7 Tools Photoshop yang Sering Digunakan Oleh Fotografer Handal

Kolomsatu.com – Tahukah kamu bahwa orang yang telah mahir editing dengan photoshop punya tools Andalan? Atau mungkin kamu bertanya:

“Apa sih tools yang paling sering digunakan oleh para profesional photographer?

Nah pada artikel kali ini, penulis akan memberi tahu ke kamu tool apa saja yang paling sering digunakan oleh mereka. Dengan begitu, kamu bakal lebih cepat memahami editing dengan menggunakan aplikasi ini.

Tool Photoshop Profesional

Seperti yang kita tahu, aplikasi photoshop merupakan software yang paling banyak digunakan oleh para photographer handal. Selain karena mudah, aplikasi ini juga memberikan hasil yang sangat memuaskan, tergantung dari keahlian mengoperasikan nya.

Photoshop juga memiliki banyak sekali opsi dan peralatan yang mampu memberikan efek spesial pada gambar. Bahkan gambar bisa dibentuk sesuai dengan keinginan kamu.

Yang penting kamu mahir…

Nah apa saja toolnya :

Selection Tools

Ada 2 metode yang biasanya editor foto melakukan editing. Pertama dengan melakukan editing secara keseluruhan, dan yang kedua dengan metode sebagian.

Untuk mengedit foto secara sebagian, tentu kamu harus mahir melakukan pilihan atau seleksi. Pada photoshop terdapat beberapa tools selection

Nah selection tool jumlahnya sangat banyak, mulai dari marque tools, move tool, rectangular dll.

Tapi yang paling sering digunakan hanya ada 2 yaitu :

1. Move tool

Tools ini dipakai untuk melakukan pemindahan gambar. Nah bagi kamu yang sudah sering editing, pasti kamu sering memindahkan gambar untuk penambahan background dan lain sebagainya.

Nah tool ini sudah menjadi pengetahuan umum. Pasti semua para pengguna photoshop menggunakan tool ini dengan sangat sering.

2. Quick Selection Tool

Quick selection tool digunakan untuk memilih bagian gambar sesuai dengan kontras warna pixel. Nah seorang editor biasanya menggunakan tool ini jika kontras yang akan dipilih sangat berbeda.

Selain karena cepat, tool ini juga sangat presisi yang penting kamu mengatur hardness pada tool ini. Pekerjaan bisa menjadi lebih cepat lho jika kamu bisa menggunakan sesuai dengan kondisi gambar yang akan kamu edit.

3. Marque Crop Tool

Marque tool sering digunakan ketika editor gambar ingin memilih gambar secara cepat. Kamu bisa memilih crop tool rectangular, cyrcle atau magic. Itupun sesuai dengan kondisi foto yang ingin kamu edit.

Agar kamu lebih cepat mahir, silahkan explore penggunaan tool ini. Karena tool ini sangat bermanfaat untuk mempercepat proses editing kamu.

Tools Layer

Inilah tool yang paling diunggulkan dibidang editing foto di photoshop. Jika kamu mahir menggunakan layer, maka kamu sudah bisa melakukan modifikasi foto sesuai dengan selera kamu. Selanjutnya kamu pahami fungsi dari filter filter yang ada.

Ketika memanfaatkan layer, ada beberapa tool yang sering digunakan yaitu:

4. Adjustment Layer Curve

Untuk tool yang satu ini kegunaannya adalah untuk merubah brighnes dan komposisi warna secara cepat.

Caranya bagaimana? Sangat mudah, setelah Anda memiliki layer, silahkan buka adjusment layer curve. Selanjutnya arahkan kursor kamu pada grafik yang ada. Rubah sesuai dengan keinginan kamu agar foto yang ada lebih terlihat menarik.

Bisa jadi foto hasil jepretan kamu agak gelap, nah dengan tool ini kamu dapat merubah nya menjadi lebih cerah lagi.

Tool ini memang sangat sering dipakai. Selain karena proses penyesuaian brightness dan komposisi warna yang cepat, tool ini mampu memberikan gambaran susunan pixel yang tepat pula.

5. Adjustment Layer Hue Saturation

Tidak berbeda jauh dengan tool diatas. Pada tool yang satu ini berfungsi untuk merubah warna secara keseluruhan.

Dengan beberapa perubahan saja, kamu sudah dapat melakukan perubahan warna yang sesuai dengan selera kamu berdasarkan komposisi yang Ada.

Misalkan kamu ingin merubahnya menjadi lebih warm, lebih cold atau lebih terlihat dominan pada suatu warna tertentu.

Agar kamu lebih mahir, silahkan coba tool ini sesering mungkin untuk menemukan apa saja kegunaannya. Misalkan untuk menyesuaikan brighnes setelah foto kamu di jepret dan lain sebagainya.

6. Teknik Mask

Sesuai dengan nama tool ini. Tool ini berfungsi untuk membuat area pilihan yang ingin di edit pada gambar kamu. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat editing pada layer sesuai dengan selection yang kamu buat.

Jika kamu mahir teknik ini, sudah dapat dipastikan kamu akan mampu membuat berbagai macam kreasi dan kemampuan kamu soal editing menjadi lebih profesional.

Filter Tool

Pada aplikasi photoshop juga terdapat beberapa tool filter yang paling sering digunakan oleh para profesional fotografer.

Mau tau? Berikut ini ulasannya.

7. Filter Raw

Kegunaan fitur ini adalah untuk melakukan editing pada file dari hasil jepretan kamre RAW. Sehingga dengan filter ini, kamu dapat melakukan editing secara cepat.

8. High Pass

Fitur ini berfungsi untuk memberikan efek yang lebih tajam pada hasil foto Anda. Dengan demikian, hasil jepretan lebih terlihat jelas.

9. Reduce Noice

Tool ini berfungsi untuk memberikan tambahan efek ketajaman atau blur pada suatu gambar. Ada dua opsi tambahan yaitu Gaussian blur dan Radial blur.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan yang Menarik Di Photoshop

Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan bagi kamu. Agar kamu cepat mahir bermain photoshop, cobalah sering latihan dan lihat juga bagaimana teknik fotografer profesional melakukan editing foto mereka. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap