Apakah Blogwalking Masih Disarankan Bagi Blogger

Membangun blog baru memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi bagi seorang pemula yang baru terjun ke dunia blogging. Membangun blog bukan hanya sekedar membuat konten saja. Akan tetapi, banyak faktor lain yang harus kita lakukan. Salah satunya adalah kegiatan blogwalking.

Istilah blog walking begitu popular. Lalu apa itu blogwalking? Blogwalking yaitu kegiatan mengunjungi atau membaca dan berkomentar di blog – blog lain. Komentar yang kita tinggalkan juga harus relevan dengan isi artikel.

Blogwalking

Blogwalking ternyata dapat memberikan dampak yang lumayan bagus. Mengapa?.. Biasanya, setiap komentar terdapat fasilitas untuk meninggalkan link. Nah inilah yang menjadi sosial signal.

Yang perlu  menjadi catatan adalah, lakukan aktivitas berkomentar di blog orang lain dengan batas yang wajar saja. Jangan terlalu berlebihan agar kesehatan blog Anda tetap terjaga.

Tidak seperti dulu lagi waktu sebelum rilis algoritma panda. Siapa yang paling banyak backlink dia yang menguasai search engine. Kalau sekarang, siapa yang paling berkualitas artikelnya, maka blog tersebut akan menguasai search engine.

Saya rasa, sekarang ini membuat blog menjadi semakin mudah. Kuncinya ada pada kualitas konten. Semakin baik kualitas konten Anda maka semakin tinggi popularitas blog Anda di search Engine.

Jadi, Jika Anda jago menulis artikel menarik, maka kesempatan blog Anda ramai pengunjung menjadi semakin tinggi pula.

Kembali lagi ke pembahasan apakah blogwalking masih bekerja.

Setelah saya baca kesana kemari, aktivitas blogwalking memang masih menjadi metode yang baik untuk dilakukan. Hanya saja harus masih dalam tahap normal. Tidak berlebihan dan relevan dengan blog yang Anda miliki.

Untuk menemukan jenis artikel yang sesuai, Anda bisa mengetik kata kunci artikel yang relevan pada mesin pencari sesuai dengan blog Anda, kemudian baca artikel yang ada pada blog tersebut. Setelah memahami isi artikel, lanjutkan dengan menulis komentar yang menarik.

Komentar yang baik akan diterima oleh pemilik blog bersangkutan. Namun, jika Anda meninggalkan komentar sp*m, pemilik blog tidak akan menerima komentar Anda. Blogwalking Anda pun jadi tidak bekerja dengan baik.

Itulah mengapa komentar yang Anda tulis haruslah bermanfaat, bertanya atau apapun itu asalkan masih berkaitan dengan artikel yang ditulis.

Selain memberikan social signal bagi blog Anda. Blogwalking bisa menjadi ajang untuk mempromosikan diri, saling berinteraksi atau saling mengenal antara satu blogger dengan blogger yang lain.

Sering juga ketika selesai berkomentar, pemilik blog tersebut akan mengunjungi blog Anda kembali dan berkomentar balik. Tentu hal ini bisa menambah pertemanan.

Jad sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mungkin ini yang menjadi penyebab mengapa aktivitas blogwalking masih menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan popularitas blog Anda di search engine.

Ada 2 jenis backlink, pertama jenis dofollow dan kedua jenis nofollow. Jenis dari aktivitas komentar biasanya berupa nofollow. Link nofolow sekarang ini masih masuk kedalam hitungan. Saya percaya akan hal ini. Mengapa? Karena saya melihat saran dari plugin yoast saat menulis artikel.

Selain dua jenis diatas, menurut arah nya juga terbagi menjadi dua. Yaitu inbound dan outbound link. Nah biasanya jenis yang ada pada setiap komentar yang Anda buat pada aktivitas blogwalking berjenis inbound mengarah ke blog Anda.

Outbound adalah link yang mengarah keluar. Sedangkan inbound sebaliknya, yaitu yang mengarah ke blog Anda.

Apakah outbound link disarankan?

Jika Anda menggunakan plugin Seo by Yoast, Anda tentu melihat saran untuk memasukkan link sumber. Jadi menurut saya, outbound rel nofollow masih disarankan. Kepastian nya saya juga belum tahu, lagi pula saya belum melakukan riset tentang hal ini.

Berarti, Anda bisa memasukkan beberapa tautan rel nofollow pada artikel yang Anda buat.. Memang belum banyak yang membahas, akan tetapi, berdasarkan saran dari plugin Yoast, Anda bisa menambahkan tautan sumber data pada artikel, jika artikel Anda terdapat ulasan data. Buat format tersebut dengan rel nofollow.

Kegiatan blogging memang sangat kompleks, apalagi bagi pemula. Selain membuat artikel berkualitas, kita juga berusaha agar blog dikenali oleh orang lain. Lewat promosi dan semacamnya. Yang penting masih  mengikuti pedoman mutu webmaster.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang apakah blogwalking masih disarankan bagi blogger. Jika ada pendapat dan saran, silahkan Anda tinggalkan pada kolom komentar dibawah ini.

Updated: July 30, 2017 — 5:51 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap