Belajar Mengetik Cepat 10 Jari Dengan Bantuan Aplikasi

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengetik cepat menggunakan 10 jari, terlebih dahulu saya ingin memberitahu Anda mengenai fenomena bahwa sebagian besar orang yang mampu mengetik cepat malah tidak hafal dengan susunan keyboard qwerty. Ini merupakan hasil penelitian dari universitas Vanderbilt, diambil dari berbagai uji coba.

Mengapa bisa seperti itu? Sama halnya ketika waktu kecil kita belajar keseimbangan bersepeda. Dulu waktu pertama belajar, kita sibuk belajar memikirkan keseimbangan. Nah setelah berulang – ulang belajar, sekarang justru tanpa memegang handle pun kita bisa menjaga keseimbangan.

Untuk menguasai kemampuan mengetik kuncinya terletak pada repetisi atau pengulangan. Sebagai contoh jika anda menugaskan jari kelingking pada tombol Q A Z terus menerus secara berulang, lama kelamaan Anda bisa mengetik huruf tersebut dengan cepat tanpa berpikir.

Berikut Cara Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Cepat

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya tentang repetisi atau pengulangan. Dimana jika sesuatu hal dilakukan secara berulang – ulang, maka Anda menjadi terbiasa dan selanjutnya bisa menguasainya. Di awal memang agak sulit, tapi lama kelamaan malah jadi mudah kok, bisa jadi ketagihan ingin mengetik terus.

Aplikasi latihan mengetik berbentuk seperti permainan. Ada level dan tingkatan yang sesuai dengan tingkat kesulitan dalam susunan huruf nya. Nah saran saya, coba belajar bertahap, jangan loncat – loncat.

Belajar lah secara perlahan step by step mulai dari tahap awal terlebih dahulu, pasang target berapa WPM yang ingin Anda capai, setelah berhasil, silahkan naik peringkat.

Silahkan pasang aplikasi untuk latihan mengetik. Saya biasanya menggunakan Rapid Typing

Sebenarnya ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan, ada versi berbayar dan versi gratis. Silahkan Anda pilih kemudian pasang pada komputer Anda. Berikut gambarnya.

Contoh Beginner Huruf F J D K  :

Belajar Mengetik Cepat

Gambar diatas merupakan bentuk aplikasi rapid typing yang saya gunakan. Di pojok kanan atas, Anda dapat melihat level beginner dengan tantangan huruf FJDK. Jadi, pada level ini Anda hanya mengetik FJDK secara terus menerus hingga Anda mahir.

Jika Anda rutin, dalam tempo seminggu atau 2 minggu, Anda akan familiar sekali dengan hruuf FJDK tersebut. Tanpa melihat keyboard langsung begitu saja Anda menyelesaikan level tersebut dengan mudahnya.

Contoh Beginner Huruf S L A ;  :

Belajar Mengetik Cepat 2

Pada gambar contoh huruf SLA; ini yang dilatih adalah jari manis dan kelingking. Silahkan rutin Anda latih hingga mencapai speed yang diinginkan. Setelah mahir lanjutkan ke huruf berikutnya.

Itulah caranya, tidak ada rahasia sama sekali. Semakin giat Anda latihan, maka semakin cepat kemampuan mengetik tersebut Anda kuasai.

So mulai sekarang Anda jangan heran ketika melihat orang lain mampu mengetik 10 jari. Semua orang bisa seperti itu, yang penting mau latihan secara rutin. Berkala dan terus menerus setiap hari hingga mahir.

Mungkin Anda bisa menyiapkan waktu sekitar 15 menit sehari, atau satu jam sehari dan dilakukan setiap hari agar lebih cepat Anda menguasainya. Saya yakin Anda akan mampu menguasainya.

Apa keuntungannya ketika Anda mampu mengetik dengan cepat?

Banyak sekali, ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Terutama bagi seorang penulis. Anda bisa dengan mudah membuat artikel panjang dalam waktu yang cepat. Begitu ide dan riset telah Anda lakukan. Mengetik 1000 kata bisa Anda selesaikan dalam waktu singkat.

Sebagai motivasi berikut ini apa saja manfaat dengan mengetik cepat 10 jari tanpa melihat keyboard.

  1. Memudahkan Anda diterima kerja ketika melamar. Ada sebagian perusahaan yang menetapkan kecepatan mengetik bagi pelamarnya. Terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang informasi seperti media massa.
  2. Bagi Anda yang bekerja membuat surat menyurat, tentu sangat mudah menyelesaikan tugas Anda tersebut. Anda bisa mempercepat pekerjaan sehingga bos lebih sayang pada Anda.
  3. Bagi seorang blogger atau seorang konten writer. Mampu mengetik dengan cepat tentu memberikan dampak yang luar biasa. Anda bisa membuat artikel di blog setiap hari ketika Ada ide. Ide bisa mengalir begitu saja ketika Anda menulis.
  4. Bagi seorang pengisi konten website portal berita juga demikian. Anda bisa melakukan interview sambil mengetik narasi dengan tepat tanpa kehilangan poin poin penting dari nara sumber.
  5. Anda bisa melatih diri untuk menjadi seorang penulis handal, bisa latihan menulis dengan nyaman karena Anda hanya perlu memikirkan idenya saja, perlu belajar berfikir cepat. Setiap kalimat pun bisa mengalir begitu saja menjadi sebuah karya tulisan yang hebat.
  6. Anda bisa menjadi lebih mudah ketikan ingin membuat buku. Jika Anda memiliki ilmu pengetahuan yang luas, Maka dengan kemampuan mengetik cepat, Anda bisa membuat sebuah buku dengan mudah.

Kesimpulan :

Mengetik cepat sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah. Tidak seperti dahulu, kemampuan mengetik masih menjadi hal luar biasa. Nah bagi Anda yang ingin sekali bisa mengetik cepat dengan 10 jari, cara diatas bisa Anda coba. Yang paling penting adalah niat dan sungguh – sungguh. Jangan tunda lagi, silahkan latihan dan share berapa WPM kecepatan mengetik Sobat di kolom komentar dibawah ini.




Updated: June 14, 2017 — 7:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap