7 Contoh Ide Bisnis yang Cocok untuk Karyawan

Anda karyawan dan ingin berbisnis? Tak perlu bingung, ini ide bisnis untuk karyawan yang bisa dicoba.

Mulai dari masalah keuangan, aktualisasi diri, pemanfaatan waktu luang, hingga persiapan masa pensiun. Apalagi, dunia bisnis memang memiliki pangsa pasar yang luas, serta pengelolaan dan manajemen waktu yang relatif fleksibel.

Menjadi karyawan sekaligus pebisnis kini bukan lagi hal yang langka. Terdapat banyak faktor yang menjadi pemicu mengapa Anda disarankan untuk juga menekuni dunia usaha.

Usaha untuk karyawan

Meski demikian, karena Anda juga memiliki tanggung jawab utama sebagai karyawan, pemilihan dan perencanaan bisnis pun tak boleh asal.

Berikut beberapa jenis bisnis untuk karyawan yang bisa Anda terapkan tanpa mengganggu aktivitas utama.

1. Bisnis Pulsa (Seluler, Listrik, dll)

Di era ini, pulsa sudah menjadi kebutuhan primer hampir semua golongan masyarakat. Tak peduli di desa atau di kota, usaha penjualan ini akan banyak dibutuhkan.

Terlebih, kini sistem pembayaran listrik juga sudah beralih pada prabayar, yakni dengan menggunakan pulsa.

Untuk memulai dan menjalankan bisnis ini,terbilang sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, karena Anda bisa memulainya dengan menjadi agen pulsa tanpa harus memiliki tempat khusus untuk berjualan.

Waktunya juga sangat fleksibel, karena di tempat kerja pun Anda bisa mengembangkan usaha ini. Baru setelah bisnis berkembang, Anda bisa menjadikannya usaha pulsa skala besar dengan omzet yang bisa juga lebih besar.

2. Bisnis Kos-kosan

Bagi Anda yang memiliki rumah atau tanah berdekatan dengan kampus, sekolah, pabrik, atau perkantoran, bisnis kos-kosan bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa memanfaatkan letaknya yang strategis untuk menyediakan kebutuhan hunian atau tempat tinggal bagi para perantau.

Bagi Anda yang bermodal minim, rumah atau kamar kosong bisa Anda sewakan; baik dengan sistem pembayaran harian, bulanan, atau tahunan. Sedangkan bagi yang cukup modal, Anda bisa membeli atau membangun properti baru di lokasi-lokasi yang strategis tersebut.

Tak perlu ragu untuk berinvestasi, karena dengan pengelolaan yang bagus bisnis ini terbilang sangat menjanjikan.

3. Membuka Les Privat

Bagi Anda yang memiliki kecintaan terhadap dunia pendidikan, ide bisnis ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuka jasa les privat dan menawarkannya ke anak-anak sekolah di sekitar lingkungan tempat tinggal. Sistemnya bisa dengan menjadikan rumah sebagai tempat kursus, atau Anda yang mendatangi rumah peserta didik.

Selain les mata pelajaran, Anda yang memiliki keahlian berbahasa asing dan bermain alat musik juga sangat potensial untuk membuka bisnis kursus ini. Modal awal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu besar, yakni hanya alat musik, peralatan tulis menulis, dan biaya transportasi jika Anda harus datang berkunjung ke rumah anak didik.

Dengan bisnis ini, Anda tak hanya akan mendapatkan keuntungan berupa materi tetapi juga kesempatan untuk mengasah kemampuan diri dan berbagi. Jangan lupa untuk mencari tahu kisaran tarif harga kursus di lingkungan tersebut, ya.

4. Bisnis Pakaian atau Busana

Bisnis untuk karyawan yang juga tidak terlalu menyedot banyak waktu adalah usaha di bidang pakaian. Anda bisa membuka usaha ini baik secara online maupun offline, tergantung ketersediaan modal dan waktu. Jika modal mencukupi, Anda bisa membuat gerai sederhana di rumah, di pusat perbelanjaan, atau di lokasi yang strategis.

Namun jika tidak, Anda bisa memanfaatkan media sosial atau marketplace sebagai lapak untuk berjualan. Tentunya, cara kedua ini relatif fleksibel karena bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Hal lain yang perlu diperhatikan, alangkah lebih baik jika Anda fokus pada salah satu produk busana. Entah itu pakaian dan aksesori wanita, anak-anak, atau pakaian pria.

Hal ini jauh lebih baik dibanding Anda menjual semuanya sekaligus. Alasannya, agar target pasar lebih terarah, terencana, tepercaya, dan tampak lebih eksklusif.

5. Bisnis Makanan atau Kuliner

Bisa dibilang, bisnis makanan adalah jenis bisnis yang tak lekang oleh zaman. Bisnis ini selalu favorit untuk digeluti karena menyangkut kebutuhan pokok hidup manusia. Meski memang, untuk bisa menekuninya Anda harus memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan terkait dunia kuliner.

Terdapat banyak pilihan jenis usaha yang bisa dicoba; mulai dari pembuatan kue, katering, warung makan, hingga restoran atau kafe. Tentunya, pilihan usaha tersebut harus disesuaikan dengan ketersediaan modal, waktu, dan kemampuan Anda.

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu dan modal, Anda bisa memulainya dari usaha kue dan katering. Karena jika tidak memungkinkan untuk berjualan setiap hari,

Anda bisa menerima pesanan di waktu atau acara tertentu. Misal, untuk hari besar agama atau acara-acara perusahaan seperti gathering.

6. Pom Bensin Mini

Pom bensin mini juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang tepat, terlebih jika daerah tersebut jauh dari SPBU. Anda hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli alat pompa, agar sistem penghitungan liter bensin lebih terpercaya.

Pastikan bahwa Anda tidak mematok harga per liter terlalu tinggi dari harga resmi. Namun, juga perhitungkan margin keuntungan agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

7. Jasa Desain Grafis dan Content Creator

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang lain, seperti desain dan tulis-menulis, bisnis ini bisa menjadi sampingan yang tepat.

Anda bisa menawarkan jasa secara pribadi kepada rekan dan kolega, atau bisa bergabung ke beberapa marketplace online.

Perlu diketahui bahwa jasa ini sangat dibutuhkan di era digital; tak lain karena konten berperan penting dalam strategi marketing dan branding. Materi ini banyak dicari jasa pembuatan desain logo, spanduk, banner, maskot, poster, interior, dan lainnya.

Baca juga: 8 Tips Memulai Bisnis Online Agar Sukses Mampu Anda Raih

Bisnis ini pun relatif fleksibel, Anda bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja sesuai kondisi dan waktu luang. Yang terpenting adalah kreativitas dan loyalitas untuk taat deadline.

Nah, itulah beberapa ide bisnis untuk karyawan yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.

Updated: —

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap