Benarkah Menulis Bisa Memberikan Penghasilan? Yuk Simak Ulasannya

Mungkin Anda pernah bertanya seperti judul diatas. Anda berpikir apakah benar menulis bisa memberikan penghasilan? Ternyata, setelah sekian lama saya latihan menulis blog, saya bisa mengatakan bahwa itu semua tergantung dari bagaimana cara Anda menjalaninya.

Memang menulis itu bukan pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang. Akan tetapi, jika sudah mahir, menulis bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Penghasilan dari menulis

Bagaimana dengan saya, apakah menulis menjadi menyenangkan? Kalau saya sih masih tergantung mod. Saya sendiri tidak tahu bagaimana kualitas artikel yang telah saya tulis. Apa yang saya lakukan hanyalah keinginan untuk saling berbagi.

Kembali lagi ke pertanyaan diatas, apakah benar menulis bisa menghasilkan penghasilan. Jawabannya benar. Berapa besar hasilnya? Itu semua tergantung dari usaha dan cara Anda.

Nah pada artikel ini sebenarnya saya ingin memberi tahu Anda apa saja jalan yang bisa Anda tempuh agar hasil tulisan Anda bisa memberikan penghasilan bagi Anda. Tak peduli apapun latar belakang pendidikan Anda, semua orang memiliki kesempatan yang sama. Yang membedakan adalah praktek yang dilakukan dan ketekunan dalam berkarya

Kalau kita cuma bermimpi ingin menulis tanpa praktek, maka tak akan ada tulisan kita yang terbit di media. Akan tetapi, jika kita mau praktek dan berani mencoba maka saya yakin kita bisa menghasilkan profit lewat tulisan yang dibuat.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan income tambahan. Terutama bagi Anda yang hobi menulis artikel.

1. Menjadi penulis tetap di blog – blog besar.

Pernahkah Anda menyadari beberapa blog besar yang Anda baca ternyata memiliki banyak penulis? Untuk blog luar coba perhatikan techcrunch.com. Untuk blog dalam negeri coba perhatikan blog bang marixon di maxmanroe.com. Dan, masih banyak blog besar lainnya.

Penulis pada blog besar tersebut dibayar sangat mahal, tergantung dari kualitas artikel yang dibuat. Bahkan, untuk blog – blog besar sudah ada tim review ataupun tim editor.

Nah, dari contoh diatas, apa yang bisa kita simpulkan. Ternyata memang benar, dari tulisan – tulisan yang ada dapat memberikan penghasilan bagi pemilik blog ataupun bagi para penulis.

Memang tidak mudah agar diterima menjadi penulis pada blog besar, ada standar yang harus dipenuhi jika ingin menjadi penulis tetap. Itulah tantangan bagi pemula, kita harus mampu menghasilkan karya tulisan yang berkualitas dan memenuhi syarat.

Blog besar biasanya melakukan update setiap hari, tergantung dari strategi pemilik blog. Jumlah blog pun sangat banyak.

Tahukah Anda bahwa ada jutaan artikel yang terbit setiap hari di Internet seluruh dunia. Jadi, peluangnya sangat luas. Apalagi jika Anda mampu menguasai bahasa Inggris.

2. Menjadi content writter dengan menawarkan jasa.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan artikel secara mandiri. Para pemilik blog atau website e-commerce terkadang mencari penulis secara mandiri. Dengan cara seperti ini, pemilik blog dapat menentukan jumlah artikel yang ingin di beli.

Dari mana saya bisa menawarkan jasa? Mungkin itu pertanyaan Anda.

Mudah, mulailah dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Gunakan media sosial untuk melakukan promosi. Lalu gabung bersama group blogger Indonesia. Anda bisa membuat contoh karya tulisan Anda agar calon pembeli artikel dapat menilai kualitas artikel yang Anda miliki.

Utamakan kualitas artikel dan pelayanan Anda. Berikan kemudahan kepada konsumen. Ini sangat penting agar kualitas jasa Anda bisa tersebar dengan cepat.

Jika pemilik blog merasa puas, mereka bisa menulis tentang Anda di Internet. Sehingga lebih banyak orang yang akan mengenali Anda dan menggunakan jasa tulisan Anda.

Langkah selanjutnya ketika Anda mulai kebanjiran order, Anda bisa menggaji karyawan. Cari penulis – penulis berbakat lainnya untuk membantu Anda. Selanjutnya, Anda bisa membangun website jasa penulis artikel secara mandiri. Sebagai contoh, Anda bisa lihat kontenesia.com.

3. Membuat buku lalu dijual.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa penulis hebat yang bisa menghasilkan income besar secara pasif dari hasil penjualan buku. Anda bisa mencari kisah sukses mereka melalui Internet.

Buku seperti apa yang bisa laris dipassaran?

Buku yang mampu memenangkan pasar merupakan buku yang sangat bermanfaat. Dapat memberikan solusi bagi pembelinya.  Cari sesuatu tema yang bisa membantu orang lain dan bisa Anda kuasai.

Belajar dari mereka yang telah mampu sukses berjualan buku. Cermati kisah mereka dan strategi yang mereka gunakan.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin memiliki penghasilan lewat karya tulisan. Sebenanrya, masih banyak cara lain yang belum bisa saya tulis. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap