Apa Sih Perbedaan Blog Niche Dan Blog Gado-Gado

Perbedaan Blog Niche dan Blog Gado - Gado

Jika kita membahas soal blog niche atau blog gado – gado berarti kita akan membahas tentang tema sebuah blog. Lalu kita coba bahas apa saja kelebihan dan kekurangan ketika kita menerapkan salah satu dari dua jenis blog tersebut.

Untuk lebih memudahkan tentang apa perbedaan kedua jenis blog ini bisa kita mengasumsikan sebagai toko yang sering kita jumpai, di mana blog niche itu seperti toko khusus bangunan, toko khusus handphone jenis tertentu . Nah kalau blog gado – gado bisa kita ambil contoh seperti sebuah toko serba ada.

Untuk lebih jelasnya, Sobat bisa baca pada artikel berikut ini. Sehingga kita bisa mendapatkan gambaran perbedaan dari kedua jenis blog ini.

Apa Perbedaan Antara Blog Niche Dan Blog Campuran

Niche Blog itu membahas khusus pada topik tertentu, atau istilah lainnya seperti sebuah genre. Bisa kita ambil contoh Genre sebuah musik, ada jaz, ada dangdut, ada pop dan lain sebagainya. Begitu juga dengan blog yang hanya fokus pada sebuah topik atau yang di sebut niche blog, tema yang di tulis itu satu topik saja.

Dari sebuah niche blog pun biasanya menambahkan beberapa kategori, misal blog membahas niche teknik sipil, kemudian di beri kategori lagi seperti : Geoteknik, Struktural Engineering, Manajemen teknik, Ekonomi teknik dan lain – lain.

Lalu blog yang bertema gado – gado, isinya tidak terfokus pada satu jenis topik saja. Bisa ada wisata, bisa ada teknik sipil, blogging, tutorial, bisnis, dan lain sebagainya. Yang terpenting haruslah memberikan manfaat dan memiliki nilai positif bagi pembaca.

Blog yang berjenis gado – gado bisa kita ibaratkan seperti musik tadi, dimana semua genre campur aduk di dalamnya. Tidak terfokus pada satu jenis saja, bisa sangat bervariasi .

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan Antara Keduanya

Untuk blog yang membahas satu jenis topik atau yang di sebut niche blog, pembahasannya akan lebih terarah, arah dan nama blognya akan mudah di kenal orang lain. Jika informasi yang di sediakan bisa memberikan solusi bagi pengguna.

Hal ini akan membuat blog yang bersifat niche dapat dengan mudah memperoleh pembaca setia. Dengan syarat, harus berisi artikel yang sangat – sangat bernilai tinggi.
Salah satu kelemahannya yang mungkin nanti bisa muncul adalah kekurangan ide dalam mengisi artikel pada sebuah blog yang bersifat satu topik.

Tetapi ini sepenuhnya tergantung dari pemilik blog itu sendiri. Jika memiliki kreativitas tinggi maka mengisi artikel pada blog niche merupakan hal yang sangat mudah. Sehingga proses mengisi artikel kedepan nya bisa di lakukan terus menerus.

Untuk blog yang berjenis gado – gado juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya bisa seperti kemudahan dalam menulis atau mengisi artikel, karena kebebasan yang di miliki sebuah blog gado – gado tidak terbatas pada satu genre saja.

Asalkan memberikan manfaat bagi pengunjung sebuah blog. Kekurangannya terletak dari tidak mudah untuk bersaing dengan blog yang bersifat spesifik. Akan tetapi Kita juga bisa melihat, banyak juga blog gado – gado yang bisa bertumbuh menjadi besar. Dan jika di lihat harus memiliki tim yang bekerja pada masing – masing kategori pada blog tersebut.

Apa Kemungkinan Solusi Yang Bisa Kita Ambil

Sekarang yang terpenting niat, ubah niat dulu untuk membantu orang lain sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, artinya berilah ilmu yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Jadi jangan hanya fokus pada uang terlebih dahulu, karena dari hasil pengamatan saya membangun blog dengan fokus pada penghasilan akan memberikan dampak yang tidak baik pada psikologi.

Mudah – mudahan dengan terus menyajikan artikel bermanfaat akan membuat blog menjadi ramai pengunjung. So teruslah berkreasi dalam membangun sebuah blog, entah itu blog yang bersifat niche blog atau blog yang campuran.

Ini terkecuali bagi blogger senior, mereka sudah tahu seluk beluk bagaimana perjalanan sebuah blog hingga bisa memiliki pengunjung membludak. Nah kalau seperti kita sebagai pemula, yang memilih topik aja masih bertanya – tanya, maka lakukanlah dengan niat berbagi terlebih dahulu.

Yang penting konsisten saja dalam membangun blog, lakukan dengan telaten dan secara kontinyu. Karena membuat blog yang bisa mendatangkan ramai pengunjung harus tetap konsisten memberikan artikel terbaik. Itu kuncinya menurut saya.

Apa Manfaat Dari Masing – Masing Genre Blog Ini

Untuk meninjau apa saja manfaat dari kedua jenis blog ini kita harus menilai dengan membedakan terlebih dahulu dari masing – masing kriteria. Jika blog bersifat niche maka, secara bersamaan memberikan manfaat kepada orang lain, kita sebenarnya sedang meningkatkan kemampuan pada bidang yang di tekuni tersebut.

Kalau blog yang bersifat gado – gado, secara bersamaan memberikan manfaat kepada orang lain, kita juga akan banyak mendapat ilmu pengetahuan dari berbagai macam bidang. Termasuk mengelola setiap kategori agar memberikan informasi yang berharga untuk pembaca.

Ada lagi manfaat yang bisa di ambil dari aktivitas blogging yaitu, kemampuan kita dalam menulis akan turut berkembang. Menulis sendiri memiliki banyak manfaat yang jika di jelaskan bisa panjang lebar dan harus memiliki judul sendiri.

Karena kita sedang membahas perbedaan antara blog niche dan blog gado-gado, maka ada baiknya kita fokus pada pembahasan ini saja.

Pilih Mana Antara Kedua Jenis Blog Ini

Seperti yang telah di tulis di atas tadi bahwa, masing – masing genre blog memiliki kelebihan dan kekurangan. Silahkan untuk mencari referensi tambahan agar lebih memantapkan dalam mengambil pilihan.

Kalau saya sendiri membuat blog masih belum bisa spesifik, dengan alasan bahwa sulit untuk fokus, yah jadinya begini Anda bisa melihat dari kategori yang ada. Bisa ada teknik sipil, ada wisata tutorial dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang baru memulai dan ingin terjun dan mengembangkan sebuah blog, coba pilih dengan serius dengan cara mencari informasi yang lengkap, lalu tanyakan kepada diri sendiri.

Bagi sobat yang memang memiliki keahlian pada bidang tertentu, maka buatlah blog spesifik sesuai keahlian. Kalau ingin buat artikel bergenre bebas, ya buat blog gado – gado. So tergantung dari pendapat masing – masing.

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran dalam memilih topik atau arah sebuah blog. Fikirkan dan telusuri dengan baik, kira – kira ingin membuat jenis blog seperti apa nantinya.

 

 




Updated: January 22, 2017 — 5:07 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap