Apa Itu E-Payment Serta Bagaimana Konsep Pembayaran Elektronik

Bagi Anda yang telah terbiasa berbelanja menggunakan media internet, mungkin Anda mengetahui apa itu E-payment. Ya, hanya dengan menggunakan media internet, Anda sudah bisa berbelanja dari manapun dan kapanpun.

Dengan demikian, Anda tak lagi antri atau macet – macetan dijalan raya, cukup dengan perangkat yang terhubung ke internet, Anda sudah bisa berbelanja. Selanjutnya hanya menunggu barang di kirim dan sampai kerumah Anda.

Apa Itu E-Payment

Lalu, apa itu E-payment dan apa saja modelnya?

E-payment adalah sistem pembayaran elektronik yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara.

Sistem pembayaran elektronik terus mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hal ini disebabkan karena penyebaran teknologi model e-banking system dan trend belanja online yang terus meningkat.

Berikut Metode Electronic Payment atau E-payment

Jika ditinjau dari metode yang digunakan, E-payment dibagi menjadi dua. Apa saja itu? Berikut ini 2 metode e-payment.

1. Cash E-payment System

Sistem ini dikenal dengan istilah EFT (Electronic Funds Transfer) yaitu sistem transfer dari satu bank ke bank lain secara tunai tanpa uang cash berbentuk fisik. Artinya transaksi yang dilakukan berbentuk data digital yang tercatat antara pihak – pihak terkait.

Sementara itu EFT juga memiliki beberapa konsep diantaranya adalah:

  • Direct debit
  • E-check
  • Electronik Billing
  • Electronik Cash (E-cash), dan
  • Stored value Card

2. Credit Payment System

Sistem ini juga memiliki beberapa konsep diantaranya adalah :

  • Credit Card
  • E-Wallet dan
  • Smart Card

Lalu pertanyaannya adalah, apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan dengan menggunakan E-payment?

Seperti yang kita ketahui bahwa kehidupan masyarakat modern sangat membutuhkan internet. Semua itu disebabkan oleh kemudahan yang ditawarkan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa belanja online kini sudah menjadi trend yang terus berkembang di masyarakat.

Apalagi di ikuti oleh banyaknya pilihan E-commerce yang menggunakan E-payment untuk melakukan transaksi jual beli.

Apa manfaatnya di dunia bisnis?

  1. Dapat meningkatkan performa, karena cepat, tepat, dapat.
  2. Lebih efektif dan efisien ketika bertansaksi.
  3. Fleksibel, Konsumen atau pebisnis dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.
  4. Mudah dari segi penerapan. Karena siapapun bisa menerapkan teknologi ini karena tak butuh keahlian koding yang hebat.
  5. Metode yang digunakan sangat aman karena teknologi yang digunakan sangat tinggi.

Siapa saja yang menggunakan teknologi e-payment?

  1. Pembeli produk atau pengguna jasa. Sebagai contoh orang yang berbelanja di e-commerce, membeli jasa tiket pesawat, membeli token listrik dengan mobile banking dll.
  2. Pihak penjual atau penyedia jasa yang akan menerima transaksi dari pembeli
  3. Isuer, yaitu lembaga bank atau lembaga non bank
  4. Pihak yang memegang regulasi biasanya pemerintah.

Berikut ini beberapa contoh penerapan teknologi E-payment

1. Kaskus

Kaskus yang dahulunya merupakan forum diskusi, kini telah berkembang lebih pesat seiring dengan meningkatnya jumlah pembaca mereka. Kaskus menyediakan fasilitas e-payment yang bernama Kaspay.

Kaspay diluncurkan oleh pihak kaskus tepat pada ulang tahunnya yang ke 10. Nah sekarang ini, pengguna kaskus menggunakan metode tersebut dalam melakukan transaksi untuk melakukan jual beli.

2. Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace yang sangat popular di Indonesia. Tokopedia menyediakan fasilitas untuk kegiatan belanja baik bagi penjual dan pembeli. Tokopedia dapat di ibaratkan seperti pasar. Anda tentu dapat membayangkan sendiri bagaimana kegiatan yang ada di pasar konvensional. Penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi jual beli.

Penjual yang memanfaatkan Tokopedia akan mendapatkan domain khusus. Selanjutnya pembeli melakukan login ke situs tersebut untuk mencari produk – produk yang ditawarkan oleh penjual. Mereka dapat dengan leluasa memilih berbagai macam jenis produk.

3. Bukalapak

Buka lapak sebenarnya hampir mirip dengan market place Tokopedia tadi. Baik dari segi popularitas dan pemanfaatan teknologi yang digunakan. Hanya saja, perbedaannya terletak pada proses transaksi yang dilakukan.

Buka lapak akan mengirim pembayaran ke akun penjual jika barang yang di beli sudah sampai ke tangan konsumen.

Bukalapak juga merupakan marketplace yang sangat popular, berbagai macam produk bisa Anda temukan pada situs tersebut.

Dan masih banyak situs – situ E-commerce lain yang memanfaatkan teknologi Electronic payment ini.

E-commerce memang terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Apalagi ditambah dengan tingkat pengguna internet yang terus mengalami pertumbuhan. Saat ini, Indonesia telah mampu menduduki peringkat ke 5 dunia.

Dengan demikian, memiliki E-payment sistem baik itu bagi pembeli ataupun penjual memang sangat diperlukan. Karena banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan, efisien, praktis, dan aman.

Baca juga : Melirik Perkembangan Bisnis E-Commerce Yang Ada Sekarang Ini

Bagi orang yang sering berbelanja online, tentu mereka sudah sangat familiar. Nah bagi kita yang baru mencoba teknologi ini untuk bisnis, maka tidak ada salahnya kita belajar dan mencari tahu lebih jauh apa saja sistem E-payment yang tersedia.Tujuannya agar kegiatan bisnis yang kita jalankan bisa lebih maju dan bisa memberikan kemudahan bagi konsumen.

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda tentang apa itu E-payment dan beberapa contoh penerapan teknologi tersebut. Jika ada ide dan saran silahkan tulis pada form komentar di bawah ini. Salam sukses selalu.

Updated: September 25, 2017 — 5:35 pm

2 Comments

Add a Comment
  1. karena sekarang masyarakat mau ga mau harus bisa melek teknologi. Dalam perkembangan transaksi juga sekarang sudah banyak perubahan yag dibuat untuk kenyamanan pengguna nya…

    1. Yup benar sekali, Semoga pemanfaatannya bisa lebih maksimal dan terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap