Agar Bisnis Sukses Jadi Kenyataan, Begini Cara Mempersiapkannya

Sukses merupakan keinginan semua orang. Namun mengapa ada yang sukses dan ada yang masih mengejar sukses tersebut? Ini pertanyaan yang patut dijawab jika kita ingin mengambil bagian sebagai orang yang sukses menurut terjemahan masing masing.

Mengapa terjemahan masing masing?

Sukses itu tergantung dari apa yang menjadi target pencapaian Anda. Apakah Anda ingin sukses dalam karir engineer? Karir penerbangan? Pertanian? Bisnis? atau apapun itu yang menjadi impian sukses menurut Anda.

Berikut ini ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan agar sukses menjadi kenyataan.

Bisnis sukses jadi nyata

1. Think Big “Selalu berpikir besar”

Pikiran memegang peranan penting dalam kesuksesan hidup seseorang. Anda tentu sering mendengar pernyataan bahwa pikiran positif sangat memberikan pengaruh pada kesuksesan seseorang.

Pernyataan tersebut memang benar, pikiran memberikan pengaruh pada rutinitas dan keputusan yang Anda ambil.

Berikut ini bagaimana teknik agar Anda selalu berpikir besar.

Teknik ini dikutip dari buku “Berpikir Besar” karya David J. Schwartz.

Hanya ada dua sisi yang menjadi supervisor dalam pikiran kita. Pertama sisi tuan kemenangan, dan yang kedua sisi tuan kekalahan.

Anda harus master terhadap sisi tuan kemenangan. Caranya cukup mudah, yaitu melatih tuan kemenangan agar lebih kuat berpengaruh.

Dengan cara selalu memberikan pertanyaan “Mengapa?”

Contoh :

Mengapa saya layak untuk sukses?

Pertanyaan mengapa saya layak untuk sukses akan memancing otak memproduksi alasan mengapa Anda layak untuk sukses. Semakin sering ditanyakan, maka semakin kuat sisi tuan kemenangan memproduksi alasan dan ide kreatif untuk sukses tersebut.

Dampaknya sisi tuan kemenangan akan terus menguasai pikiran Anda karena sering dilatih. Sama seperti olah raga, semakin sering fitnes, otot Anda pun semakin kuat.

2. Persiapkan diri untuk disiplin Agar bisnis sukses

Disiplin merupakan faktor wajib yang harus dimiliki jika ingin sukses. Sifat disiplin sebenarnya bisa dilatih sejak dini. Jangan mununggu lagi, segeralah untuk menguasai kemampuan disiplin sejak sekarang ini.

Mengapa harus segera?

Time is money sobat.

Jadi…Agar bisnis sukses Anda menjadi kenyataan :

Anda harus mau mengatur waktu mulai dari sekarang. Mulailah untuk disiplin seperti dalam hal ibadah, bekerja, olah raga, bangun tidur pagi, makan, sarapan dan berbagai aspek lainnya.

Nah saat Anda memiliki bisnis, Anda akan menjadi terbiasa dengan disiplin.

Pengusaha sukses didunia saja sibuk dengan pekerjaannya. Semakin besar usaha malah membuat mereka semakin disiplin mengatur usaha mereka.

Memanfaatkan waktu memang penting, itulah mengapa keluar istilah time is money, semakin jago Anda memanfaatkan waktu maka semakin jadi kenyataan kesuksesan Anda.

3. Berani mengambil keputusan untuk take action

Sehebat apapun ide bisnis Anda tidak akan menjadi apa apa jika Anda tidak segera bertindak. Disini lah letak poin yang membedakan antara orang yang sukses dan orang yang tidak.

Mengambil keputusan bukan pekerjaan mudah bagi sebagian orang, karena biasanya mereka dihadapkan pada pemikiran tentang resiko.

Padahal jika mau melakukan analisa dan belajar tentang ide tersebut, pikiran akan mencari alasan bagiamana untuk take action.

Jika Anda berani mengambil keputusan, sudah dapat dipastikan Anda akan take action atau bertindak. Anda pun mampu menemukan solusi agar bisnis sukses Anda terwujud.

Jika ide hanya ada di pikiran saja, Anda tidak akan pernah memiliki bisnis. Untuk itu segeralah take action dan berani mengambil keputusan untuk menjalankan ide Anda.

Selanjutnya dari pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki, Anda akan terbiasa berbisnis, mengetahui ilmu bisnis dan paham mana yang harus Anda lakukan untuk kesuksesan Anda.

4. Mental dan tekad yang kuat

Memiliki mental juga penting agar bisnis Anda bisa sukses. Sama halnya dengan berpikir besar diatas.

Mental dan tekad yang kuat berarti sikap terus maju dan pantang menyerah, terus berusaha walaupun bisnis sukses Anda telah tercapai. Cara ini akan meningkatkan pencapaian Anda menjadi lebih baik.

Dalam berbisnis, kendala itu biasa, akan tetapi fokus kita adalah mencari solusi untuk mengatasinya.

Walaupun demikian, saat bisnis sudah berjalan lancar, mental dan tekad masih harus tetap dijaga agar kesuksesan Anda terus meningkat.

5. Belajar dari orang yang tepat

Belajar dari orang yang sudah berpengalaman dalam bisnis dibidang yang sama sudah tentu akan membantu Anda mencapai kesuksesan. Karena orang yang berpengalaman memahami apa yang tidak ada diteori.

Orang yang sudah berpengalaman pasti tahu pengetahuan tentang lapangan, dunia nyata saat terjun di bisnis yang tidak ada dalam teori.

Belajar dan carilah orang yang sudah terbukti, bukan hanya sekedar omongan saja, tapi terbukti nyata dari hasil yang dilihat.

Teori sih penting, tapi lebih penting pengalaman, karena pengalaman merupakan pelajaran yang paling berharga dalam dunia bisnis. Untuk itu, jangan segan untuk mencari para mentor Anda, panutan atau siapapun yang bisa memberikan pengalaman terbaik untuk Anda.

6. Miliki motivasi

Motivasi akan membentuk sikap optimis Anda menjadi lebih besar. Motivasi bisa diciptakan dengan berbagai cara, seperti dengan membuat tujuan besar Anda, memikirkan bagaimana saat bisnis Anda besar.

Atau…

Anda dapat mencari bacaan yang memotivasi diri sendiri, berbincang bersama para entrepreneur sukses. Selain itu, ada banyak sekali artikel motivasi yang bisa Anda baca melalui internet. Silahkan temukan dan buatlah menajdi suatu kebiasaan Anda.

Motivasi sama seperti bahan bakar kendaraan, ianya berfungsi sebagai penggerak Anda untuk selalu bertindak.

7. Sikap optimisme

Selain motivasi, optimisme juga harus menjadi bagian dari diri Anda. Bayangkan saja bagaimana saat bisnis Anda telah menjadi besar. Apa yang bisa Anda lakukan? apa yang akan Anda rasakan?

Jangan ragu untuk membuat rencana karena yakin terwujud “Optimis”.

Sikap optimis membentuk fokus yang terarah, Anda akan selalu mencari solusi dan bukan alasan. Kuasai teknik ini agar bisnis sukses bisa dicapai.

Baca juga: Tips Agar Sukses Menjadi Entrepreneur Muda Bagi Pemula

Kesimpulan :

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan dan dapat memberikan inspirasi bagi Anda.

Agar sukses berbisnis memang membutuhkan usaha, tidak ada yang bisa instan. Sebagian besar pebisnis sukses dunia pasti pernah melalui proses hingga sukses tercapai.

Jika ada ide ataupun tambahan, silahkan saja tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: June 25, 2018 — 5:30 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap