Belajar Prinsip Dasar Photoshop Untuk Fotografer

Photoshop merupakan alat bantu editing foto yang sangat umum di gunakan. Karena fleksibilitas yang di miliki aplikasi editing ini sangat lengkap sekali. Mulai dari memoles warna hingga pekerjaan mempercantik tampilan foto.

Agar pemahaman kita menjadi lebih baik, tidak ada salahnya kita mencoba untuk memahami hal – hal yang paling dasar terlebih dahulu. Karena dengan memahami hal dasar akan mendukung kemampuan kita selanjutnya. Seperti kemampuan untuk memahami karakteristik foto dan kemampuan menyesuaikan dengan tools yang di gunakan.

Beda foto akan menghasilkan karakteristik histogram yang berbeda pula, nah untuk itu di bawah ini ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu. Terutama bagi kita sebagai pemula seperti penulis sendiri.

Apa Itu Pixel Dan Bagaimana Membacanya

Memahami pengetahuan dasar apa itu pixel akan memberikan kita sebuah gambaran bagaimana sebenarnya prinsip kerja photoshop ini.  Nah sekarang apa itu pixel ?.

Jika VGA Anda mendukung, Anda dapat melihat pixel pada foto dengan cara buka foto yang ingin di lihat dengan aplikasi photoshop, lalu zoom hingga maksimal.  Nanti Anda akan melihat kotak – kotak kecil yang tersusun pada foto tersebut.

Dari sini kita bisa tahu bahwa pixel adalah sebuah titik kecil yang menyusun sebuah foto. Lalu apa manfaatnya dengan mengetahui ini? Nanti akan kita bahas, bagaimana cara alat bantu ini ( photoshop) memberikan warna pada setiap pixel tadi.

Nah selain itu karena kita mengerti apa itu pixel, selanjutnya kita akan memahami mengapa ada ukuran foto berdasarkan pixel. Jadi jika kita melihat sebuah ukuran layar atau foto yang di sebut dalam pixel maka kita akan mengerti.

Contoh : Resolusi 1200px X 800px maka secara langsung kita tahu ukurannya menunjukkan bahwa secara horizontal tersusun sebanyak 1200 kotak, dan vertikal sebanyak 800 kotak  ( pixel ). Isinya sendiri bisa kita hitung dengan hasil kali 1200 x 800. So kita tidak akan kebingungan dengan adanya perbedaan unit dalam ukuran, ada yang ukuran cm ada yang ukuran inci dan pixel.

Bagaimana Photoshop Memberi Warna Pada Pixel

Untuk lebih memahami tentang pixel tadi, maka sudah seharusnya kita memahami juga bagaimana sih sebenarnya photoshop memberikan warna pada pixel tadi. Iya kan?

Ok, sekarang kita pelajari dulu bagaimana sebenarnya photoshop bekerja pada masing masing pixel tadi. Photoshop memberi warna berdasarkan kombinasi tiga warna, yaitu Red ( Merah ) Green (H Hijau ) dan Blue ( Biru ) dengan rentang 0 sampai 255.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut, Anda bisa membuka panel warna pada bagian kanan bawah. Klik saja di bagian kotak warna pada phtoshop Anda.

Belajar Dasar Photoshop Untuk Fotografer

Coba perhatikan pada gambar 1,  ketika nilai yang di berikan 0 pada ketiga kotak RGB maka warna yang di hasilkan pada pixel adalah hitam. Nah pada gambar 2 ketika di beri nilai maksimal 255 pada ketiga kotak warna, maka akan menghasilkan warna putih.

Untuk membuktikannya coba perhatikan gambar 3, 4 dan 5, ketika hanya satu saja kotak yang kita berikan nilai maksimal, dan yang lainnya nol maka warna yang muncul sesuai dengan kotak warna yang di isikan tadi. Nah dari tiga kombinasi warna ini terciptanya jutaan perbedaan warna yang kita lihat pada layar.

Setelah kita mengetahui bagaimana kombinasi ini, selanjutnya kita bisa mengukur intensitas sebuah foto berdasarkan data yang ada. Jadi tidak asal tebak bilang intensitas nya hijau biru begitu saja. Tetapi kita bisa melihat dengan memanfaatkan histogram. Atau memanfaatkan panel info yang ada di photoshop yang menunjukkan ketiga kombinasi ini.

Buka saja sembarang foto di photoshop, lalu tampilkan menu info yang berada pada tab windows. Arahkan kursor Anda pada bagian tertentu, nanti pada bagian panel akan menampilkan kombinasi warna diatas. Jika dominan hijau, maka kita bisa tahu bahwa intensitas warna pada area yang ada pada kursor Anda adalah warna hijau.

Setelah memahami apa itu pixel dan bagaimana prinsip dasar photoshop memberikan warna, selanjutnya kita pelajari dasar histogram. Kenapa setiap foto memiliki karakteristik berbeda dari data histogram ini.

Pemahaman Dasar Level Warna Kombinasi Pixel

Pemahaman histogram sangat penting untuk di ketahui, tujuannya adalah untuk mengetahui kecerahan atau brightness sebuah foto. Hal ini bisa memberikan gambaran kepada kita bahwa sebuah foto yang terdiri dari pixel memiliki nilai warna, dimana setiap pixel di buat kelompok berdasarkan nilai tadi, kemudian hasilnya di plot dalam histogram.

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, silahkan Anda buka foto hasil jepretan Anda, lalu buka panel Histogram, lokasinya ada di windows > Histogram. Dari panel tersebut silahkan di expand lalu pilih luminosity. Dari informasi tersebut dapat kita ketahui bagaimana seluruh pixel di bentuk dalam format histogram.

Arahkan mouse Anda pada histogram tersebut, lalu lihat berapa jumlah pixel yang ada sesuai dengan kecerahan level warnanya.

Tentu para editor photoshop sudah familiar dengan tool yang namanya level. Nah biasanya, sebelum mengedit foto lebih jauh, hal pertama yang dilakukan adalah  mengatur level warnanya terlebih dahulu.

Silahkan Anda buka level di adjustment panel, lalu atur kurva-nya untuk memperjelas warna shadow ataupun brightness nya. Dibalik kurva tersebut Anda akan melihat histogram seperti yang di jelaskan di atas tadi bukan?.

Nah dari sini kita menaikkan atau menurunkan level sebuah histogram dari hasil pembacaan pixel tadi. Jadi, kita bisa memahami mengapa dan bagaimana prinsip dasar photoshop dalam mengedit warna pada masing – masing pixel.

Semoga dari penjelasan di atas, Anda bisa mengerti bagaimana cara kerja dasar photoshop dalam mengubah atau mengedit sebuah foto. Jika ada saran dan diskusi silahkan tinggalkan di komentar.




Updated: January 29, 2017 — 9:59 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap