Apakah Membuat Konten Pilar Begitu Penting Untuk Blog

Pentingkah Konten PilarSekarang ini kita sering mendengar istilah konten pilar. Konten pilar yaitu konten atau artikel yang kualitasnya begitu tinggi, terutama pada judul artikel yang banyak dicari. Dengan kualitas yang begitu tinggi membuat posisi judul artikel tersebut mampu rangking satu di search engine dan mendatangkan ribuan pembaca setiap hari. Mengapa demikian? Karena mesin pencari seperti Google sangat mengedepankan kualitas artikel. Semakin baik kualitas artikel yang ditulis, maka semakin baik posisinya di search engine.

Berapa jumlah konten pilar yang harus kita buat? Tidak ada patokan berapa jumlah artikel pilar. Menurut saya sebanyak mungkin, atau kalau bisa semua konten yang ada di blog kita merupakan konten pilar hehe.

Membuat konten pilar tidak sama seperti konten biasa lainnya. Konten pilar memiliki kelebihan dari artikel lain, mampu menarik minat baca dan berisi informasi yang lengkap, tidak bertele – tele dan mudah saat dibaca. Konten pilar biasanya mendapat share gratis dari para pembaca. Itulah kekuatan konten pilar sehingga membuatnya pun butuh riset yang lengkap, memerlukan waktu yang tidak sekejap agar kualitas artikel menjadi lebih baik dari artikel lainnya.

Berikut ini saya buat sederhana saja, mengapa konten pilar itu penting untuk blog Anda dan berikut ini alasan simpelnya.

  1. Mampu meningkatkan popularitas blog Anda
  2. Mampu mendatangkan visitor stabil

1 . Mampu Meningkatkan Popularitas Blog Anda

Seperti yang telah kita ketahui bahwa konten pilar yang mampu menguasai kata kunci popular bisa mendatangkan visitor stabil dalam jumlah yang tinggi. Nah dengan jumlah visitor yang tinggi secara otomatis membuat blog Anda menjadi cepat terkenal kan?

Konten pilar yang sukses biasanya mendapat skor user experience yang tinggi dan mendapatkan rekomendasi berupa share dan backlink. Menurut beberapa sumber artikel blogger lain, faktor seperti inilah yang membuat blog Anda semakin disayangi Google. Karena bot mesin pencari tahu bahwa artikel Anda memang merupakan artikel berkualitas.

Mesin pencari terbesar seperti Google sangat memperhatikan para pengguna internet. Sebagai contoh, ketika ada ibu – ibu mengetik kata kunci cara membuat kue di Google. Nah hasil pencarian yang ditampilkan harus relevan dan merupakan artikel terbaik. Bagi kita pemilik blog tentu harus memperhatikan hal ini. Jadi, buat lah artikel renyah dan enak dibaca serta memiliki kualitas tinggi. Mudah kan?

Berikut ini ada beberapa gambaran bagaimana konten pilar tersebut bisa membuat sebuah blog menjadi populer.

  1. Merupakan artikel terlengkap dari yang pernah ada
  2. Bisa mengundang decak kagum pembaca
  3. Lengkap dengan data pendukung info-grafis
  4. Berisi solusi mudah
  5. Biasanya panjang hingga 2000 kata lebih dan tidak bertele – tele.
  6. Direkomendasikan oleh blogger lain
  7. Artikel mendapat share oleh pembaca ke sosial media mereka

Membuat konten pilar idak bisa diselesaikan dalam waktu yang sebentar. Mengapa demikian? Anda butuh waktu untuk memastikan bahwa data dan cara penyampaian artikel tersebut memang sangat menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kita bisa melihat ada beberapa blogger yang melakukan update seminggu sekali, tetapi visitor blog tersebut justru terus naik dengan stabil dan bisa menguasai kata kunci populer. Penyebab utamanya karena konten yang diterbitkan memang merupakan konten yang terbaik. Jadi, alangkah baiknya jika Anda update artikel setiap hari, buatlah beberapa konten pilar sebagai selingan untuk popularitas blog Anda.

Berbeda dengan website jenis portal berita misalnya. Web portal berita selalu mengejar keyword yang sedang trend. Portal berita selalu update setiap saat, selalu menyajikan konten dengan info terbaru.  Memang ada juga blog pribadi yang mampu update setiap hari bahkan setiap jam, karena pemilik blog tersebut menggunakan jasa penulis.

Ada hal penting yang perlu menjadi catatan Anda. Apa itu?  Tidak semua keyword bisa dibidik dengan menggunakan artikel pilar. Sebagai contoh coba Anda ketik kata kunci beli laptop, maka hasil yang keluar rata – rata berupa website e-commerce. Keyword jenis ini tidak bisa dimenangkan dengan artikel biasa.

Anda bisa melihat bagaimana para penguasa kata kunci popular saat ini di mesin pencarian, rata – rata judul yang berada di posisi satu merupakan artikel berkualitas kan? atau artikel yang bersumber dari website perusahaan dan e-commerce ternama.

Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu jika Anda ingin membuat konten pilar. Lakukan pengumpulan informasi, coba baca artikel yang telah menguasai keyword tersebut. Jika memang layak, maka Anda bisa membuat konten pilar sesuai dengan keyword yang Anda bidik.

2. Meningkatkan Trust Dan Kredibilitas Blog

Konten is the king. Sering Anda mendengar istilah ini kan? ya memang kenyataannya demikian. Konten merupakan faktor penentu kesuksesan sebuah blog. Pembaca merupakan ukuran utama yang sering disebut sebagai user experience atau UX untuk menentukan prestasi artikel yang Anda tulis. Semakin mahir Anda menerbitkan konten berkualitas, maka semakin tinggi peluang blog Anda banjir pembaca. Dengan demikian bisa kita ambil kesimpulan bahwa konten pilar mampu meningkatkan kepercayaan (trust) dari pembaca Anda. Sekaligus hal ini mampu meningkatkan kredibilitas blog Anda tentunya.

Gunakan Google Analytics

Gunakan Google Analytics untuk membantu Anda mengukur kualitas konten yang ada. Karena kita bisa meneliti berapa lama sebuah konten dibaca dengan memperhatikan perilaku pembaca lewat aktivitas log visitor. Google analytics mampu mendeteksi berapa lama sesi setiap pembaca yang berkunjung. Mencatat halaman mana saja yang dibuka dan masih banyak fitur lengkap lainnya.

Untuk memperbaiki sesi pengunjung, bounce rate dll, maka Anda bisa melakukan langkah mudah berikut ini.

  • Buat konten yang menarik dan enak dibaca
  • Buat navigasi blog yang mudah
  • Memperbaiki internal linking
  • Design tampilan blog Anda dan pelajari seni tipografi
  • Mempercepat loading web atau blog Anda

Untuk mendeteksi seberapa cepat loading web/blog. Anda bisa menggunakan tool Google speed insight. Tool ini memberikan hasil analisis dan memberikan solusi apa saja yang perlu Anda perbaiki. Ada 2 versi nilai yang ditampilkan dari hasil analisis page speed, yaitu nilai untuk mobile dan nilai untuk desktop.

Nilai mobile merupakan nilai kecepatan web/blog Anda diakses menggunakan handphone dan perangkat gadget lainnya. Sedangkan nilai desktop merupakan nilai untuk kecepatan web/blog saat diakses menggunakan perangkat komputer.

Baca juga : Apa Itu Konten Pilar Dan Beberapa Manfaatnya Untuk Blog

Kesimpulan :

Apapun istilahnya konten pilar atau keyword utama sebenarnya sama saja, yaitu artikel yang memiliki kualitas terbaik dari artikel lain yang pernah ada. Membuat artikel pilar sebenarnya mudah, yang kita perlukan hanya pahami materi yang ingin ditulis. Cari sumber referensi yang lengkap, kumpulkan datanya, lalu susun artikel dengan kualitas terbaik. Semoga artikel ini dapat memberikan penjelasan, tentang apakah konten pilar itu penting untuk blog.

Updated: May 23, 2017 — 2:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap