Apakah Membuat Bisnis Plan Itu Penting Bagi Pebisnis?

Membuat Bisnis Plan

Ilustrasi Rencana Bisnis

Sebagian besar pebisnis setuju dengan pendapat bahwa membuat bisnis plan itu penting. Akan tetapi di zaman yang modern sekarang ini, kita bisa melihat ternyata ada beberapa pelaku bisnis yang berhasil berkompetisi tanpa plan formal yang mungkin menyesuaikan dengan situasi. Saya masih belum percaya akan hal ini, Anda bisa survey untuk menemukan jawaban pasti, terutama di website berbahasa Inggris. Tetapi saya percaya mereka tetap memiliki plan walau tidak tersusun secara formal.

Arti dari bisnis plan merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yang berasal dari kata bussiness plan yang artinya perencanaan bisnis. Jadi, bisnis plan  dapat diartikan sebagai usaha untuk membuat perencanaan bisnis yang dibuat secara sistematis. Tujuan utamanya agar usaha yang dijalankan lebih terarah sesuai dengan perencanaan.

Tidak peduli sebesar apapun sekala usaha yang sedang Anda kelola, membuat plan bisnis itu penting sekali agar Anda mampu untuk menerapkan beberapa strategi dalam bisnis. Mampu membaca situasi, termasuk membuat beberapa inovasi dalam praktiknya.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa kita harus membuat plan dalam menjalankan bisnis. Anda bisa menambahkan sendiri apa saja manfaat yang kira – kira dapat menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Untuk Memetakan Masa Depan Bisnis Menjadi Lebih Baik

Dengan memikirkan ide dan strategi yang Anda miliki, lalu menuangkan kedalam plan maka Anda dapat mengukur tingkat dan target bisnis yang ingin dicapai secara jelas. Semua tergantung dari kreatifitas kita masing – masing. Sebenarnya membuat plan juga termasuk kedalam manajemen bisnis, yaitu Anda mengatur bagaimana memanajemen keuangan dan memanfaatkan sumber daya bisnis yang ada agar bisa menjadi lebih efektif.

Sebuah plan bisnis dapat membuat beberapa skenario kemungkinan. Artinya ada banyak alternatif yang bisa kita rencanakan sehingga bisnis Anda bisa menjadi sukses dalam jangka panjang. Apalagi pemahaman market Anda kuasai, tentu hal ini memberikan poin yang luar biasa pada bisnis Anda.

Kemampuan Untuk Menguji Sebuah Strategi

Bisnis plan juga akan membantu Anda untuk melakukan identifikasi mana plan yang bekerja dan mana yang tidak. Dengan perencanaan yang jelas sudah tentu jawaban dari setiap strategi tersebut akan terjawab. Anda dapat menerapkan dan memodifikasi strategi yang telah sukses hingga lebih berhasil lagi. Inilah beberapa manfaat yang didapatkan dengan membuat bisnis plan yang memang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Biasanya inovasi datang dari hasil pemikiran yang out of the box, mereka membuat terobosan – terobosan baru yang memang terbukti memberikan hasil yang membuat kita kagum sekaligus termotivasi. Banyak entrepreneur muda sekarang ini berhasil meraup keuntungan dalam jumlah yang fantastis dari hasil inovasi mereka.

Menambah Profesionalisme

Presentasi bisnis yang di gelar pada beberapa perlombaan bisnis inovatif yang bisa Anda saksikan pada even – even yang biasanya diadakan oleh perusahaan. Mereka akan mendapatkan perhatian dari investor jika presentasi plan bisnis yang di pamerkan membeberkan langkah dan strategi konkrit yang menarik.

Bagi pengusaha UKM yang memiliki presentasi bisnis plan yang benar – benar jelas dan berkualitas akan mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah ketika mengajukan proposal. Nah inilah yang disebut dengan tingkat kepercayaan investor yang menurut saya bisa ditingkatkan dengan membuat bisnis plan yang matang dan tersusun jelas.

Tetapi semua faktor pendukung legalitas usaha, seperti izin usaha, surat menyurat serta perlengkapan lainnya telah terpenuhi. Hal ini menjadi catatan penting agar bisnis yang Anda kelola mampu berkembang untuk jangka waktu yang lama.

Mudah Untuk Mengelola Usaha

Ketika bisnis Anda berjalan sesuai dengan perencanaan, maka kita akan tetap memiliki gambaran yang jelas mengenai strategi bisnis dimasa yang akan datang. Kita akan mengetahui strategi mana yang akan diambil, plan mana yang akan diterapkan karena sebelumnya kita telah memiliki data yang lengkap mengenai kinerja strategi yang pernah dibuat.

Jika Anda mau mencari informasi tentang orang – orang yang telah sukses, Anda akan menemukan banyak sekali contoh yang mengatakan bahwa sebagian besar orang yang sukses adalah orang yang mau disiplin. Baik itu disiplin untuk memperbaiki diri ataupun disiplin dengan plan yang telah kita rencanakan dalam menjalankan bisnis.

Secara tidak sadar terkadang kita memikirkan sebuah ide usaha yang selanjutnya kita memikirkan tentang strategi atau cara menjalankannya hingga berhasil. Sebenarnya pemikiran seperti ini bisa menjadi contoh bagaimana membuat plan dalam bisnis. Hanya saja tidak tertulis kedalam konsep yang jelas.

Menulis atau menyusun strategi garis besar perencanaan bisnis bisa dibuat dengan berbagai aplikasi yang ada di internet. Seperti menggunakan aplikasi Imindmap yang menurut saya sangat membantu dalam proses pembuatan bisnis plan. Anda bisa membuat cabang dari setiap ide, kemudian menyusun jadwal rencana kerja yang bisa diatur secara mudah.

Mungkin memang ada sebagian orang yang masih berfikir membuat bisnis plan itu tidak penting. Tetapi saya percaya walaupun tidak tertulis secara formal, tetap saja dalam fikiran orang tersebut terdapat plan yang secara tidak langsung merupakan bisnis plan yang menjadi strategi mereka dalam berbisnis.

Akan tetapi untuk perusahaan yang sudah berskala besar sudah tentu mereka memiliki plan dalam menjalankan kegiatan perusahaan mereka. Struktur mereka pun sudah jelas diatur sedemikian rupa sesuai dengan plan, lengkap dengan devisi yang mengontrol bagian masing – masing.

Mungkin ada sebagian dari kita memang masih sebagai pemula atau dalam tahap mengembangkan sebuah bisnis. Saya yakin jika terus berusaha disertai doa, semua usaha akan membuahkan hasil jika ditekuni dengan konsisten. Kita juga akan memiliki pengalaman yang berharga dari setiap praktek yang pernah dijalankan.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Itu Sebenarnya Bagaimana? Yuk Kita Bahas

Karena dari pengalaman yang didapatkan membuat kita bisa memperbaiki setiap strategi yang pernah dicoba, bahkan mampu untuk menemukan strategi baru yang luar biasa ampuh. Sebenarnya ini juga masih termasuk sebagai keuntungan dengan membuat plan bisnis seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa membuat rencana dalam menjalankan bisnis itu memang penting. Kita menjadi lebih terarah dan bisa membuat pribadi kita lebih termotivasi ketika menjalani aktivitas yang tertuang dalam perencanaan yang kita buat tersebut.

Updated: April 6, 2017 — 3:17 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap