Apa Manfaat dan Pengertian Buku Harian Atau Jurnal

Buku harian ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Pertama kali buku harian dibuat yaitu pada tahun 1963 – 1703 oleh seorang administrator angkatan laut. Dan sekarang buku harian tersebut ada di Magdalene College, Cambridge.

Mungkin ada sebagian dari kita yang masih bertanya, apa sih manfaat membuat buku harian? Bagaimana cara membuatnya dan media apa saja yang bisa kita gunakan? Wajar, hal ini karena buku harian tidak begitu popular serta masih dianggap remeh oleh sebagian orang.

Manfaat Buku Harian

Apa itu buku harian? Buku harian atau dalam bahasa Inggris Diary yaitu buku yang berisi tentang catatan pribadi, berupa tulisan perasaan atau bisa berupa pengalaman hidup. Buku harian juga bisa berisi tulisan tentang cerita karangan sendiri, inspirasi dan semacamnya.

Sebelum adanya internet, orang membuat buku harian lewat secarik kertas. Berbeda dengan sekarang, banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk membuat buku harian.

Apa sih manfaat membuat buku harian?

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menulis buku harian, atau membuat journal harian. Semua tidak bisa disebutkan satu persatu. Akan tetapi, berikut ini ada beberapa manfaat yang saya kira menarik untuk diketahui. Apa saja? Berikut ulasannya.

  1. Buku harian dapat membangun kebiasaan menulis. Dengan terus rutin menulis dapat membuat kemampuan menulis Anda menjadi semakin tajam. Berapa pun jumlahnya, asalkan rutin. Misal satu halaman atau beberapa halaman. Yang penting rutin, hal ini dapat memberikan dampak yang baik bagi skill menulis Anda.
  2. Membuat catatan buku harian atau jurnal harian dapat membuat kita menjadi lebih kreatif. Sebagai contoh kita membuat catatan tentang ide yang muncul, membuat beberapa jadwal pekerjaan untuk minggu depan, mencatat pengalaman saat liburan. Dengan membuat catatan seperti ini, dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Mengapa? Ketika membaca ulang, Anda dapat menjaga ide tersebut untuk dikerjakan. Bahkan bisa menyimpulkan suatu ide brilian.
  3. Membuat buku harian bisa membuat Anda menjadi lebih menghargai waktu. Anda bisa menulis ketika ada waktu luang, seperti sambil mendengarkan musik, sambil duduk santai dsb.
  4. Menulis jurnal dapat membuat kita jago melihat dari berbagai sudut pandang. Karena kita bisa membaca kembali catatan – catatan yang telah lalu. Kebiasaan analisis seperti ini dapat membuat daya perspektif menjadi semakin meningkat.
  5. Menambah wawasan, ya, menulis buku harian ternyata dapat menambah wawasan. Anda dapat belajar dari pengalaman masa lalu. Apalagi buku harian ditulis berdasarkan pengalaman – pengalaman Anda. Catatan tersebut tentu tersimpan. Ketika Anda membacanya, Anda dapat menambah wawasan dan menjadi lebih bijaksana.
  6. Membuat buku harian dapat menjadikan ide – ide Anda tercatat dengan baik. Anda dapat menganalisa ulang ide tersebut. Mana yang patut untuk dikerjakan atau direvisi.

Sebenarnya masih banyak. Seperti pada bidang kesehatan, menulis buku harian dapat membantu psikologis Anda menjadi lebih baik. Anda bisa menulis tentang luahan perasaan. Karena menulis dapat menjadi media untuk curhat. Ya walaupun kadang diary bentuk curhat seharusnya bersifat privasi dan tidak dipublikasikan.

Oleh karena itu, buku harian memang lebih popular dikalangan wanita. Sebaliknya, bagi laki – laki lebih cenderung ke jurnal. Yakni catatan buku kecil, bisa berupa catatan ide, list pekerjaan, mind map dan sebagainya.

Apa saja media yang bisa digunakan?

Berbeda dengan zaman dahulu sebelum ada internet. Orang membuat buku harian lewat media kertas. Ada beberapa kelebihan dengan metode alat tulis biasa. Ketika menulis dengan tangan ternyata lebih memberikan dampak yang baik. Metode belajar visual dan kinestetik lebih bekerja ketimbang mengetik.

Walaupun demikian, membuat buku harian tak harus dengan media kertas biasa. Sekarang zamannya sudah canggih. Kita bisa memanfaatkan berbagai macam media teknologi yang ada sekarang ini.

Anda bisa membuat buku harian lewat ponsel yang Anda miliki, lewat media laptop atau menggunakan blog pribadi dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa jenis buku harian menurut media yang digunakan.

  1. Buku harian dibuat dengan menggunakan perangkat elektronik seperti laptop atau komputer. Anda bisa menulis buku harian di Microsoft Word, Notepad, dan aplikasi lainnya. Jika menggunakan media elektronik seperti ini, Anda harus menjaga file agar tak terhapus atau hilang saat Install ulang komputer. Selalu sediakan backup atau bisa dengan menggunakan link pada drive online.
  2. Buku harian ditulis dengan menggunakan media alat tulis biasa seperti buku. Model ini biasanya sangat popular dikalangan wanita. Apalagi yang sedang jatuh cinta, biasanya buku harian cepat penuh, lengkap banget isinya. hehehe
  3. Buku harian dibuat dengan menggunakan media blog. Nah kalau yang satu ini memang harus profesional. Anda harus bijak ketika ingin menulis artikel yang dikonsumsi publik. Patuhi aturan yang ada.

Saat awal trend blog muncul, blog lebih cenderung digunakan untuk catatan diary. Berisi unek – unek dan curhat. Berbeda dengan sekarang, blog telah berubah trend menjadi ladang informasi yang bermanfaat. Menjadi media untuk share ilmu yang dapat membantu orang lain, bahkan bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan ketika blog mendapatkan visitor yang banyak.

Buku harian yang berisi curhat memang bisa dibilang lebih banyak diminati oleh kalangan wanita. Para cowok biasanya lebih suka hal yang logis dan praktis dan jika mencatat pun lebih suka ke pencatatan jurnal. Jurnal kegiatan atau ide – ide outline yang perlu untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Itulah tadi beberapa manfaat dan pengertian tentang buku harian. Yang penting, Anda dapat menulis hal yang bermanfaat. Dapat memberikan perubahan yang positif bagi diri Anda.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap