Beberapa Alasan Mengapa Sebagian Besar Bisnis Go Online

Mengapa Bisnis Go online

Go online merupakan istilah yang begitu popular dikalangan para pebisnis. Hal ini karena adanya peluang yang begitu besar. Fakta yang ada, banyak sekali perusahaan yang memiliki blog, website, atau setidaknya akun media sosial untuk memperluas jangkauan bisnis yang dijalankan.

Penelitian yang dilakukan IBISworld mengatakan bahwa, perkembangan industri internet akan mengalami pertumbuhan yang pesat secara terus menerus. Semua buktinya dapat kita lihat sekarang ini bagaimana laju pertumbuhan industri online, keadaan ini tentu membawa angin segar bagi para pelaku bisnis.

Menjalankan bisnis dengan media online bukan hanya sekedar promosi atau jualan saja, melainkan bisa diterapkan untuk kegiatan lain seperti meeting/conference, pengolahan data terpusat, dll. Jadi, penerapan internet untuk kegiatan bisnis itu sangat luas, tergantung dari keahlian dan ilmu pengetahuan tim dalam bisnis.

Trend masyarakat juga cenderung menyukai belanja online. Website e-commerce pun bermunculan, sebut saja seperti tokobagus, lazada, blibli, dkk. Selain trend belanja, membaca berita dan mencari informasi juga sudah berpindah menggunakan perangkat mobile. Begitu juga dengan penggunaan media sosial yang semakin ramai.

Tentukan tujuan

Semua kegiatan harus dilakukan dengan tujuan, langkah pertama, tetapkan tujuan terlebih dahulu yaitu dengan memberikan pertanyaan, media seperti apa yang ingin digunakan. Target audien mana saja yang ingin di capai.

Semakin jelas tujuan yang dibuat, dapat membuat plan bisnis menjadi semakin terarah. Anda bisa menjalankan strategi sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Pertanyaan seperti apakah cukup menggunakan media sosial? apakah perlu membuat iklan, membuat blog, website dan semacamnya. Pertanyaan semacam ini dapat membantu kita menentukan budget yang ingin digunakan ketika melebarkan saya bisnis ke media online.

Konten Is The King

Komponen yang paling memegang peranan penting ketika melakukan promosi online adalah konten. Agar mampu menarik minat para calon konsumen untuk membeli produk Anda, maka buatlah konten yang benar – benar memiliki nilai tinggi.

Anda bisa memanfaatkan media sosial, website atau blog untuk memberikan pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, banyak audien yang dapat menemukan konten tersebut.

Mempelajari seo juga penting ketika ingin menjadikan website sebagai media untuk pormosi. Akan tetapi, seperti yang telah saya sebutkan tadi, faktor utama seo adalah konten yang berkualitas tinggi. Karena mesin pencari mengukur kualitas konten berdasarkan beberapa faktor seperti user experience.

Manfaat Go online

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menerapkan media online untuk kegiatan bisnis.

1. Target Konsumen yang Semakin Luas

Semua pebisnis tentu ingin sekali agar bisnis yang dikelola mampu menjangkau konsumen yang lebih luas. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita bisa memanfaatkan internet dalam kegiatan bisnis. Berbeda dengan cara konvensional, dengan media online, Anda bisa menargetkan berdasarkan wilayah manapun sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sebagai contoh misalkan Anda menjual pakaian khas daerah tertentu. Anda bisa menargetkan iklan sesuai dengan daerah yang dipilih. Cara seperti ini dapat menghemat biaya dan waktu Anda. Promosi yang tepat sasaran dan ter target akan menghasilkan konversi penjualan yang tinggi. Anda bisa menggunakan media iklan Google Adword dan media sosial untuk membuat iklan.

Selain menggunakan media iklan, Anda bisa mendatangkan trafik ter target dengan memanfaatkan media website atau blog. Hanya saja perlu keahlian membuat konten yang berkualitas dan up date setiap hari agar blog Anda mampu popular di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

2. Membangun Brand Awarness Menjadi Mudah

Aset yang termasuk dalam kategori penting dalam bisnis adalah nama brand atau merek yang Anda miliki. Brand dapat memberikan jati diri pada produk atau jasa yang Anda kelola. Untuk itu, perlu dilakukan usaha agar brand bisa popular.

Langkah yang perlu dilakukan selain menjaga kualitas adalah meningkatkan brand awarness. Ada istilah AIDA yang popular dikalangan para marketer yaitu, Awarness/kesadaran, Interest/ketertarikan, Desire/keinginan dan Action/membeli.

Media online semakin memudahkan Anda untuk meningkatkan brand awarness. Bayangkan saja jika brand Anda selalu dilihat, apalagi mudah diingat. Sudah tentu konsumen menjadi tertarik ketika ingin membeli produk atau jasa terkait.

Media website atau blog yang mampu mendatangkan ramai pembaca setiap hari dapat dengan mudah meningkatkan dan mempromosikan brand. Selain media blog, website e-commerce seperti lazada, olx, tokobagus, sudah pasti sangat lekat di telinga masyarakat bukan? Itulah kekuatan brand yang dapat membawa bisnis semakin besar.

Merek atau brand yang dibangun dengan baik, dapat memberikan identitas bagi bisnis Anda. Usahakan agar  lebih professional dalam perihal promosi dan kualitas produk. Hal ini dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Baca juga : Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Awarness Bisnis

Itulah tadi beberapa alasan dan manfaat mengapa banyak pelaku bisnis yang sekarang ini go online. Selain menggunakan jalur offline, ternyata media online memberikan kesempatan yang sangat luar biasa. Anda bisa membaca berbagai kisah entrepreneur muda yang sukses.

Banyak nya startup baru yang muncul memberikan kita gambaran yang jelas bahwa media online memang memiliki prospek bisnis yang tinggi. Agar lebih jelas, Anda juga dapat membaca beberapa data penelitian tentang bagaimana pertumbuhan pengguna internet.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin mengetahui mengapa bisnis harus go online.

 

Updated: July 3, 2017 — 11:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap