Apa Itu Konten Pilar Dan Beberapa Manfaatnya Untuk Blog

Konten Pilar

Konten Pilar

Konten pilar bisa diartikan sebagai artikel yang memiliki kelebihan dari artikel yang lain pada sebuah blog. Dengan kata lain, konten pilar adalah artikel yang mampu mendatangkan visitor dalam jumlah yang banyak setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Artikel pilar biasanya mampu bertahan pada posisi satu di search Engine.

Bagi seorang blogger tentu berusaha agar blog yang dikelola mampu medatangkan visitor dalam jumlah yang tinggi. Nah disinilah peran betapa pentingnya konten pilar bagi blog Anda. Jadi, buatlah artikel pilar sebanyak mungkin yang Anda bisa agar blog Anda menjadi blog yang berkualitas. Sehingga blog mendapatkan rangking dimata search Engine dan visitor

Membuat konten pilar sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan menerapkan beberapa langkah agar konten bisa benar – benar berkualitas. Setiap orang bebas untuk membuat tips dan strateginya sendiri, Anda perlu kreatif dan mencari solusi untuk menemukan bagaimana cara membuat konten pilar yang bekerja untuk Anda.

Berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara membangun sebuah konten pilar pada blog Anda.

1. Pahami Ide Konten Pilar

Sebelum membuat judul artikel ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap kata kunci yang ingin ditargetkan dan dijadikan sebagai konten pilar. Hal ini bertujuan untuk memperoleh data yang lengkap terkait dengan judul atau tema yang akan ditulis. Melakukan riset pada tema atau ide pokok sebuah artikel memberikan banyak sekali manfaat. Pembaca pun merasa puas dengan artikel yang Anda sajikan karena artikel yang diriset secara detail biasanya menyajikan informasi yang lengkap.

Berikut ini ada beberapa manfaat  yang bisa didapatkan jika kita memahami terlebih dahulu tema atau judul artikel  secara detail.

  • Anda dapat membuat artikel pilar dengan mudah
  • Artikel pilar mampu ranking satu pada search Engine
  • Anda mampu membuat artikel dengan ribuan kata lengkap dengan data – data pendukung.
  • Kalimat yang tertulis pada artikel mampu tersusun dengan rapi dan enak dibaca
  • Anda semakin menguasai tema tersebut

2. Lengkapi Data Konten Pilar

Ketika anda berselancar di internet tentu sering menemukan artikel yang lengkap dengan data pendukung. Mana yang lebih enak dibaca? Jawabannya pasti sama yaitu artikel yang lengkap dengan gambar pendukung seperti, grafik, tabel, gambar ilustrasi dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan konten pilar yang ada pada blog populer, biasanya mereka melengkapi artikelnya dengan gambar – gambar dan data pendukung yang valid. Sehingga artikel menjadi lebih enak dibaca dan menarik perhatian visitor untuk di share kembali di media sosial. Untuk membuat artikel seperti ini sangat mudah untuk dilakukan jika sebelumnya telah dilakukan riset secara lengkap. Jadi luangkan waktu untuk melakukan riset sebelum membuat artikel pilar.

Sebuah gambar bisa memberikan makna seribu kata, jadi buatlah gambar yang benar – benar terkait dengan isi artikel Anda. Gambar yang tepat dapat memberikan pengaruh terhadap isi artikel Anda menjadi lebih menarik berkali – kali lipat. Seperti memperjelas gagasan yang ada pada artikel pilar tersebut sehingga menarik minat baca menjadi lebih tinggi.

3. Buat navigasi yang jelas

Artikel pilar biasanya memiliki navigasi ke beberapa artikel lain sebagai pendukungnya. Artikel pendukung juga harus berkualitas karena secara otomatis sebagai pembahasan pendukung pada artikel utama tadi. Navigasi yang mudah akan menurunkan bounce rate yang terjadi pada blog Anda. Bounce rate menunjukkan bagaimana kinerja navigasi situs Anda, semakin baik navigasi yang dibuat maka bounce rate pun semakin langsing.

Membuat navigasi bisa dengan cara melengkapi artikel pilar dengan memberikan link terkait pada artikel pendukung yang Anda buat pada konten pilar. Sehingga pembaca bisa menemukan informasi terkait pada artikel pilar tersebut. Selain itu navigasi dalam artikel pilar juga mampu mendorong website menjadi lebih baik di mata search engine, karena robot perayapan akan lebih mudah memahami struktur blog Anda dengan lebih cepat.

4. Buatlah artikel Pilar yang tersusun

Biasanya artikel yang tersusun dengan baik adalah artikel yang telah direncanakan atau artikel yang telah di buat draf terlebih dahulu. Setelah melakukan riset seperti yang telah saya sebutkan pada poin satu, selanjutnya buatlah draf artikel dengan baik dan benar. Draf artikel akan sangat membantu anda dalam menjaga isi artikel tetap mengalir dan terususn dengan baik dan enak dibaca.

Aturan membuat artikel memang tidak ada yang baku bagi seorang blogger, Berbeda dengan ujian sekolah yang mengharuskan kita membuat artikel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan. Membuat artikel di blog memiliki perbedaan tersendiri, hal ini bisa dilihat dari gaya tulisan, jenis kosakata yang dipilih dan bagaimana cara penyampaiannya.

Bagi Anda yang rajin membaca artikel di blog – blog populer tentu menemukan gaya penulisan yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Ada yang menulis dengan bahasa yang formal, ada yang biasa saja seperti berbicara, dan lain – lain. Menurut saya jangan terlalu di pikirkan tentang gaya tulisan. Yang penting artikel anda mudah dibaca walaupun dengan gaya bahasa percakapan sehari – hari.

Karena kita juga tahu bahwa blog sangat berbeda dengan buku, blog bertujuan agar dibaca oleh semua kalangan. Jadi gaya penulisan blog bisa dibuat dengan cara seperti berbicara pada teman sendiri. Anda bisa melihat beberapa contoh bagaimana penulis blog yang bertebaran di internet. Perhatikan bagaimana gaya tulisan mereka ketika Anda membaca artikel lepas di blog – blog yang popular.

5. Buatlah Artikel Yang Lengkap

Saya rasa kita semua tahu bahwa artikel pilar haruslah artikel yang bermanfaat, yaitu artikel yang berisi lengkap dengan penjelasan dan lengkap dengan informasi yang menarik, menyelesaikan permasalahan pembaca dan memberikan solusi yang lengkap. Ini merupakan beberapa syarat bagaimana sebuah artikel pilar mampu mendatangkan visitor dalam jumlah yang banyak pada blog Anda.

Posisikan diri Anda sebagai seorang pembaca yang membutuhkan solusi, sehingga anda bisa membuat artikel yang bisa memberikan solusi secara detail kepada pembaca Anda. Dengan cara seperti ini Anda akan mampu menjadi seorang penulis yang baik dan mengerti apa yang diinginkan oleh pembaca blog Anda.

Artikel pilar biasanya terdiri dari ribuan kata, misalkan 1500 kata atau lebih hingga mencapai 2000 kata. Memang ada yang bilang bahwa artikel pilar bisa saja terdiri dari 600 kata. Artikel pilar dengan ribuan kata biasanya merupakan konten yang sangat informatif dan memberikan solusi secara detail walaupun terdiri ribuan kata. Itulah mengapa kita perlu melakukan riset terlebih dahulu agar kita bisa menciptakan konten pilar yang berkualitas

Manfaat Konten Pilar

Setelah kita mengetahui beberapa tips tentang pembuatan konten pilar. Maka selanjutnya kita akan melihat apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat konten pilar. Saya rasa manfaatnya cukup banyak, tidak bisa dijelaskan secara keseluruhan. Saya disini mencoba menjelaskan berdasarkan pengamatan yang saya lakukan terhadap blog – blog populer yang memiliki konten pilar.

  • Mampu menang dan bertahan dengan baik dari kompetitor

Ini sudah jelas, biasanya kata kunci artikel yang berada pada posisi satu search engine merupakan artikel pilar yang sangat berkualitas atau merupakan artikel terbaik dari yang lainnya. Mereka mendapatkan backlink dari blogger lain secara natural. Backlink seperti ini sangat memberikan signal positif bagi search engine untuk memberikan authority pada website tersebut.

Apalagi untuk kata kunci yang memiliki tingkat kompetitor yang tinggi, Artikel yang anda bangun harus benar – benar unik dan memberikan user experience yang luar biasa. Sehingga anda mampu mengalahkan kompetitor yang telah lama menguasai keyword yang memiliki tingkat pesaing tinggi tersebut. Semuanya bisa terjadi, yang penting usahakan konten anda merupakan konten terbaik yang pernah anda buat..

  • Mampu meningkatkan popularitas blog Anda

Visitor blog sudah tentu berbanding lurus dengan popularitas, semakin tinggi travik blog maka peluang blog untuk menjadi populer semakin terbuka lebar. Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi bahwa, artikel / konten pilar mampu bersaing dan mendatangkan visitor yang tinggi. Ini sangat berkaitan erat dengan popularitas blog Anda. Semakin sering blog Anda ditemui di hasil pencari search engine, maka semakin popular blog Anda di mata pengunjung dan search engine.

Jadi dari penjelasan artikel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, konten pilar merupakan artikel yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan artikel yang lainnya. Kelebihan – kelebihan inilah yang membuat artikel mendapat visitor dalam jumlah yang banyak sesuai kata kunci yang dibidik.

Untuk membuat artikel pilar Anda harus membuat penelitian dan pemahaman yang mendalam terlebih dahulu. Lakukan riset secara detail agar Anda benar – benar memahami pengetahuan tersebut. Lalu Anda pun menjadi lebih mudah dalam menyusun sebuah artikel pilar yang fantastis.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Berkualitas Di Blog Bagi Pemula

Semoga dengan penjelasan diatas anda dapat memahami apa itu konten pilar, bagaimana cara membuat nya dan mengetahui apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan cara memperbanyak konten berkualitas di blog Anda secara rutin dan terus menerus.




Updated: April 14, 2017 — 4:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap