Affiliate Marketing dan Seberapa Besar Potensi Bisnisnya

Apa itu Affiliate Marketing

Apa tujuannya kita mengetahui Affiliate marketing? Tujuannya adalah, agar kita bisa menilai, apakah bisnis ini layak untuk di coba atau tidak. Kemudian kita bisa mengetahui prinsip dasar tentang affiliate marketing tersebut.

Apa itu Affiliate marketing? Bagaimana prospeknya? Pertanyaan ini sering sekali kita tanyakan ketika kita ingin mengenal atau ingin memulai bisnis Affiliate marketing. Affiliate marketing pada dasarnya adalah menjual produk orang lain, lalu kita mendapatkan keuntungan dari komisi bagi hasil. Berapa besaran bagi hasilnya? Tergantung ketentuan dari penyedia affiliate.

Bisnis affiliate marketing tidak membutuhkan modal yang begitu besar, sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai bisnis internet akan tetapi tidak memiliki produk sendiri. Yang dibutuhkan adalah kemampuan menjual melalui media online.

Sebagian para affiliate marketer memanfaatkan website untuk promosi. Mengapa? Alasan utamanya karena trafik dari search engine merupakan cara terbaik dan gratis. Akan tetapi kita harus paham terlebih dahulu bagaimana cara membangun blog yang dapat mendatangkan trafik tinggi.

Selain menggunakan media blog pribadi, ada juga affiliate marketer yang menggunakan media sosial, iklan melalui Google Adword, forum dan lain sebagainya.

Untuk melakukan promosi, kita hanya perlu menyediakan link yang telah diberikan oleh penyedia jasa, nah setiap kali ada pengunjung yang melakukan pembelian melalui referensi link Anda. Maka Anda akan mendapatkan komisi.

Dari sekian banyak cara yang ada, yang paling banyak dan paling popular adalah dengan menggunakan media website.

Membuat website pribadi atau blog membutuhkan pengetahuan tentang konten yang menarik, on page seo dan off page seo. Semua itu dilakukan agar blog mampu muncul terbaik di mesin pencari.

Bahasa juga memegang peranan lho dari segi rasio pendapatan yang akan diperoleh. Bagi Anda yang menguasai bahasa Inggris itu merupakan kabar yang menggembirakan. Karena rasionya sangat besar sekali, Anda bisa mendapatkan profit lebih besar berkali – kali lipat.

Bukan hanya untuk affiliate marketing, untuk blog publihser Adsense juga seperti itu, Anda bisa mendapatkan CPC yang sangat besar jika Anda bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Lalu bagaimana dengan blog berbahasa Indonesia?

Saya rasa sama saja, tergantung dari segi trafik. Jika blog Anda bisa mendatangkan puluhan ribu trafik perhari hasilnya tentu sangat besar. Tapi bagaimana caranya agar blog bisa mendatangkan trafik tinggi?

Begini..

Untuk membuat blog yang mampu mendatangkan trafik kunci pentingnya adalah ada pada kualitas konten yang Anda tulis. Kita sering mendengar istilah konten is the king, atau kita juga bisa mengatakan reader is the king.

Agar blog bisa tampil nomor satu di mesin pencari, perhatikan pembaca Anda, berikan yang terbaik.

Memberikan yang terbaik untuk pembaca bukan hanya faktor kualitas tulisan saja, masih ada faktor lain, seperti kecepatan akses blog Anda, tipografi dan desain blog. Nah poin – poin tersebut saya rasa sudah menjadi modal yang cukup besar bagi Anda yang ingin menjalankan affiliate marketing menggunakan media blog.

Pilih dan carilah penyedia affiliate marketing yang benar – benar popular. Mengapa? Karena dapat menentukan reputasi Anda nantinya. Semakin berkualitas dan di percaya produk yang Anda tawarkan, tentu Anda akan memperoleh nama baik bukan?

Amazon merupakan salah satu contoh penyedia jasa affiliate marketing yang paling popular. Sudah berdiri sejak lama sekali dan sampai saat ini masih menjadi primadona bagi para pemain internet marketer.

Produk yang ada juga sangat banyak, sama seperti market place, penjual dan pembeli menjadi satu pada situs tersebut. Beragam produk yang bisa Anda pilih, mulai dari buku hingga peralatan elektronik tersedia pada situs Amazon tersebut.

Langkah selanjutnya lakukan riset,

Riset juga tergantung dari cara Anda melakukan promosi. Bagi Anda yang menggunakan media blog sebagai saran promosi, riset yang dilakukan berupa niche atau ceruk pasar. Hal ini berdasarkan kata kunci dan tingkat persaingan.

Cari kata kunci yang ramai pencari akan tetapi sangat minim persaingan. Dengan cara ini blog Anda menjadi elbih mudah muncul di mesin pencari.

Anda bisa menggunakan Google keyword planner untuk melakukan riset. Atau jika Anda memiliki dana, Anda bisa memanfaatkan situs spesial untuk melakukan riset SEO yaitu Semrush dan Ahreff.

Bagaimana potensi bisnis affiliate marketing?

Jika kita lihat dari tingkat pertumbuhan internet dunia, bisnis affiliate masih terus berpotensi besar, terutama bagi Anda yang bisa mendatangkan trafik dan mengerti bagaimana cara promosi yang benar. Dengan demikian agar tujuan tersebut tercapai, gunakan media online sebagai media belajar dan praktek.

Baca juga : Sumber Penghasilan Bisnis Online yang Menarik Untuk Disimak

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu affiliate marketing. Memang benar, affiliate marketing masih begitu popular sehingga bisnis ini masih layak untuk dijalankan. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda yang ingin memulai bisnis affiliate marketing. Salam sukses selalu.




Updated: October 12, 2017 — 10:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap