Ada Beberapa Cara Mencari Ide Artikel dan Berikut ini Tipsnya

Semua penulis pasti pernah merasakan yang namanya tidak memiliki ide ketika ingin menulis. Itu wajar dan manusiawi. Hanya saja yang membedakan adalah usaha yang dilakukan. Ada penulis yang cepat menemukan ide kembali karena berusaha, ada pula yang malah cuma garuk – garuk kepala padahal enggak gatel. Pengalaman..

Tapi adakalanya ketika kita kebanjiran ide, malah jadi enggak jelas mau menulis ide yang mana, iya kan?

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa kita coba untuk mendapatkan ide. Sehingga, kita bisa lancar dan produktif ketika membangun sebuah blog. Semoga penjelasan berikut dapat membantu Anda ketika ingin menemukan ide sebanyak mungkin.

Mencari Ide

Dengan mengubah judul artikel dari manapun.

Silahkan Anda coba cari blog, website, portal berita, majalah yang masih satu tema. Sebenarnya beda tema juga enggak masalah, yang penting ada judul artikelnya. Lalu sediakan alat tulis manual, gunakan buku dan bolpoin itu lebih bagus.

Sekarang perhatikan, apa saja judul artikel yang ada, lalu cobalah rubah kalimatnya.

Contoh judul : Tips cara mencari ide artikel untuk tulisan blog

Maka kita rubah sesuai dengan tema blog. Contoh dibawah ini hanya gambaran saja, Anda bisa merubah sesuka hati Anda.

Tema bisnis : Cara mencari ide bisnis yang menarik.
Tema blog : Cara Menemukan ide ketika ingin membangun blog baru
Tema otomotif : Cara mencari ide warna untuk modifikasi motor

Cara diatas memang sangat umum dan sering dibagikan oleh teman – teman blogger lain. Anda bisa mencoba dengan variasi lain. Catat semua variasi judul yang Anda miliki pada alat tulis tadi.

Nah langkah selanjutnya, cari referensi, lalu tulis artikel Anda sesuai dengan judul yang telah Anda catat. Renungkan terlebih dahulu kira – kira bagaimana teknik dan cara penyampaian Anda. Jangan kopi paste, mbah Google bisa marah.

Gunakan Mesin Pencari Canggih

Mesin pencari seperti Google sekarang ini sudah canggih. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari untuk mencari ide artikel. Ketik kata kunci yang ingin Anda kembangkan, lalu cobalah perhatikan hasil pencarian yang ada.

Ada berbagai macam fitur yang bisa kita manfaatkan. Seperti dengan memperhatikan sugested keyword, memperhatikan related keyword dan memperhatikan judul – judul yang tampil.

Gunakan Keyword.io dan UbberSuggest

Tool yang satu ini memang sangat membantu ketik kita ingin mencair ide. Anda bisa mencoba keduanya. Silahkan masuk pada situs mereka lalu cobalah tulis kata kunci disana.

Tool tersebut akan memberikan keyword saran yang sebenarnya bisa kita jadikan judul posting. Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda bisa mendapatkan ratusan judul terkait.

Tool tersebut sebenarnya sering digunakan untuk melakukan riset keyword. Saya rasa sama saja, bisa digunakan untuk menemukan ide dan judul artikel yang lebih baru.

Dari keyword saran yang muncul, Anda bisa menerapkan teknik pertama, yaitu dengan melakukan modifikasi jika ingin lebih bervariasi.

Mulai ketik apa saja

Teknik selanjutnya, Anda bisa mencoba memancing ide dengan cara mengetik apapun yang ada di pikiran Anda. Cobalah buka alat tulis seperti MS word atau dasbor WP Anda, lalu tulis apa saja yang ada di pikiran Anda.

Menulis bisa membuat stimulasi otak untuk berpikir dan mengaitkan antara apa yang sedang Anda ketik dengan ide lain. Dari kegiatan semacam ini, dapat membuat ide baru muncul.

Jelajahi Forum satu Niche

Coba bergabung pada beberapa forum yang masih satu topik dengan blog. Atau Anda bisa bergabung dengan group tersebut. Lalu carilah pertanyaan yang ada pada group, catat dan jadikan judul posting artikel.

Banyak sekali grup atau yang bisa Anda tinjau, seperti di media sosial Google plus, Facebook, twiter, yahoo answer, kaskus, ads id.

Berikan jawaban dari semua pertanyaan yang mereka berikan, jika artikel sudah selesai, Anda bisa sekalian promosi disana. Jawab pertanyaan mereka dan berikan artikel di blog Anda.

Perbanyak Membaca

Tips yang satu ini juga paling umum. Banyak sekali penulis hebat di luaran sana menyarankan kita untuk selalu rajin membaca. Karena membaca dapat memberikan stimulasi otak untuk terus berpikir.

Kegiatan membaca dapat memancing ide untuk muncul seketika. Apalagi jika kita membaca dengan santai, tanpa ada tekanan karena ingin mencari ide. Biasanya ide bisa datang begitu saja.

Anda bisa membaca dari sumber artikel di internet, koran, majalah atau buku di perpustakaan.

Selain dapat memunculkan ide, membaca dapat menambah kosakata dan wawasan. Jadi, membaca merupakan kegiatan terbaik agar ide Anda semakin banyak.

Cek kembali Artikel Blog Anda

Untuk memperbaiki kualitas artikel dan menemukan ide baru, Anda bisa membaca artikel lama. Maksudnya artikel lama yang ada pada blog Anda.

Biasanya, kegiatan membaca ulang artikel lama pada blog Anda dapat memunculkan ide baru. Terutama ide yang saling terkait. Anda bisa mencoba metode ini dan temukan ide yang saling berhubungan, baik itu solusi terbaru atau judul baru sesuai artikel lama di blog Anda.

Baca juga : Menulis Artikel Dengan Cara Cepat Tanpa Edit, Editing Belakangan

Kesimpulan :

Itulah tadi beberapa cara menemukan ide artikel. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda coba. Jika ada ide dan cara lain yang Anda miliki selama ini, silahkan share pada form komentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bisa membantu dan membuat Anda selalu saja memiliki ide cemerlang. Selamat mencoba dan salam blogging.




Updated: September 30, 2017 — 10:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap