17 Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjajikan

Mungkin ada diantara kita yang berfikir bahwa usaha yang menjanjikan hanya bagi orang yang bertempat tinggal di kota. Ternyata tidak demikian, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di desa. Buktinya banyak kisah sukses pebisnis desa yang bisa kita baca dari berbagai media.

Pendapat yang mengatakan peluang di kota itu lebih baik memang ada benar dan ada juga tidak. Jika untuk ke jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar sih iya. Karena biasanya perusahaan bisnis besar dan gaji tinggi sering berada di pusat keramaian kota.

Akan tetapi, di desa  juga memiliki kesempatan untuk sukses, yakni dengan membuka usaha sendiri. Asalkan kita mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

Peluang usaha di desa atau kampung

Agar kita cepat ketika mencari ide, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

a. Survey peluang yang ada di desa Anda terlebih dahulu

Coba perhatikan dan cermati, apa saja kebutuhan masyarakat yang belum ada di desa sekitar lokasi Anda. Atau apa saja peluang usaha yang masih memiliki prospek tinggi. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa melakukan survey sendiri atau bertanya kepada kerabat, orang tua dan teman.

b. Dimana minat atau bakat yang Anda miliki

Usaha yang dijalankan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dapat memberikan dampak positif. Anda akan sangat serius ketika menjalankan bisnis tersebut. Untuk itu perlu kita cari terlebih dahulu dimana bakat dan minat yang kita miliki.

c. Amati tiru dan modifikasi (ATM)

Jika ingin sukses cepat, belajarlah dari orang yang tepat. Maksudnya adalah belajar dari orang yang sudah ahli pada bidang yang ingin ditekuni. Jangan belajar dari orang yang hanya jago teori.

Selanjutnya modifikasi agar usaha Anda lebih hebat. Metode ini sering disebut dengan istilah ATM (Amati Tiru dan Modifikasi)

Contoh berikut ini merupakan peluang usaha yang bisa kita kerjakan di desa. Ide berikut ini di tujukan bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses. Jangan kira orang desa tidak bisa sukses lho.

1. Usaha bidang hidroponik

Usaha di desa

Justru masyarakat kota yang kekurangan lahan, mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Nah jangan mau ketinggalan dengan mereka. Apalagi hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana caranya.

Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang luas. Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan.

  1. Media memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Karena tanaman butuh nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  2. Media harus memiliki struktur yang gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  3. Nilai kandungan garam yang rendah
  4. Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  5. Bebas hama agar tanaman tumbuh dengan optimal
  6. Memiliki kandungan kapur atau kalsium

Setelah mengetahui beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih media hidroponik, berikut ini ada beberapa jenis media yang paling sering digunakan.

  • Rockwool
  • Arang sekam
  • Cocopeat / sabut kelapa
  • Perlit
  • dll

Dibutuhkan beberapa pengetahuan agar Anda mampu mengembangkan bisnis hidroponik yang sukses. Sekarang ini internet telah membuat semuanya menjadi semakin mudah. Manfaatkan Google untuk mencari informasi tambahan untuk Anda.

2. Pertamini / Pom bensin mini portable

Usaha di desaSering kali ketika kita ke desa, sangat sulit untuk menemukan pom bensin. Nah jika memang kebutuhan bbm terbilang cukup tinggi serta dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka pom bensin mini.

Peluang ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan pada wilayah desa yang mulai maju.

Gambaran besar rincian modal usaha pertamini

  • Harga satu uni pertamini berkisar antara = Rp : 5.000.000
  • Biaya modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp 7500 = Rp 750.000
  • Biaya operasional listrik selama per bulan = +/- Rp 60.000
  • Alat keselamatan seperti portable pemadam kebakaran = Rp 150.000
  • Biaya tambahan lain = +/- Rp 1.500.000
  • Gambaran total kebutuhan = Rp 7.460.000

Itu tadi hanya gambaran modal secara garis besar saja, untuk modal yang akurat tergantung dari lokasi, jenis peralatan yang dipilih dan lain sebagainya.

Pom bensin mini memang lebih menarik jika dibanding dengan kios konvensional. Sekarang ini Anda bisa mencari peralatan pertamini dengan mudah. Perkembangan pertamini di desa bisa dibilang lumayan bagus. Semua tergantung dari pilihan diri sendiri.

Untuk penjual peralatan tersebut, silahkan cari dari sumber terpercaya seperti

  • Bukalapak.com
  • Tokopedia.com

3. Ternak Ayam Kampung Menggunakan 3 Sistem

Usaha di desa ternak ayam kampung

Seperti yang di kutip dari beberapa sumber bahwa pada tahun 2015 hingga 2016 kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Sementara itu, peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% – 30% saja.

Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternak ayam kampung merupakan peluang usaha yang lumayan menjanjikan.

Ada 3 metode yang bisa Anda coba ketika ingin beternak ayam kampung.

Pertama : Metode Umbaran

Metode umbaran sangat popular dikalangan masyarakat pedesaan. Sebab metode ini tidak membutuhkan perawatan khusus.

Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung dengan cara tradisional yaitu membiarkan ayam mencari makanan sendiri, Anda hanya perlu menyediakan kandang untuk tempat ayam berteduh saat hujan atau tidur saat malam hari.

Pada umumnya, ternak ayam kampung metode umbaran dilakukan dengan skala yang masih kecil. Anda bisa menggunakan sistem ini jika Anda memiliki lahan yang luas sekali. Jadi ayam tidak akan mengganggu tetangga sebelah.

Kedua : Metode Semi Intensif

Metode semi intensif adalah dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tak lepas kemana – mana. Sebagai contoh membuat pagar dari jaring ikan, atau dengan pagar tertentu pada hamparan lahan yang ada.

Metode ini membuat Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol. Baik dari segi makanan, kesehatan dan pertumbuhan ayam kampung itu sendiri.

Ketiga : Metode Intensif

Metode intensif yaitu ayam kampung dikandang sepanjang hari, tidak dilepas kemana – mana. Cara ini memang membutuhkan modal, terutama untuk pembuatan kandang ayam dan biaya pakan.

Metode intensif memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, perlu pengetahuan yang cukup agar proses ternak dan biaya dapat memberikan keuntungan.

4. Peluang usaha kuliner

Usaha di desa kuliner

Pada tahun 2016, Berdasarkan informasi dari beberapa sumber pemberitaan mengatakan bahwa pada kuartal ke II tahun 2016 saja, industri dibidang makanan dan minuman bertumbuh sebesar 8%.

Mengapa bisa seperti itu?

Usaha kuliner tidak akan pernah ada habisnya dan akan terus berkembang pesat seiring pertumbuhan penduduk. Artinya selama manusia membutuhkan makanan, maka selama itu pula usaha kuliner tetap dibutuhkan.

Walaupun kita tinggal di desa, bukan berarti tidak bisa menjalankan usaha kuliner.

Apa sebabnya?

Sebab sektor industri kuliner memiliki jenis produk yang sangat bervariasi. Sehingga, banyak sekali target market yang bisa kita bidik.

Teknik pemasaran juga bervariasi, seperti sistem pre – order (pesan lalu kirim), memasarkan langsung, menggunakan media online, atau membuka warung.

Usaha di desa selengkapnya baca : 11 Contoh Peluang Usaha Kuliner Menarik dan Laris Dipasaran

5. Pulsa Hp dan Token listrik PLN juga bisa dijalankan di desa dengan modal yang relatif kecil

Bisnis jualan pulsa di kampung

Jangan salah..

Perkembangan jaringan selular untuk keperluan komunikasi dan internet kini telah merambah ke pelosok desa. Kita bisa melihat bangunan tower pemancar signal pemancar ada dimana – mana. Dan itu akan terus bertambah.

Nah Anda bisa membuka usaha pulsa elektrik ini di desa.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan ?

Hanya peralatan sederhana saja, yaitu semua jenis HP yang bisa digunakan untuk SMS. Jadi HP jadul pun masih bisa digunakan untuk jualan pulsa elektrik ini.

Agar lebih mudah, bisa menggunakan smartphone. Karena smartphone lebih canggih dari segi pilihan transaksi, seperti menggunakan Yahoo, What ap dan lain sebagainya.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Tanyakan ke orang terdekat di sekitar Anda untuk mencari dimana agen pulsa terpercaya. Jangan sembarangan, kalau bisa tanyakan langsung ke tukang pulsa yang telah sukses.

Untuk modal awal, Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Misalkan Rp.50.000. Akan tetapi lebih besar lebih baik untuk stok cadangan jika ada yang membeli pulsa lebih banyak dari modal tersebut.

Pulsa elektrik untuk apa saja?

  • Untuk pengisian pulsa semua operator
  • Untuk pengisian token listrik PLN
  • Menjual Voucher Game

Kunci utama agar bisnis ini bisa sukses adalah, usahakan uang cash setiap kali ada konsumen yang membeli, lalu buat catatan yang lengkap agar keuangan Anda sehat. Usaha tipe seperti ini sangat rawan dengan bond (bayar belakangan).

6. Rental Playstation

Hati – hati..

Untuk menjaga hubungan dengan masyarakat. Atur jadwal bermain dan melarang anak sekolah bermain saat jam sekolah.

Salah satu trend game yang terus digandrungi oleh para pecinta game adalah Playstation. Game ini terbilang sangat terkenal dimana – mana.

Anda bisa membuka usaha ini dengan catatan Anda harus bertanya terlebih dahulu pada orang yang telah terlebih dahulu membuka usaha ini. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan gambaran. Apa saja keuntungan dan kendala yang sering dihadapi.

a. Berapa modal yang dibutuhkan?

Sekarang ini sudah banyak suplier PS3 yang menyediakan paket lengkap usaha ini. Harga satu unit lengkap LCD dan console PS3 Biasanya dikisaran antara 3 – 5 juta rupiah per unit.

b. Analisa Keuntungan

Harga rental rata – rata saat ini perjam sekitar 3500 rupiah untuk wilayah pedesaan. Untuk wilayah kota besar dengan fasilitas VIP bisa lebih mahal, bahkan mencapai lebih dari 5000 rupiah.

Nah Anda bisa kalikan sendiri berapa keuntungan yang akan diperoleh dalam satu jam,

7. Rental Band

Usaha yang satu ini memang butuh modal. Anda bisa membeli peralatan band. Kemudian sewakan dengan hitungan jam. Sama seperti rental Playstation diatas. Biasanya daerah pedesaan masih jarang yang membuka usaha ini.

Harga rental dihitung perjam berkisar antara 30 hingga 45 ribu rupiah perjam. Jika dalam satu hari rental band Anda disewa 5 jam, tentu hasilnya sudah lumayan. Hanya saja Anda perlu pengetahuan musik.

Apa saja alat yang diperlukan

  • Satu set drum ( Bekas juga bisa)
  • 2 atau 3 gitar untuk bass, rythm dan lead beserta sound sistem sederhana saja
  • Vocal sound sistem untuk suara

Selanjutnya, buat kamar untuk rental band yang kedap suara agar tak mengganggu tetangga sebelah.

8. Beternak Kroto

Bagi Anda yang hobi beternak. Anda bisa mencoba usaha budidaya kroto. Kroto yaitu semut rangrang. Harga per kilo gram telur semut ini sangat mahal, karena keberadaannya di alam lepas sudah jarang ditemukan.

Sementara kebutuhan telur semut kroto ini sangat tinggi, seperti untuk pakan ikan dan burung.

Harga telur kroto untuk pakan burung berkisar hingga 150 ribu rupiah per kilo gram. Cara ternaknya juga cukup mudah.

Cara beternak kroto biasanya dilakukan dengan membuat rak, lalu sediakan toples untuk tempat bertelur. Biasanya dalam satu toples bisa menghasilkan panen sekitar 1 hingga 2 ons.

Untuk periode panen ternak kroto sekitar 15 – 20 hari, dan itu tergantung dari cara perawatan yang Anda lakukan. Nah semakin banyak jumlah toples yang Anda buat, tentu jumlah panen bisa lebih banyak lagi.

9. Usaha kerajinan tangan juga bisa merambah pasar nasional dan global (Industri Kreatif)

Kutipan yang diperoleh dari acara Inacraft 2017 mengatakan ekspor kerajinan tangan dari negara Indonesia meningkat hingga 1.35%. Sementara pasar Indonesia hanya mampu memenuhi 1.41% saja.

Tak peduli jika kita tinggal di desa atau kampung. Kita tetap bisa memasang target pasar nasional bahkan internasional.

Ya!! Peluang usaha industri kreatif seperti kerajinan bisa dikatakan sangat menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Sekarang ini, banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan seperti, kerajinan dari bahan bekas, tas dari daun, berbagai hiasan untuk rumah tangga dan ribuan jenis kreasi lainnya.

10. Membuka usaha pangkas rambut atau salon

Bisnis di desa pangkas rambut

Anda bisa membuka salon cukur rambut. Usaha ini terbilang sangat menjanjikan. Harga cukur rambut sekarang ini berkisar 15,000 rupiah. Bayangkan jika dalam satu hari Anda bisa mencukur rambut 10 orang. Penghasilan Anda sudah mencapai 150 ribu perhari.

Jika Anda sudah terkenal, mungkin bisa lebih dari 10 orang perhari. Apalagi Anda bisa ramah ketika melayani pelanggan. Tentu banyak yang akan menjadi pelanggan setia Anda. Walau terlihat dan terkadang diremehkan. Profesi ini hasilnya lebih besar dari pegawai kantoran.

11. Membuka bimbel

Usaha di desa kursus

Sekarang ini kesadaran akan betapa pentingnya pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbel mungkin belum cukup popular di wilayah pedesaan. Akan tetapi, jika memang tingkat kebutuhan pendidikan tinggi, Anda bisa memulai usaha ini di daerah pedesaan.

Jika Anda menguasai komputer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel komputer. Anda bisa menyediakan peralatan komputer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang sering kita temui pada kursus – kursus komputer.

Selain bidang komputer, masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia dll.

12. Toko Sembako

Toko sembako (Sembilan bahan pokok) merupakan jenis usaha yang terus di gemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu di wilayah kota maupun desa.

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia setiap saat, jadi tidak akan pernah ada hentinya. Usaha ini juga cocok untuk diperhatikan jika Anda telah melakukan anlisa yang lengkap terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa tips sebelum membuka toko sembako

  • Posisi dan lokasi warung
  • Jenis produk yang akan dijual
  • Catatan yang lengkap mengenai keluar masuk barang
  • Ramah melayani konsumen
  • Memberikan harga kompetitif pada salah satu produk untuk daya tarik warung usaha Anda. Sebagai contoh ada sayur yang dihargai dengan harga murah.

13. Warung sarapan atau Toko Kelontong

Toko kelontong juga termasuk usaha di desa yang lumayan menjanjikan. Terutama bagi daerah yang sedang berkembang.

Warung sebenarnya bukan hanya menjual kelontong saja, bisa diselingi dengan produk makanan dan minuman lain. Seperti jus, kue – kue basah, kerupuk, pulsa elektrik, es batu dan lain sebagainya.

Jadi, warung sarapan atau toko kelontong bisa dikembangkan menjadi waserba (Warung Serba Ada). Tergantung kreatifitas dan kejelian kita dalam menangkap peluang bisnis yang ada di desa.

14. Menjual Aneka Bibit

Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh bibit kelapa sawit, karet, bibit cabai, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda.

15. Usaha perkebunan / Bercocok tanam

Masyarakat desa memang terkenal memiliki lahan yang luas. Dengan demikian banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memanfaakan lahan untuk berkebun.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita olah menjadi hasil perkebunan, berikut ini beberapa contohnya.

a. Daun Sup / seledri

Budidaya seledri atau dengan nama lain daun sup sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang hobi bertani.

Harga daun sup bisa berkisar 5000 hingga 50.000 ribu rupiah, bahkan lebih, tergantung dari lokasi dan pasar di daerah Anda. Untuk daerah admin sendiri harga daun sup menembus angka 70.000 ribu rupiah. Sungguh fantastis bukan?

a. Kebun kelapa

Harga kelapa sekarang ini memang cenderung naik, terutama di wilayah yang memang belum banyak pohon kelapa. Nah bagi Anda  yang memiliki lahan, kebun kelapa cukup menjanjikan. Anda bisa menjual hasil panen ke penampung atau membuka warung sekaligus menjual santan kelapa.

Anda bisa menjadi penampung sekaligus jika Anda memiliki modal yang cukup. Cari agen terlebih dahulu, kemudian pancing dengan hasil panen yang telah Anda miliki.

Perawatan kebun kelapa terbilang cukup mudah. Pohon kelapa hanya perlu bersih dan tanah yang cocok untuk tumbuh. Tidak ada perlakuan khusus agar pohon kelapa bisa berbuah.

c. Kebun cabai

Ide selanjutnya yaitu kebun cabai, harga cabai juga tak kalah menarik dengan harga daun seledri diatas.

Agar hasil perkebunan lebih maksimal, belajarlah dari orang yang telah mahir dibidang ini. Karena kebun cabai memiliki beberapa penanganan khusus agar hasil nya lebih banyak.

16. Budidaya ikan

Usaha di kampung ternak ikan

Budidaya ikan juga merupakan binsis yang boleh dikatakan menjanjikan di desa. Apalagi jika pasar yang ada diksekitar desa Anda masih minim pemasok ikan di pasar.

Untuk itu, langkah yang paling penting ketika ingin memulai usaha budidaya ikan adalah, cobalah untuk mencari kemampuan pasar terlebih dahulu. Cari dengan lengkap, dimana agen dan distributor ikan. Ketahui kekuatan pasar dan ketahui berapa harga masing – masing jenis ikan.

Dengan mengumpulkan data seperti seperti cara diatas, kita dapat menghitung apakah budidaya ikan cocok untuk dijalankan.

Berikut ini ada beberapa jenis ikan yang bisa di budidaya

  • Ikan hias : Ikan mas koi, Arwana, Cupang, Lougan, Gurame, Oscar, Rainbow fish, Man fish dll.
  • Ikan untuk kebutuhan : Ikan Nila, Betutu, Lele, Belut, Galah, Gurame, Kepting dll.

17. Bisnis Online

Bisnis online merupakan bisnis yang bisa dikerjakan dari mana saja tanpa batas dan waktu. Jaringan internet memang tersebar luas, mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Dengan adanya perkembangan seperti ini, kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berbisnis.

Pertanyaannya, apakah Anda ingin manual produk sendiri, menjual produk orang lain, atau menjual jasa?. Dengan mengetahui kriteria bisnis yang ingin Anda jalankan, Anda bisa mengetahui strategi seperti apa yang ingin diterapkan.

Sebagai contoh, anda memiliki kemampuan menulis artikel. Anda bisa mencoba menjadi penulis artikel lepas. Ada banyak sekali website yang menerima penulis lepas. Biasanya, website atau blog besar, selalu menyewa beberapa penulis untuk mengisi konten mereka.

Jika ingin menjual produk dan jasa yang Anda jalankan di desa, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Pengguna media sosial saat ini cukup tinggi di Indonesia. Tentu ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Kesimpulan :

Apapun bisnis yang Anda jalankan, faktor yang paling penting adalah kemauan untuk bersabar dan tekun berusaha serta mengembangkan diri agar bisa mencapai sukses. Kita bisa belajar dari orang – orang yang telah sukses yang sesuai dengan bidang kita.




Updated: September 30, 2017 — 9:23 pm

2 Comments

Add a Comment
  1. terimakasih atas info yg sangat bermanfaat
    semoga sukses selalu
    mungkin bisa kasih tips gimana caranya uasaha yg sudah dirintis tetep bisa eksis dan punya daya saing di dunia uasaha

    1. Terimakasih kembali, salam sukses. Saran yang sangat menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap