Apa Tujuan Membuat Blog? Berikut Ini Beberapa Alasannya

Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang membuat blog. Kita bisa melihat pertumbuhan dunia blog memang mengalami peningkatan yang luar biasa. Setiap hari selalu ada saja blog baru yang tumbuh dan berkembang.

Tujuan Membuat BlogKemajuan dan perkembangan dunia informasi digital sebenarnya memberikan pengaruh pada sektor bisnis. Pelaku bisnis bisa semakin mudah mempromosikan produk lewat iklan. Kalau kita teliti ternyata sama halnya dengan keberadaan jumlah pasar, semakin banyak pasar yang tersedia maka semakin mudah masyarakat untuk membangun bisnis baru dan mengembangkan bisnis mereka.

Sebagian dari kita memang ada yang ingin membuat blog tapi belum bisa terwujud. Hal ini terutama karena belum menemukan alasan yang kuat. Mengapa dan apa tujuan kita membuat blog itu sendiri ternyata dapat memberikan semacam motivasi yang kuat untuk segera membuat blog.

Berikut ini beberapa alasan yang mungkin bisa memotivasi Anda untuk menjadi seorang blogger. Yuk kita simak.

1. Sarana untuk meningkatkan kemampuan diri

Kemampuan diri bisa berkembang ketika kita memiliki sebuah blog, seperti kemampuan untuk menulis, kemampuan untuk memahami teknologi dan lain semacamnya. Hal ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan diri kita.

Blog bisa menjadikan kita lebih aktif untuk mengikuti perkembangan, terutama di dunia digital. Karena, seorang blogger dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan, selalu mau untuk melakukan inovasi baru.

2. Untuk menyalurkan pendapat ataupun ide

Blog memang erat kaitannya dengan konten. Artinya jika memiliki blog kita harus mau untuk belajar menulis konten, terkecuali jika menggunakan jasa atau kerjasama dengan penulis. Dari artikel  yang diterbitkan, terkadang ada semacam pendapat seorang penulis tertuang dalam konten blog mereka.

3. Memasarkan produk bisnis

Blog yang mampu muncul dan mendapatkan serp terbaik di mesin pencari berpeluang untuk mendatangkan pembaca setiap saat. Trafik dari search engine (mesin pencari) merupakan trafik yang paling berkualitas. Mengapa? Karena tertarget.

Pembaca datang berdasarkan keyword yang mereka ketik. Dengan demikian, jika kita memiliki jasa atau produk bisnis, kita bisa memasarkan produk tersebut lewat media blog yang kita kelola.

Selain dengan memasarkan produk atau jasa sendiri, media blog juga mampu menyediakan space iklan, atau menjadi publisher iklan dari berbagai penyedia jasa iklan.

4. Membangun reputasi

Konten yang ada pada blog Anda menunjukkan bagaimana jati diri Anda. Dari blog orang bisa mengenal Anda dengan mudah. Apalagi jika konten yang Anda sajikan merupakan konten yang sangat berkualitas. Pembaca bisa menjadikan blog Anda sebagai referensi.

Jika Anda menguasai sesuatu bidang, lalu Anda bagikan skill tersebut pada orang lain, maka Anda bisa dikenal sebagai seorang ahli pada bidang tersebut.

Perusahaan sekarang ini juga sering melihat profil calon pelamar lewat media online. Nah ketika mereka menemukan blog Anda. Peluang untuk diterima kerja bisa semakin mudah.

5. Ingin pintar menulis

Ada yang bilang menulis itu butuh keahlian, akan tetapi, tahukah Anda bahwa kita sudah belajar menulis sejak sekolah dasar, bahkan hingga bangku kuliah, berapa tahun itu?. Lama kan? Jadi sebenarnya Anda sudah bisa untuk  menjadi seorang penulis blog.

Sewaktu di sekolah, kita sering disuruh untuk membuat karangan. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia, kita selalu diberi tugas mengarang. Kita juga disuruh untuk membuat ringkasan materi pelajaran, mencatat apa yang disampaikan guru, Itu sudah termasuk menulis.

Blog bisa dijadikan sarana untuk latihan menulis. Setelah Anda menyewa hosting, mau tidak mau Anda harus pintar dan rajin menulis artikel. Jadi, blog bisa membuat Anda menjadi terus belajar. Mau memanfaatkan waktu untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan orang lain lewat tulisan blog Anda.

5. Menjalankan Hobi

Mungkin Anda orang yang suka sekali berbagi, suka share ilmu yang bermanfaat, suka membantu orang lain, ditambah lagi Anda hobi menulis. Blog bisa menjadi tempat untuk menuangkan hobi Anda tersebut.

Anda bisa membantu orang lain lewat karya tulisan. Seperti yang kita lihat sekarang ini. Mau belajar apapun sudah tersedia di internet. Selalu ada saja para penulis yang mau share ilmu mereka.

Memang apa yang menjadi latar belakang seorang penulis membuat blog itu berbeda – beda. Akan tetapi, jika Anda hobi menulis, blog bisa menjadi alternatif untuk menuangkan hasil karya tulisan Anda.

6. Membantu orang lain

Lewat blog yang berisi artikel bermanfaat ternyata bisa membantu orang lain. Misal situs atau blog Anda berisi tutorial masakan. Sudah tentu banyak ibu – ibu yang terbantu. Banyak sekali jenis ide dan tema yang bisa kita tulis pada blog. Tidak terbatas jumlahnya. Namun yang paling penting adalah bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

7. Untuk tujuan branding

Dalam promosi, brand bisa merupakan faktor penting. Semakin terkenal brand Anda maka semakin mudah Anda memasarkan produk. Nah blog bisa metode yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda. Anda bisa membuat nama domain berdasarkan brand yang Anda miliki. Setiap blog sudah pasti memiliki nama domain, itu sudah termasuk brand.

Baca juga : Cara Agar Blog Muncul Di Google Supaya Mendapatkan Visitor Organik

Itulah tadi beberapa alasan mengapa blog masih terus berkembang dari waktu ke waktu. Memang masih banyak alasan yang tidak bisa saya sebutkan semuanya. Semoga dengan beberapa alasan tersebut, bisa memotivasi Anda untuk membuat blog, selalu berkarya dan bisa memberikan manfaat untuk orang banyak. Salam sukses selalu.




Updated: June 20, 2017 — 2:55 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap