Bagaimana Cara Membangun Gedung Bertingkat Tinggi

Pembangunan gedung bertingkat tinggi.

Untuk mengetahui secara sederhana tentang bagaimana cara membangun gedung bertingkat, ada beberapa tahapan yang di laksanakan agar proses pembangunan bisa di laksanakan dengan lancar. Pada artikel ini Admin mencoba menjelaskan secara umum dan dengan pembahasan yang sederhana tentang apa saja bagian dan tahapan pelaksanaan pada proyek pembangunan.

Untuk penjelasan yang detail memang memerlukan ulasan yang cukup panjang, nah karena pengalaman admin masih dalam lingkup kerja praktik, maka pada artikel ini admin hanya membuat secara umumnya saja yakni berdasarkan pengalaman admin selama masa kerja praktik di lapangan .

Dalam pelaksanaan sebuah proyek besar, terdapat alur atau bagian tertentu yang memegang kendali berdasarkan tugas dan fungsinya masing – masing. Nah berikut ini ada beberapa penjelasan secara sederhana apa saja unsur – unsur utama yang berperan dalam sebuah pembangunan gedung bertingkat atau proyek besar.

Pemilik Proyek Atau Owner.

Pemilik proyek mereka memegang kendali secara keseluruhan agar proses pelaksanaan sesuai dengan kriteria. Mulai dari memilih kontraktor pelaksana hingga mengatur pendanaan dan lain sebagainya. Pemilik atau owner biasanya menunjuk bagian tertentu sebagai wakil owner di lapangan dengan tujuan untuk memastikan proyek dapat berjalan sesuai dengan rencana. Sebenarnya masih banyak lagi peran owner dalam sebuah proyek.

Konsultan Perencana Yang Di Tunjuk Oleh Owner

Pihak konsultan perencana merupakan bagian yang di tunjuk oleh pemilik dalam menyelesaikan tugas seperti : Melakukan perencanaan struktur, Mechanical engineering, Arsitektur, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perencanaan dalam ruang lingkup tertentu sesuai dengan persyaratan administratif.

Konsultan perencana sendiri biasanya memiliki kewajiban seperti menyelesaikan perencanaan secara lengkap dalam sebuah proyek yaitu gambar rencana, Rencana Kerja dan Syarat, perhitungan struktur, rencana anggaran biaya dan lain sebagainya. Konsultan perencana juga ikut membantu dalam proses pemilihan kontraktor, seperti menjelaskan aspek apa saja atau memberi masukan kepada owner mengenai perkembangan dalam membangun sebuah bangunan yang sedang di kerjakan.

Bagian Pengawas Proyek Di Lapangan

Tim pengawas ini memiliki tugas untuk melakukan pengawasan di lapangan demi tercapainya tujuan proyek. Tanggung jawab pengawas ini besar karena secara langsung di tuntut untuk dapat mengawasi proyek agar berjalan sesuai dengan target yang di tetapkan. Target proyek ini memiliki arti yang luas, mulai dari segi kualitas, biaya, aspek ekonomi, keselamatan dan lain sebagainya.

Pelaksana Atau Kontraktor Pelaksana Dalam Sebuah Proyek

Bagian ini memegang peranan sebagai pelaksanaan di lapangan, yaitu sebagai pihak yang memiliki tugas menyelesaikan ide owner yang di tuangkan oleh konsultan perencana kedalam bentuk nyata bangunan di lapangan. Kontraktor melaksanakan pekerjaan harus sesuai dan mengikuti persyaratan yang telah tertuang dalam dokumen proyek.

Subkontraktor Dalam Sebuah Proyek

Selain kontraktor pelaksana, ada juga sub kontraktor di mana terlebih dahulu telah di setujui oleh pemilik proyek. Bagian ini bertanggung jawab kepada kontraktor utama, baik itu laporan maupun hasil pekerjaan yang telah di kerjakan. Selain unsur utama tadi, masih banyak lagi unsur lainnya yang jika di tuangkan akan sangat panjang dan banyak dalam artikel ini, Unsur diatas hanyalah bagian utamanya saja.

Proses Atau Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan Proyek

Setelah mengetahui secara sederhana mengenai unsur pokok diatas, selanjutnya kita akan membahas apa saja tahapan pelaksanaan yang dilakukan dalam mengerjakan sebuah proyek. Seperti yang telah admin sebutkan diatas tadi bahwa penjelasan berikut hanya di buat secara umum saja, karena Admin juga masih dalam tahap belajar.

1 Tahap Persiapan Dan Pekerjaan Awal

Tahap persiapan merupakan tahap dimana mempersiapkan perlengkapan dasar seperti penyediaan air, sarana gudang, kantor administrasi, kemudian papan nama proyek dan perlengkapan pendukung lainnya. Semua persiapan awal di selesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pekerjaan struktur gedung.

2 Proses Pekerjaan Struktur Bangunan

Pada masa ini kontraktor melaksanakan proses pembangunan sesuai dengan yang di rencanakan oleh konsultan perencana. Dalam pengerjaan akan di awasi oleh konsultan pengawas secara berkala agar semua detail yang di cantumkan dalam dokumen di laksanakan dengan baik dan benar.

Pembangunan di mulai dari struktur bawah terlebih dahulu secara bertahap kemudian akan berlanjut ke bagian atas. Jenis pekerjaan ini sangat banyak jika di uraikan satu persatu. Secara ringkas untuk bagian bawah struktur meliputi :

  • Pembersihan lokasi bangunan gedung
  • Pekerjaan pondasi
  • Tie beam dan lain sebagainya

Selanjutnya pekerjaan pada portal struktur bagian atas di kerjakan dengan sangat teliti oleh ahlinya. Di sini terdapat banyak sekali detail yang harus di jelaskan, seperti pekerjaan pengukuran, pemasangan bekisting dan lain sebagainya.

3 Periode Perawatan Bangunan

Setelah serah terima biasanya masih ada tahap perawatan bangunan dengan waktu sesuai dengan perjanjian. Hal ini bertujuan untuk meneliti dan memastikan bahwa struktur yang di buat telah memenuhi spesifikasi yang di tetapkan .
Itulah tadi penjelasan singkat tentang pembangunan gedung bertingkat, semoga bisa memberikan gambaran secara umum. Jika ada saran dan masukan silahkan berikan komentar Anda di kolom komentar. Semoga bisa bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap