Bagi Pemula Berpikir Cara Meningkatkan Visitor Blog

Meningkatkan visitor blog

Ilustrasi

Bagi seorang blogger pemula, terlalu fokus memikirkan bagaimana cara agar pengunjung blog meningkat itu merupakan sesuatu hal yang wajar. Karena, jika blog yang kita kelola mampu mendatangkan visitor dalam jumlah yang tinggi, sudah tentu kegiatan blogging kita menjadi lebih termotivasi. Akan tetapi apakah wajar jika di awal – awal terus berpikir tentang pengunjung?

Ada baiknya agar proses membangun blog berjalan lancar maka kita seharusnya fokus pada konten terlebih dahulu, jangan terlalu banyak berfikir tentang visitor, karena konten berbanding lurus dengan visitor blog dan konten merupakan pondasi sebuah blog. Jadi intinya begini, semakin banyak konten yang berkualitas maka semakin tinggi peluang untuk mendapatkan jumlah visitor yang tinggi.

Tapi apakah cukup dengan konten yang berkualitas, tentu tidak. Kita harus tahu bagaimana agar website atau blog lebih seo friendly, memahami bagaimana melakukan riset keyword dan lain sebagainya. Termasuk memahami bagaimana membuat tulisan yang enak dibaca oleh user, bermanfaat, padat informasi, unik di mata search engine.

Biasanya visitor mulai stabil di bulan ke 3  dan 6 sejak pertama kali blog tersebut dibangun. Nah dari sini kita bisa mengukur mana konten yang berkualitas dan mana konten yang tidak berkualitas. Sehingga, kita bisa membuat rencana untuk di masa yang akan datang, yaitu rencana konten seperti apa yang harus ditulis dan bagaimana cara penyampaiannya.

Untuk itu, fokuslah terlebih dahulu membangun konten yang berkualitas, utamakan user experience di blog Anda terlebih dahulu sebelum berpikir tentang jumlah pengunjung blog. Kebiasaan buruk seorang blogger pemula adalah selalu membuka dasbor statistik visitor. Hal ini justru membuat kegiatan blogging itu sendiri menjadi tidak lancar, kita terlalu sibuk membuka statistik visitor. Nah solusinya lihat saja dasbor analytic seminggu sekali atau pun sewajarnya saja agar kita bisa menjaga fokus ke proses pembangunan sebuah blog.

Berikut ini ada beberapa tips untuk blogger pemula dalam membangun sebuah blog agar lebih fokus pada penerbitan konten terlebih dahulu. Ketimbang sibuk buka – buka dasbor analytic visitor blog.

1. Pelajari Tentang Tingkat Kompetisi

Mempelajari tingkat kompetisi itu penting bagi seorang blogger. Kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa pesaing yang ada dari tiap judul posting yang kita buat. Tujuannya adalah agar kita mampu mengukur sekaligus menilai kinerja kata kunci yang sedang kita bangun.

Maksudnya begini. Misal : Kita mau membuat artikel tentang “cara membuat blog” setelah kita teliti di search engine ternyata jumlah pesaingnya ada sekitar 1.200.000 website yang membahas hal yang sama. Kemudian kita teliti berapa pencarinya perbulan, misalkan didapat 1k – 10k. Maka kita tahu apakah layak mengerjakan tema seperti ini atau tidak.

Lakukan riset yang sama pada tema atau topik yang lain, kumpulkan database sebagai bahan analisa Anda sebelum membangun sebuah blog. Jadi, proses membangun blog tidak terkesan asal – asalan. Anda memiliki data yang valid dan lengkap sesuai dengan hitung – hitungan matematika.

Domain yang masih baru biasanya agak sulit untuk tembus dengan jumlah pesaing yang ketat. Akan tetapi jika domain sudah berumur misal 6 bulan keatas, dan sudah banyak yang merekomendasikan domain anda ( backlink ), maka kata kunci yang berat saingannya sekalipun bisa dimenangkan oleh blog Anda. Kuncinya artikel harus lebih berkualitas dari mereka.

2. Belajar Bagaimana Menjaga Konsistensi

Membangun blog butuh tekad yang besar dan tidak bisa setengah – setengah. Anda harus bisa menjaga rutinitas posting, minimal seminggu sekali Anda harus mampu membuat artikel yang benar – benar bermanfaat bagi para pengunjung blog Anda. Inilah yang biasanya menjadi penghalang seorang blogger pemula. Harus rajin menulis terlebih dahulu walaupun tidak ada hasil sama sekali. Tidak ada yang instan dalam dunia blogging, semuanya butuh perjuangan dan dedikasi yang tinggi dalam membangun blog.

Menjaga konsisten bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti :

  • Luruskan niat terlebih dahulu bahwa membuat blog adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada sesama. Dengan cara seperti ini Anda akan merasa nyaman dalam membuat artikel yang berkualitas. Setiap hari pasti ada saja ide dan ilmu yang ingin Anda share kepada orang lain.
  • Buatlah blog berdasarkan apa yang Anda kuasai atau bisa berasal dari hobi Anda. Banyak contoh blog yang sukses berdasarkan hobi. Blog jenis ini lebih fokus dan bersifat spesifik sehingga mendapatkan visitor royal menjadi lebih mudah. Blog niche atau spesifik biasanya mudah memiliki pembaca yang setia untuk terus mengikuti perkembangan blog Anda.
  • Atur jadwal blogging sesuai dengan keperluan dan kemampuan Anda. Jika anda seorang fultitme blogger maka bisa mencoba membuat kapan menulis artikel dan kapan melakukan aktivitas social media, dll. Nah jika anda seorang pekerja kantoran atau yang memiliki pekerjaan lain selain blog, Anda bisa membuat jadwal posting sesuai waktu senggang Anda dan tidak mengganggu pekerjaan utama.

3. Belajar Membuat Konten Yang Berkualitas

Apakah artikel berkualitas itu harus panjang? Ini merupakan pertanyaan yang agak kontroversi untuk dijawab. Karena berdasarkan riset menunjukkan bahwa konten yang berisi dengan lebih dari 2000 kata akan mendapatkan posisi yang paling baik di Google result. Sementara di mata visitor atau pembaca konten yang singkat padat lebih disukai. Tidak banyak visitor yang mau membaca konten hingga ribuan begitu. Kecuali konten yang Anda buat berisi informasi dan solusi yang benar – benar menarik minat baca.

Memang tidak semestinya artikel yang berkualitas itu harus panjang, akan tetapi artikel menjadi lebih berkualitas jika Anda mampu untuk menulis dengan detail dan dengan pembahasan yang padat. Cara membuat artikel yang berkualitas tidak bisa diselesaikan dalam satu hari, karena anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang materi yang ingin Anda sampaikan. Mengatur draf artikel hingga menyusun artikel tersebut agar enak dibaca oleh user.

Ada beberapa blogger yang membuat artikel 2 kali seminggu atau sekali seminggu, tetapi kualitas artikel yang ditulis benar – benar tinggi dan pembaca pun dengan senang hati menyebarkan artikel tersebut di media sosial dan memberikan backlink ke situs Anda secara natural. Ini satu triger yang baik di mata search Engine. Nah untuk itulah usahakan membuat artikel yang benar – benar memiliki kualitas tinggi dan enak dibaca oleh visitor Anda.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas? Kuasai materi nya, kuasai tema yang ingin ditulis, itu saja yang perlu Anda lakukan. Setelah anda mampu menguasai topik dengan baik, pasti secara otomatis jumlah kata yang ditulis akan semakin banyak. Karena Anda memiliki data yang lengkap untuk dibagikan kepada orang lain.

Jika Anda menargetkan untuk membuat artikel 3x dalam sehari maka pastikan kualitas artikel tersebut menyaingi artikel yang di riset secara detail. Intinya usahakan setiap artikel yang ditulis merupakan artikel terbaik yang pernah ada agar blog anda mampu menduduki posisi satu di search Engine.

Untuk domain yang baru, biasanya setiap artikel bisa mencapai posisi rangking di search result membutuhkan waktu sekitar satu bulan atau lebih dan tergantung dari seberapa besar saingan nya, kualitas artikelnya serta beberapa faktor lain. Jadi jangan kesel duluan jika artikel yang baru saja di terbitkan tidak nongkrong di page one Google. Nah silahkan investasi artikel berkualitas terlebih dahulu pada blog Anda. Siapkan tenaga waktu dan pikiran untuk membuat artikel – artikel yang mampu memberikan solusi terbaik untuk para pembaca blog Anda.

4. Belajar Melakukan Promosi Blog

Ada banyak sekali media yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi blog mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Untuk pemula saya sarankan gunakan yang gratisan saja terlebih dahulu. Setelah Anda mulai faham, maka Anda bisa mencoba dengan metode promosi yang berbayar. Sebagai contoh promosi dengan menggunakan jasa iklan Google Adword. Anda bisa membuat fanspage sendiri lewat Google plus Atau pun Facebook. Posting artikel yang bermanfaat lalu share artikel tersebut ke media social.

Semoga artikel diatas dapat memberikan motivasi bagi teman – teman blogger yang ingin memulai membuat blog baru. Intinya fokus saja dulu pada konten yang berkualitas. Buatlah blog yang benar – benar memberikan manfaat untuk pengguna internet.

Updated: April 10, 2017 — 9:35 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap