7 Tips Pemasaran Efektif Era Digital Internet

Ingin sukses dengan bisnis online? Simak dulu 7 tips cara pemasaran efektif di era digital ini.

Era digital telah menghadirkan ruang baru untuk berbisnis. Bisnis tidak lagi harus dilakukan secara tatap muka, melainkan lebih efektif dipasarkan secara online. Internet telah menjadikan pemasaran lebih mudah dan dengan biaya yang juga lebih murah.

Berbagai media sosial bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis Anda. Bahkan, bisnis konvensional pun mau tidak mau juga harus didukung dengan cara pemasaran produk secara online.

Pemasaran digital

Tak ayal, tantangan bisnis era digital telah beralih pada bagaimana agar produk Anda bisa menonjol di tengah produk-produk sejenis yang bertebaran di internet. Tak perlu bingung dan khawatir, berikut tips pemasaran efektif di era digital.

1. Kembangkan Content Marketing

Karena wajah bisnis Anda berada di dunia maya, konten menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Konten tak hanya berfungsi sebagai penarik agar pembaca mengunjungi situs Anda, tetapi juga bisa berperan sebagai sarana branding usaha atau bisnis.

Dari konten inilah orang akan mengenal sekaligus menilai seperti apa produk atau bahkan usaha tersebut.

Apalagi, konsumen masa kini cenderung lebih tertarik dengan konten yang soft selling dibanding hard selling. Mereka harus terlebih dulu diberi wawasan terkait produk dan manfaatnya, daripada langsung diberi penawaran jual-beli.

Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu menghadirkan konten-konten menarik yang bisa mengoptimalkan situs atau akun Anda di mesin pencari. Caranya, yakni dengan membuat konten yang ramah SEO (Search Engine Optimization).

2. Promosi Melalui Platform Media Sosial dan Marketplace

Mengingat banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, cara pemasaran melalui platform ini wajib dilakukan. Apalagi, hampir semua media sosial telah menyediakan fitur iklan; baik yang berbayar maupun gratis.

Pilihan iklan pun bermacam-macam, mulai dari teks, gambar, hingga video. Selain media sosial, kini Anda juga bisa mempromosikan produk melalui marketplace, seperti Lazada, Tokopedia, Shoppe, dan lainnya.

Agar tak salah langkah dalam memilih platform tempat promosi, ada baiknya jika Anda terlebih dulu mengidentifikasi target pasar. Misal, usaha Anda bergerak di bidang fashion atau kecantikan, maka platform yang cocok adalah Facebook, Instagram, dan marketplace seperti Shoppe dan Lazada.

Alasannya, umumnya konsumen dari produk ini menggunakan media sosial tersebut. Begitupun jika Anda bergerak di bisnis penjualan barang elektronik, disarankan untuk memilih marketplace yang menyediakan layanan pembayaran kredit.

3. Tampilkan Visual Produk yang Menarik

Jika pada bisnis konvensional barang bisa dilihat secara langsung, bisnis online hanya mengandalkan tampilan visual (foto) sebagai gambaran produk. Oleh karenanya, foto yang ditampilkan harus semenarik mungkin agar bisa menggaet perhatian calon pembeli.

Tak hanya itu, tampilan foto ini juga dapat mencerminkan seperti apa identitas dari bisnis Anda. Jadi, konsistenlah dalam urusan desain promosi karena hal tersebut bisa menjadi nilai plus bagi usaha Anda.

4. Memanfaatkan Influencer Media Sosial

Popularitas para influencer (selebgram, YouTubers, dll) yang semakin meroket bisa Anda manfaatkan untuk menjalin kerjasama dalam hal promosi produk. Anda bisa membayar mereka untuk me-review atau menulis status yang berkaitan dengan produk atau jasa usaha Anda.

Tentunya, dengan ribuan hingga jutaan followers yang mereka miliki, hal ini jauh lebih efektif dibanding hanya mengandalkan akun pribadi atau bahkan iklan Facebook/Instagram semata.

Namun, pastikan bahwa selebgram yang dipilih telah sesuai dengan target pasar usaha Anda. Karena jika tidak, promosi ini pun tidak akan memengaruhi followers mereka untuk membeli produk Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih!

5. Beralih pada Mobile Marketing

Sebenarnya, istilah mobile marketing di sini merujuk pada aplikasi atau situs bisnis yang dibuat khusus untuk perangkat mobile (smartphone). Dalam artian, situs bisnis yang awalnya memiliki tampilan ala desktop, kini telah diubah menyesuaikan dengan tampilan pada smartphone.

Langkah ini berdasar pada fakta bahwa mayoritas konsumen di Indonesia lebih banyak dan lebih sering menggunakan smartphone dibanding harus membuka laptop atau komputer. Termasuk juga ketika mereka akan bertransaksi.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengubah situs website menjadi mobile friendly. Tak hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkan jasa pemasaran mobile berbayar melalui Admob.

6. Beriklan melalui Google (Google AdWords atau Google Display Network)

Tak bisa dimungkiri bahwa Google adalah mesin pencari yang paling banyak diminati. Karenanya, beriklan melalui cara ini terbilang cukup efektif karena akan membuat produk atau usaha Anda muncul di urutan teratas.

Google sendiri menyediakan beberapa pilihan cara pemasaran, di antaranya adalah Google AdWords dan Google Display Network. Google Display Network cocok bagi Anda yang ingin memasarkan produk atau jasa, utamanya yang informasinya harus dicari terlebih dulu melalui mesin pencari Google.

Misal, usaha di bidang kecantikan, fesyen, traveling, kuliner, dan lainnya. Di sini, pengusaha boleh mempromosikan usahanya melalui situs, media sosial dan marketplace dengan menyematkan kata kunci. Dengan Google Display Network, semuanya akan terintegrasi sehingga akan secara otomatis muncul dalam pencarian.

Sedangkan Google AdWords lebih diperuntukkan bagi usaha dengan model Business to Business (BtoB). Cara pemasaran untuk bisnis konvensional yang ingin godigital.

7. Gunakan Pula Email Marketing

Tak banyak orang yang tahu bahwa email juga bisa berperan sebagai sarana pemasaran yang cukup efektif. Promosi atau informasi terkait produk dan jasa bisa Anda kirimkan ke email yang ada di daftar kontak.

Tapi ingat, jika menggunakan email pribadi tidak disarankan mengirim ke banyak kontak karena dikhawatirkan dianggap sebagai spam.

Solusinya, Anda bisa menggunakan toolsemail marketing, seperti GetRespon, Aweber, dan MailChimp. Tools ini memang berbayar, namun dengan begitu Anda bisa lebih efektif melakukan email marketing.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Bisnis Agar Usaha Anda Sukses

Demikian beberapa cara agar pemasaran di era digital lebih efektif dan efisien. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap