Belajar Teknik Dasar Editing Foto Menggunakan Photoshop

Keahlian editing foto sekarang ini memang banyak dibutuhkan. Terutama bagi Anda yang bergerak dibidang fotografer atau bagi yang memiliki usaha percetakan. Kemampuan mengelola gambar merupakan bekal utama agar usaha Anda bisa sukses.

Selain bidang tersebut, bisnis era digital juga banyak sekali membutuhkan orang yang ahli dibidang editing, seperti untuk kebutuhan iklan digital, desain banner website, logo dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini, saya akan membagikan tips dasar yang sangat penting ketika Anda melakukan editing foto. Sebenarnya ada banyak sekali tutorial yang mengulas, akan tetapi, fokus artikel ini membahas secara fokus prinsip yang utama.

Prinsip dasar ini merupakan pedoman yang sangat penting, biasanya menjadi teknik yang sering dilakukan bagi seorang editor foto bagi seorang fotografer. Urutan tutorial berikut ini sengaja saya buat sesederhana mungkin agar mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.

Berikut ini teknik dasar yang paling sering digunakan

Pada artikel ini saya hanya menjelaskan 3 fungsi utama dan sangat sering digunakan, terutama bagi seorang fotografer. Tutorial ini sengaja saya buat setelah melihat beberapa video yang saya dapatkan melalui Youtube.

Lagi pula, teknik ini sering saya gunakan ketika ingin melakukan beberapa perubahan pada foto. Anda bisa belajar lebih jauh dengan para master photoshop. Artikel ini hanya sebatas paduan dasar saja. Yuk coba kita bahas apa saja.

Menggunakan Fungsi Curve

Anda mungkin sering melupakan perihal option curve. Anda harus mengetahui bahwa fungsi curve harus Anda manfaatkan ketika ingin memperbaiki kontras. Kontras photo yang baru selesai Anda ambil biasanya masih bias, sehingga perlu di perbaiki.

Bagi Anda yang sudah paham dengan histogram foto, pasti Anda akan memahami mengapa fungsi curve penting.

Jadi sebelum melanjutkan proses editing, lakukan perbaikan pada curve untuk memperbaiki warna pada photo. Berikut ini contoh gambarnya.

Teknik Dasar Edit Foto Menggunakan Photoshop

Caranya bagaimana?

Silahkan Anda pilih menu Layer => New Adjustmen Layer => Pilih Curve. Anda bisa menarik grafik secara manual pada windows curve atau dengan cara memilih area dark dan bright seperti yang saya buat pada tanda diatas.

Anda bisa menarik grafik curve pada gambar paling kanan, geser sampai Anda menemukan kontras yang jelas pada foto yang ingin Anda rubah. Cukup mudah bukan? Memang terkesan spele dan sering diabaikan. Akan tetapi manfaatnya sangat banyak. Para pengolah foto profesional sering memanfaatkan fitur ini.

Perubahan pada masing – masing pixel juga menjadi lebih stabil jika Anda menggunakan fitur diatas. Untuk itu, sangat disarankan Anda mengatur curve terlebih dahulu sebelum melakukan editing yang lebih jauh.

Menggunakan Liquify

Fungsi ini sangat sering kita temui, terutama ketika merubah postur wajah seseorang. Anda dapat membuat foto terlihat gemuk atau kurus dengan menggunakan fitur ini. Memang ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Akan tetapi, cara tercepat dan bisa memberikan Anda leluasa saat melakukan editing adalah dengan menggunakan fitur leiquify.

Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

Edit Foto Menggunakan Photoshop

Untuk mengaktifkan fitur liquify silahkan Anda buka menu Filter => Lalu pilih Liquify. Pada contoh gambar diatas, Anda bisa mengatur ketebalan rambut, bentuk wajah dan berbagai jenis perubahan lainnya. Fitur ini sangat sering digunakan oleh para master editing foto, selain cepat, fitur ini memberi kebebasan Anda untuk melakukan perubahan editing.

Menggunakan Fitur Layer Mask

Selanjutnya, agar pemahaman layer Anda lebih hebat, Anda bisa belajar bagaimana cara menggunakan layer mask. Layer mask merupakan cara terbaik untuk memanipulasi berbagai jenis foto. Anda bisa membuat kreasi dengan langkah yang sangat mudah.

Berikut contoh gambar teknik menggunakan layer mask. Anda dapat mencoba berbagai teknik lain dengan fitur ini.

Edit Foto Di Photoshop

Pada contoh diatas, saya melakukan blend untuk menyembunyikan foto pertama. Anda dapat memanfaatkan warna dalam hal ini. Silahkan ikuti urutan seperti yang tertera pada gambar diatas.

Langkah pertama, tambahkan layer mask pada layer pertama. Pada langkah kedua, pastikan layer mask tersebut aktif (sedang dipilih). Langkah ketiga pilih brush tool. Langkah ke empat, silahkan Anda buat warna foreground menjadi hitam.

Nah ketika Anda ingin memunculkan kembali bagian yang Anda mask, tukar kembali warna foreground menjadi putih. Mudah bukan?

Lanjutkan dengan mengarahkan brush tool pada bagian foto yang ingin di masking. Dengan cara diatas, Anda dapat mengatur seberapa besar persentase maks. Cara diatas dapat membuat penguasaan layer menjadi lebih cepat. Untuk proses editing lain, Anda dapat dengan mudah menguasainya.

Baca juga: Belajar Prinsip Dasar Photoshop Untuk Fotografer

Itulah tadi beberapa cara atau teknik yang bisa kita gunakan untuk melakukan editing foto. Memang masih bersifat dasar, akan tetapi, teknik diatas memang sering digunakan.

Selain teknik diatas, masih banyak metode lain yang juga merupakan bagian penting yang paling sering digunakan, yaitu penggunaan transform tool, penggunaan burn color dan semacamnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.

Updated: August 14, 2017 — 7:29 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap