Apa sih Perbedaan Antara Jaringan 3G dan 4G? Berikut Ini Ulasannya

Perbedaan 3G dan 4G

Walaupun teknologi 4G sudah lama diluncurkan, mungkin ada sebagian dari kita yang masih belum memahami apa perbedaan antara jaringan 3G dan 4G LTE. Nah Agar lebih mudah kita memahaminya, berikut ini akan kita bahas bagaimana perkembangan jaringan internet dari waktu ke waktu.

Internet generasi pertama kita kenal dengan istilah 1G atau Gprs. Kecepatan jaringan Gprs ini mampu mencapai 14,4 Kbps. Selanjutnya muncul inovasi baru yaitu Generasi ke dua, kita mengenal dengan istilah 2G yang menggunakan jaringan TDMA dan CDMA dan mampu mencapai kecepatan 9-14 Kbps.

Setelah 2 generasi tersebut, muncul lagi teknologi baru yaitu 2,5G dengan jaringan GPRS dan EDGE, kecepatannya pun meningkat menjadi 20-40 Kbps.

Generasi ke 3 yaitu 3G, dimana teknologi ini menggunakan jaringan CDMA, EV-DO, UMTS, dan EDGE dengan kecepatan yang semakin meningkat yaitu 500 hingga 700 Kbps. Ada lagi generasi antara 3G dan 4G, generasi ini menggunakan jaringan HSPDA dengan kecepatan yang sudah mumpuni yaitu 7,2 Mbps.

Nah sekarang ini muncul lagi inovasi teknologi generasi ke 4 menggunakan jaringan Wi-Fi, WiMax, dan LTE. Kecepatan akses internet 4G pun terbilang sangat cepat sekali yaitu 100Mbps.

Logo yang muncul di Hp?…

Jika handphone dan kartu Anda sudah support jaringan 4G, maka ketika anda berada di coverage area 4G akan muncul tulisan 4G disamping signal. Untuk itu, Anda perlu melakukan cek coverage area, sim card dan perangkat HP Anda.

Sekarang ini secara garis besar produk Hp terbaru sudah memiliki kemampuan di jaringan LTE. Apalagi banyak sekali tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mencari HP 4G dengan kisaran Harga 1 jutaan.

Benarkah 4G lebih boros?

Seperti pada artikel yang telah admin tulis sebelumnya. Semua jenis jaringan sebenarnya sama saja, tidak ada yang lebih boros. Dari segi download dan upload data tetap sama, bahkan teknologi 4G secara teoritis sangat efisien.

Mungkin Anda mendengar ada yang berpendapat bahwa internet 4G itu lebih boros jika dibandingkan dengan jaringan 3G. Itu hanyalah mitos belaka. Hal tersebut sebenarnya terjadi karena pengguna tak menyadari telah mengakses konten banyak ketika berselancar.

Baca juga : Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota? Berikut ini Penyebab dan Solusinya

Sebenarnya jaringan 3G lebih menekankan pada layanan, terutama untuk layanan telepon dan sms. Berbeda dengan 4G sekarang, lebih mengedepankan kualitas internet.

Kecepatan Jaringan 4G LTE

Teknologi 4G menggunakan jaringan LTE merupakan singkatan dari Long Term Evolution. Kecepatan maksimum yang dicapai untuk download yaitu 299,6 Mbps dan untuk kecepatan upload sebesar 75,4 Mbps.

Walaupun demikian, seperti yang saya kutip dari beberapa situs, kecepatan ini dibatasi sesuai dengan peraturan yang ada. Seperti yang kita ketahui bahwa, setiap negara memiliki aturan sendiri dan cara tersendiri dalam mengatur pita jaringan lebar.

Seperti laporan yang diterbitkan oleh Opensignal, singapura dan korea selatan menjadi negara yang tercepat dan stabil. Hal tersebut terjadi karena negara mereka memiliki infrastruktur internet yang sangat baik.

Frekuensi yang digunakan

Teknologi 4G LTE bisa berjalan pada frekuensi mana-pun. Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa setiap negara memiliki spektrum berbeda pemanfaatannya. Seperti untuk siaran televisi analog dan televisi satelit. Hal ini lah yang menjadi tugas pemerintah untuk membagi spektrum sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Harga Paket 4G LTE?

Jika Anda pengguna Telkomsel, paket internet jaringan 4G bisa dibilang sangat murah sekali. Hal ini karena memang operator sendang mengajak pelanggan-nya untuk mencoba dan merasakan bagaimana kecepatan akses internet 4G.

Bukan hanya operator Telkomsel, operator lain juga sama menawarkan paket 4G dengan harga yang kompetitif. Jadi, sekarang ini harga internet di Indonesia bisa dibilang murah jika dibandingkan dengan dahulu kala.

Perbedaan antara 3G dan 4G terlihat jelas dari segi kecepatan dan jenis jaringan yang digunakan. Untuk itu, bagi Anda yang sudah tercover area 4G, silahkan cari smartphone 4G dan lakukan upgrade sim card Anda ke jaringan 4G jika Anda menggunakan kartu lama dengan nomor yang sama.

Akan tetapi, jika Anda membeli kartu baru, pastikan Anda membeli kartu yang sudah support 4G. Dengan demikian, Anda dapat merasakan sensasi kecepatan akses internet 4G Anda dengan cepat.

Itulah tadi perbedaan antara jaringan 3G dan 4G. Setelah membaca artikel diatas, semoga Anda dapat memahami perbedaan tersebut. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Salam sukses selalu.




Updated: September 22, 2017 — 6:59 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap