4. Buatlah konten yang paling menarik

Agar kamu sukses besar dan memiliki viewer jutaan, syarat yang paling penting yaitu buatlah konten yang paling menarik. Sebab dengan konten yang menarik, Algoritma Youtube akan memperhatikan chanel Anda.

Dampaknya sangat luar biasa, chanel dan video Anda akan selalu muncul di rekomendasi dan bisa jadi trending.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik?

Untuk membuat konten yang menarik tentu kamu harus menguasai bidang yang kamu videokan. Misalkan kamu jago bermain game, maka buatlah video game kamu yang paling menarik dari yang lain.

Misalkan kamu jago bermain alat musik, maka buatlah video musik kamu sangat menarik bahkan mengalahkan yang lain.

Dengan cara ini biasanya channel Youtube kamu akan cepat berkembang pesat. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan subcriber karena konten kamu sangat menarik.

Itulah alasan mengapa memilih tema memerlukan pemikiran yang matang. Jangan hanya asal ikut ikutan, tapi buatlah sesuai dengan bakat yang kamu miliki.

5. Berbagi Konten Lewat Media Sosial

Bagi youtuber pemula, tidak mungkin chanel yang baru dibangun langsung mendadak mendapatkan jutaan viewer. Dibutuhkan beberapa saat agar chanel kamu melesat.

Nah, cara yang paling umum agar chanel kamu dikenali orang, mulai lah lakukan promosi di media sosial. Misalkan dengan membagikan di akun facebook, akun twitter maupun akun media sosial yang lain.

Namun, perlu kamu ingat bahwa, jangan melakukan spaming share. Selain tidak baik bagi chanel kamu, media sosial juga melarang melakukan spam.

Lakukan semuanya secara alami dan natural. Jangan memaksa. Sebab chanel yang berkembang pesat dimulai dari perkembangan yang alami.

6. Berilah give away

Agar berhasil menjadi Youtuber sukses, Anda harus rajin mengunggah video di chanel Anda. Upload secara rutin, buatlah jadwal kapan Anda harus upload video. Buat juga jadwal kapan Anda harus membuat konten baru, editing dan lain sebagainya.

Selanjutnya, coba Anda lakukan promosi dengan cara give away. Cara ini cukup mujarab untuk mempromosikan youtube Anda.

Cara ini juga sering dipakai oleh para youtuber sukses, walaupun chanel mereka sudah berkembang pesat, mereka tetap memberikan give away agar subcriber tetap bertambang banyak.

Jenis give away tentu sangat tergantung dari tema Anda. Misalkan chanel Anda tentang gaming, maka buatlah give away berupa character ataupun jenis pembelian item didalam game.

Atau jika Anda membuat chanel review hp, Anda bisa memberikan give away berupa pulsa maupun aksesori HP yang menarik bagi penonton Anda.

7. Take Action

Pekerjaan apapun membutuhkan tindakan nyata. Tidak ada kesuksesan yang terjadi begitu saja, pasti ada tindakan nyata yang dilakukan.

Anda jangan terlalu banyak pertimbangan namun jangan pula terlalu menganggap spele. Artinya, tetap take action namun persiapkan dengan matang semua kebutuhan yang diperlukan untuk chanel Anda.

Mulailah dengan persiapan peralatan video sampai dengan mempromosikan chanel. Lakukan secara bertahap dan serius. Dengan cara ini mudah mudahan chanel kamu dapat berkembang dengan pesat.

Baca juga: Youtube Hadirkan Layanan Musik Premium Murah Bagi Pelajar

Itulah tadi beberapa tips dan cara menjadi Youtuber bagi pemula. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi kamu. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap