Mengenal Apa Itu Accelerated Mobile Pages (AMP)

Apa Itu Google AMPPembahasan tentang AMP saat ini masih hangat diperbincangkan oleh rekan – rekan blogger. Terutama bagi blogger yang memperhatikan kecepatan loading blog. Kemudian karena merasa tertarik, saya mencoba untuk mencari tahu tentang hal ini. Apa sih sebenarnya Google AMP itu? dan apa efeknya untuk blog? Biar enggak penasaran yuk coba kita bahas apa itu Accelerated Mobile Page (AMP) dan manfaatnya untuk blog.

Hadirnya smartphone dan tablet telah nyata merevolusi pengguna internet. Dimana sebagian besar pengguna internet sekarang ini menggunakan perangkat mobile mereka untuk membaca berita, mencari informasi, komunikasi dll. Sehingga perlu adanya penyesuaian pada design website/blog yang ada selama ini. Mengapa demikian? Design website/blog metode lama cenderung tidak begitu cepat saat diakses dengan mobile browser.

Setelah saya membaca kesana kemari, ternyata Amp merupakan sebuah proyek yang diciptakan oleh Google untuk mempercepat akses website pada perangkat mobile. Dengan penerapan AMP, halaman website atau blog bisa di akses dalam waktu yang relatif lebih cepat. pengguna internet hanya memerlukan beberapa detik saja untuk membuka sebuah halaman. Tentu hal ini sangat menarik untuk diterapkan.

Saya pun semakin penasaran dan mencari informasi tentang apa itu Amp, dan berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil.

  1. Amp merupakan proyek Google yang dirilis pada Februari 2016 dengan tujuan untuk mempercepat loading halaman website/blog saat diakses menggunakan mobile browser.
  2. AMP merupakan singkatan dari bahasa Inggris yaitu Accelerated Mobile Page.
  3. Project AMP bersifat open source sehingga pengguna bisa melakukan modifikasi atau bisa mengembangkan AMP menjadi semakin baik.

Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa, AMP merupakan sebuah inovasi baru. Yaitu Inovasi untuk mengikut perkembangan pengguna internet melalui perangkat mobile. Lantas karena kita sebagai pengelola blog, sudah tentu mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Karena kita tahu bahwa, user experience merupakan faktor yang paling utama agar blog kita bisa sukses.

Manfaat Menerapkan Amp

Dengan mengetahui tujuan dan fungsi AMP sebenarnya kita sudah bisa mengetahui apa saja manfaat yang didapat ketika mengimplementasikan Google AMP dengan benar. Penjelasan berikut ini merupakan kesimpulan saya sebagai seorang pemula. Jika ada pendapat lain, silahkan isi pada kolom komentar.

a. Membuat Pembaca Merasa Nyaman

Apa tujuan kita membuat artikel? Sebagian besar sudah tentu bertujuan agar dibaca kan? Nah agar pembaca merasa nyaman dengan artikel yang ditulis tentu pengalaman pertama yang harus diperhatikan selain kualitas artikel adalah kecepatan loading page. Semakin cepat loading halaman web/blog Anda maka pembaca akan merasa nyaman. Semua pembaca dan pengguna internet ingin mendapatkan kecepatan akses.

Pembaca yang merasa nyaman dan tahu bahwa blog Anda ringan dan cepat saat diakses, biasanya tertarik untuk membaca artikel lain pada blog. Apalagi didukung oleh navigasi yang jelas. Lagi pula, visitor yang membuka lebih dari satu artikel pada blog Anda membuat persentase bounce rate menjadi semakin turun. Hal ini membuat bounce rate blog menjadi semakin kecil. Bounce rate bisa dilihat pada dashboard Google analytics. Faktor seperti ini bisa meningkatkan kepercayaan search Engine pada blog Anda.

b. Bisa Menambah Pengunjung Blog

Blog yang berkualitas selalu memiliki pembaca setia. Pembaca setia didapat ketika blog anda memberikan pengalaman terbaik. Seperti tingginya kualitas konten dan kecepatan akses web/blog tersebut. Dengan menggunakan AMP Pembaca setia yang menggunakan mobile browser akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan pengguna desktop.

Mungkin Anda pernah membaca penelitian dari perusahaan kelas kakap yang bergerak dibidang internet. Mereka bisa mendapatkan selisih penghasilan yang sangat besar ketika ada perubahan dalam kecepatan akses. Walau hanya dalam hitungan detik, perubahan yang terjadi sangat signifikan.

c. Beban Server Menjadi Semakin Ringan

Bagi pemilik blog yang masih menggunakan sumber daya terbatas, menggunakan AMP ternyata dapat menurunkan pemakaian sumber daya yang digunakan. Karena dalam proses transfer data pada AMP tidak lagi dengan melakukan request css dan java script seperti biasa. AMP sudah di design sedemikian rupa hingga lebih cepat dan ringan.

Cara Mengaktifkan Accelerated Mobile Page

Bagi pengguna cms WordPress saat ini sudah tersedia plugin untuk mengaktifkan fitur AMP ini. Hanya dengan memasang plugin AMP saja WordPress Anda sudah bisa diakses dengan versi AMP. Sedangkan untuk pengguna blogger saya sendiri belum paham bagaimana caranya. silahkan Anda cari tutorial lengkap tentang bagaimana memasang AMP pada blogger dan WordPress.

Untuk pengguna WordPress cara mengaktifkan AMP memang cukup mudah. Hanya setelah memasang dan menjalankan plugin AMP tersebut, Wordpress Anda telah aktif dengan versi AMP yang sedang kita bahas sekarang ini.

Apakah Mendukung Iklan Publisher?

Seperti yang kita ketahui bahwa, tujuan utama project Google AMP bertujuan untuk mempermudah pengguna dan publisher. Project ini bertujuan agar kecepatan akses antara pengguna dan penyedia iklan dapat sama – sama mendapatkan keuntungan dari akses dan perkembangan teknologi saat ini. Untuk itu, kita tidak perlu khawatir tentang hal ini, karena sudah tentu sangat mendukung iklan bagi seorang publisher. Pemilik blog bertujuan agar blog memiliki visitor yang tinggi, hal ini memang selaras dengan tujuan dari AMP itu sendiri, yaitu mempercepat loading blog dari segi pengguna internet mobile.

Baca juga : Pentingnya Kecepatan Loading Website Dari Segi Bisnis

Kesimpulan :

Sesuai dengan keinginan para pemilik web/blog agar mendapat visitor yang tinggi, maka Google AMP memang layak untuk diperhatikan dan diterapkan pada blog. Karena sesuai dengan namanya yaitu akselerasi kecepatan pada halaman mobile. Sehingga Anda tidak perlu lagi memikirkan tentang kecepatan akses blog Anda saat diakses menggunakan handphone atau tablet.

Kita juga tahu bahwa, harga smartphone dan tablet sekarang ini cukup murah, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi jaringan internet yang terus tumbuh dari waktu – ke waktu. Pertumbuhan seperti ini membuat trend akses internet banyak dilakukan melalui perangkat ponsel dan tablet. Nah bagi pengelola website/blog sudah tentu menjadi keharusan agar kecepatan akses juga dirasakan oleh pengguna mobile.

Saya sendiri belum mempelajari terlalu jauh tentang hal ini. Mungkin penjelasan diatas masih belum lengkap dan masih banyak kekurangan karena saya juga sebagai seorang pemula dibidang blog. Jika ada tambahan dan pertanyaan silahkan Anda tulis pada form komentar dibawah ini.




Updated: June 10, 2017 — 7:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap