Belajar Mengetik Cepat 10 Jari Justru Tidak Harus Hafal Keywboard

Belajar mengetik cepat 10 jari

Apakah Anda ingin menguasai teknik mengetik cepat 10 jari? Lalu mungkin berfikir bahwa mengetik 10 jari harus hafal keyboard? Bila Anda berfikir bahwa mengetik 10 jari harus menghafal keyboard ternyata itu tidak benar. Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa sebagian orang yang mampu mengetik dengan menggunakan 10 jari ternyata tidak hafal keyboard.

Mengapa bisa seperti itu? Karena sebenarnya mengetik cepat bisa dikuasai dengan cara latihan berulang ulang. Sama seperti ketika kita belajar berkendara, saat awal pasti memikirkan dimana letak persneling, keseimbangan dan semacamnya.

Akan tetapi setelah berjalannya waktu, Anda pun menjadi mahir tanpa memikirkan seperti saat awal Anda belajar.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Vanderbilt bisa memberikan gambaran yang cukup mencengangkan. Mereka mencoba melakukan penelitian terhadap orang – orang yang mahir mengetik 10 jari atau orang yang mampu mengetik dengan cepat.

Akan tetapi dengan ketentuan bahwa partisipan haru mampu mengetik dengan kecepatan diatas 80 kata per-menit serta akurasi sekitar 94%.

Selanjutnya para partisipan diminta untuk memetakan susunan keyboard dengan waktu 80 detik.

Hasilnya adalah 57% benar dan 52,3 % salah. Hasil ini tentu bisa memberikan gambaran pada kita bahwa, mengetik cepat bisa dikuasai oleh siapa saja. tidak harus hafal semua susunan keyboard.

Penelitian selanjutnya dilakukan dengan cara menggunakan keyboard kosong atau keyboard yang tidak ada tulisan huruf-nya. Hasilnya 64% benar dan sisanya tidak bisa mengetik karena mereka tidak hafal.

Apa yang dapat kita pelajari dair penelitian ini?

Nah Anda tentu bisa mengambil kesimpulan bahwa mengetik cepat bisa Anda kuasai tanpa harus berpikir menghafal keyboard tersebut. Dengan pola pikir seperti ini Anda bisa menjadi lebih cepat mahir.

Caranya bagaimana?

Caranya adalah dengan memanfaatkan repetisi atau pengulangan. Sekarang sudah ada toolnya, silahkan Anda cari game typing yang bertebaran di internet. Pasang pada komputer Anda, kemudian cobalah untuk latihan secara rutin. Luangkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap hari.

Semakin sering Anda mengulang – ulang suatu kegiatan maka semakin cepat Anda menguasainya. Software latihan mengetik mampu memudahkan Anda ketika latihan mengetik.

Software untuk latihan mengetik biasanya sama seperti permainan, ada tingkatan level yang harus Anda kuasai. Untuk itu, carilah software mengetik yang lengkap dengan permainan agar latihan Anda lebih menyenangkan.

Anda harus latihan sesuai dengan level yang ada. Latihan dengan cara step by step, kuasai terlebih dahulu setiap tuts dengan benar. Setelah mahir lanjutkan ke level berikutnya.

Memang pada awalnya akan terasa sulit, akan tetapi jika Anda rajin latihan, semuanya akan menjadi mudah, bahkan sangat mudah. Anda tinggal memikirkan kalimat yang ingin Anda ketik, semuanya akan mengalir begitu saja tanpa harus berfikir dimana letak huruf pada keyboard.

Saya pada awalnya juga mengetik seperti biasa, tidak menggunakan 10 jari. Akan tetapi saya mengambil keputusan untuk mencoba mengetik dengan 10 jari. Saya pun mencari software mengetik cepat, dan memang terbukti, hampir 3 bulan saya latihan secara rutin. Hasilnya sekarang saya sudah mampu mengetik tanpa harus melihat keyboard.

Bukan bermaksud sombong, tapi sekedar ingin memotivasi Anda bahwa mengetik cepat bisa dikuasai oleh siapa saja, yang penting ada kemauan untuk belajar.

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda sudah jago mengetik 10 jari. Semua pekerjaan menulis menjadi lebih mudah, Anda mampu mengarang artikel 1000 kata dalam waktu beberapa menit saja.

Sebagian besar perusahaan sekarang ini mengedepankan kemampuan komputer. Nah jika Anda memiliki kemampuan mengetik diatas rata – rata, kesempatan diterima kerja menjadi lebih mudah.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah, Anda bisa dengan mudah melatih diri untuk menjadi seorang penulis artikel, buku, fiksi dll. Mengapa, karena konsentrasi Anda menjadi semakin baik. Konsentrasi Anda akan terfokus pada tulisan yang ingin Anda buat.

Berbeda jika Anda masih mengetik dengan cara melihat keyboard, ide bisa terganggu karena Anda masih sibuk mencari dimana letak tuts. Orang yang mampu mengetik dengan menggunakan 10 jari bisa menulis dengan cepat dan mengalir, bisa menuangkan apapun yang dipikirkan dengan cepat. Tulisan bisa selesai dalam waktu sebentar saja.

Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang bagaimana latihan mengetik cepat dengan benar. Bagi Anda yang ingin belajar lebih jauh, Anda bisa membaca artikel tersebut pada link berikut ini.

Baca juga :

Pada artikel tersebut saya sudah menjelaskan dengan panjang lebar, silahkan anda pelajari, hal tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya miliki. Saya yakin Anda mampu menguasainya. Yang penting ada kemauan untuk belajar.

Agar lebih semangat, silahkan Anda baca artikel lain di internet. Coba cari artikel yang menjelaskan apa saja keuntungan mengetik dengan menggunakan 10 jari. Dari bacaan seperti ini bisa memberikan motivasi tersendiri.

Kesimpulan :

Kemampuan mengetik cepat bisa dikuasai oleh siapa saja, Anda bisa menguasai nya dengan cara latihan. Coba cari aplikasi mengetik cepat, kemudian uji kemampuan Anda secara online. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran untuk Anda. Selamat mencoba dan salam sukses selalu.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap