Belajar Marketing Bisnis dan Alasan Mengapa Hal Ini Sangat Penting

Anda jago membuat teknologi terhebat pun jika tidak bisa promosi dan menjual, maka tidak bisa menjadi sukses. Bisnis yang sukses besar sangat tergantung dari strategi marketing yang diterapkan. Bisnis bisa berjalan lancar jika profit lebih besar dari pada biaya operasional usaha.

Nah hal ini sangat erat kaitannya dengan kegiatan marketing plan.

Apapun bidang bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang ini, faktor yang paling menentukan kesuksesan bisnis Anda adalah keahlian marketing. Ini sudah menjadi pengakuan sebagian besar pebisnis.

Belajar Marketing

Kita seharusnya tahu, apa yang menjadi kekuatan produk atau jasa kita, sehingga kita bisa langsung ke arah yang tepat ketika memasarkan produk. Ya memang marketing itu kita langsung kaitkan saja dengan kegiatan menjual, jangan kebanyakan istilah, langsung saja ke tujuan utama apa itu marketing.

Pahami kondisi pasar Anda Dengan dasar teori yang jelas

Langkah pernting pertama Anda harus tahu bagaiamana kondisi pasar saat ini. Maksudnya begini, Anda cermati terlebih dahulu kondisi pesaing dan potensi pasar produk Anda. Jika memungkinkan Anda bisa menjual langsung produk Anda.

Jika pasar memkiliki tingkat persaingan, Anda harus mampu membuat inovasi ketika melakukan promosi. Anda harus bisa membuat berbagai macam teknik promosi. Seperti diskon, voucher, membership dan berbagai teknik promosi lainnya.

Mengapa hal itu penting?

Ketika Anda tahu bagaimana kondisi pasar saat ini yang terkait dengan produk Anda, maka Anda bisa menambah kekuatan dan kelebihan produk Anda, gunakan teknik promosi yang powerfull.

Terapkan teknik yang berbeda dengan pesaing Anda. Tujuannya agar konsumen Anda tertarik dengan produk yang Anda pasarkan. Mereka bisa melihat perbedaan dan kelebihan. Biasanya orang sangat suka dengan hal – hal yang baru.

Caranya bagaimana ?

Anda harus sadar bahwa sekarang ini kemajuan teknologi bertujuan untuk memudahkan kita. Nah Anda harus bisa memanfaatkan internet untuk mencari cara bagiamana melakukan promosi yang kreatif.

Banyak sekali contoh yang bisa Anda baca sekarang ini. Jadi Anda harus semangat, karena sekarang ini semuanya semakin mudah. Tergantung pribadi masing – masing mau memanfaatkan atau tidak.

Tahukah Anda penentu kesuksesan marketing?

Agar mudah di ingat, saya sengaja membuat istilah Trust. Apa itu trust? Trus adalah kepercayaan. Karena kita membahas masalah marketing, bearti kita harus bisa membuat konsumen percaya.

Pernahkah Anda mendengar istilah AIDA?…

Istilah Aida ini begitu popular. Akan tetapi, perlu menjadi catatan kita adalah semua proses tersebut harus selalu bertujuan agar konsumen percaya dengan Anda dan bisnis Anda.

Aida adalah istilah marketing yang paling popular, yaitu istilah untuk

  • Awarness = Kesadaran
  • Interest = Ketertarikan
  • Desire = Keinginan
  • Action = Membeli

Nah dari proses diatas, konsumen yang akan menjadi pembeli loyal produk Anda adalah konsumen yang memiliki trust, yaitu percaya pada produk atau jasa Anda.

Dari ke empat proses diatas, seharusnya kita selalu ingat tujuan besarnya yaitu membangun kepercayaan.

Untuk membangun kepercayaan calon dan konsumen loyal Anda, berikan pelayanan dan komunikasi terbaik. Semakin tahu konsumen tentang kelebihan produk Anda sudah tentu tingkat trust mereka bisa meningkat tajam.

Jadikan pelanggan sebagai referensi

Anda tentu ingin agar bisnis Anda berkembang terus. Cara terbaik untuk bisa mewujudkan tujuan ini adalah dengan cara memperhatikan pelanggan setia Anda. Dengarkan semua masukan dari konsumen Anda. Apapun itu perlu Anda perhatikan terkait dengan pendapat pelanggan Anda.

Jadikan mereka sebagai referensi yang bisa dijadikan sebagai bahan masukan. Penuhi kebutuhan mereka sehingga produk atau jasa bisnis Anda dapat terus berkembang.

Itulah alasan terbesar kita sering melihat dan mendapati adanya layann konsumen service. Salah satu tujuannya untuk mengetahui masukan dan pendapat dari konsumen.

Konsumen adalah raja, jika produk Anda sudah begitu di cintai, promosi gratis pun bisa Anda dapatkan. Mereka dengan senang hati mengabarkan tentang kualitas baik produk Anda dari mulut ke mulut. Istilah lainnya yaitu efek viral.

Bijak Menggunakan Anggaran

Anggaran dalam marketing memang di perlukan, akan tetapi jika Anda cerdas dan membuat perencanaan marketing dengan matang, penggunaan anggaran bisa sangat minim namun hasil penjualan Anda sukses besar.

Anda dapat mencapai tujuan tersebut melalui rencana marketing. Buat urutan secara jelas strategi apa saja yang ingin Anda terapkan. Tetapkan mana strategi terbaik lalu gunakan anggaran Anda pada startgi yang telah teruji.

Perusahaan yang sehat sudah pasti merupakan perusahaan yang mampu mengelola keuangan dengan baik.

Mengapa marketing itu penting?

  • Marketing merupakan suatu kegiatan yang dapat membuat kegiatan bisnis menjadi lancar dan sukses besar.
  • Marketing dapat menjadikan kehidupan masyarakat menjadi sejahtera. Karena hal ini membuka kesempatan kerja.
  • Marketing dapat membuat masyarakat semakin memahami pengetahuan tentang suatu produk atau jasa. Sehingga hal ini membantu peningkatan mutu pengetahuan masyarakat.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

Setelah kita mengetahui mengapa dan bagaimana peranan marketing dalam suatu perusahaan dan bisnis, selanjutnya seorang manajer marketing sudah seharusnya selalu membuat perencanaan yang matang.

Updated: November 14, 2017 — 6:08 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap