Berikut Beberapa Tips Penting Ketika Ingin Menjadi Blogger

Setiap orang yang membuat blog baru pasti punya suatu tujuan  yang menjadi sebuah alasan mengapa membuat blog. Dan yang paling sering adalah agar blog yang dibuat bisa popular. Baik dari segi pengunjung maupun dari segi penghasilan.

Memang ada berbagai macam alasan yang menjadi latar belakang seseorang membuat blog. Akan tetapi secara umum belakangan ini rata – rata pembuat blog berkeinginan agar blog yang ia kelola mampu menjaring pengunjung sebanyak mungkin. Nah untuk mencapai tujuan tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

membuat blog baru

1. Mengetahui SEO modern

Seo sekarang ini sudah sangat berbeda dengan masa dulu, pada waktu tahun 2006 kebawah, seo masih bisa diakali dengan membangun backlink sebanyak banyaknya. Sehingga, hasil pencarian yang muncul cenderung kurang relevan. Akan tetapi google tidak tinggal diam, mereka terus merombak dan melakukan beberapa perbaikan pada algoritma mereka.

Sehingga sekarang ini muncul algoritma baru yang terus mengalami perubahan, perubahan ini mengikuti cara google menilai dan mengukur bagaimana konten seharusnya muncul.

Untuk itu, muncul istilah Google Follow People, jadi jika pembaca suka dengan artikel Anda, maka artikel Anda akan tampil nomor satu. Dari sini sering kita dengar istilah user experience.

Nah bagi Anda yang ingin membuat blog baru berikut ini ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan yang menyangkut dengan user experience.

  1. Usahakan blog Anda bisa cepat saat di akses
  2. Pelajari bagaimana menulis konten yang menarik
  3. Pilihlah font yang enak dibaca. Bagian ini termasuk seni typografi.
  4. Buat desain blog Anda menjadi lebih enak dilihat dan dilengkapi dengan navigasi yang memudahkan pembaca blog.

Saya rasa semua faktor diatas sudah termasuk kedalam upaya agar blog Anda benar – benar memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna Anda.

2. Ketahui Tulisan Seperti Apa yang Bisa Membuat Blog Anda Popular

Tips yang kedua jika Anda ingin membuat blog adalah, belajarlah bagaimana membuat konten yang menarik. Mengapa? Hal ini termasuk untuk membuat agar pembaca merasa puas dengan artikel yang Anda sajikan.

Jika Anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka sudah tentu Anda harus menulis setiap hari. Mau tidak mau Anda harus menulis konten, rajin update dan lain sebagainya yang menyangkut aktivitas blogging.

Akan tetapi, bagi blogger yang telah berhasil memiliki penghasilan, saya rasa mereka bisa dengan mudah menciptakan konten. Ada 2 alasan mengapa blogger senior bisa menerbitkan artikel dalam jumlah yang banyak setiap hari.

  1. Karena mereka sudah jago menulis
  2. Dibantu dengan membeli artikel atau menyewa penulis tetap.

Bagi Anda yang masih baru belajar menulis, kuncinya ada pada niat, jika sudah membulatkan niat, maka menulis bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan.

3. Promosi juga tak kalah penting

Promosi merupakan kegiatan penting dalam membangun sebuah blog. Dengan promosi, blog Anda lebih cepat dikenal dibandingkan dengan tidak promosi sama sekali. Banyak sekali media yang bisa Anda jadikan tempat untuk promosi. Bisa menggunakan media sosial, menggunakan iklan berbayar dan bekerja sama dengan blogger lain.

Promosi dapat membantu blog Anda cepat popular. Memang blog tanpa promosi bisa juga popular, akan tetapi tidak secepat blog yang di gembleng dengan promosi. Akan tetapi, kembali lagi soal konten, jika konten blog Anda menarik,  dalam waktu sekejap blog bisa popular juga lho. Sebagai contoh hipwee. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, blog community tersebut mampu meraih jutaan pengunjung.

4. Desain dengan tujuan User Experience

Agar blog Anda terkesan profesional, buatlah desain blog yang lebih menarik dari kompetitor Anda. Buat desain blog dengan gaya elegan dan bisa menunjukkan perbedaan dari blog lain. Desain blog dengan ciri tersendiri membuat blog Anda lebih mudah dikenali. Anda tak harus meniru desain blog orang lain.

Walaupun sekang ini telah banyak tersedia theme gatis maupun berbayar sehingga membuat adanya persamaan antara satu blog dengan blog lain, akan tetapi, sebagai pembeda, buatlah beberapa perubahan sedikit, baik itu pada warna, susunan widget dan sebagainya agar blog anda lebih terlihat berbeda.

Desain juga termasuk dalam upaya untuk meningkatkan user experience seperti yang telah kita bahas diatas.

5. Bergabung dengan para blogger lain

Seperti bidang bisnis yang lain, bidang blog juga perlu memperbanyak relasi, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda mampu memperbanyak relasi. Kegiatan – kegiatan blogging bisa Anda kuasai dengan cepat.

Memang terkadang blogger senior jarang mau meladeni blogger baru, bukan karena mereka sombong, karena mereka sibuk dengan kegiatan nya. Apalagi ketika blog mereka sudah banyak pengunjungnya, sudah tentu banyak juga yang bertanya.

Akan tetapi, sebagai pemula tidak perlu minder, saya juga seperti itu, yang penting berusaha untuk memperoleh teman blogger sebanyak – banyaknya.

Gabung bersama group blogger juga merupakan hal yang menarik. Mengapa? Di group bisa berbagi berbagai macam info, mulai dari update terbaru algoritma atau beberapa trend bisnis yang baru. Dari cara seperti ini dapat membuat Anda selalu uptodate dan mengetahui perkembangan dunia blogging realtime.

6. Tentukan target Audien blog

Coba ajukan pertanyaan pada diri Anda sendiri, apa tujuan membuat blog, siapa yang akan menjadi target pembaca blog Anda. Blog yang dibuat ter-target dan perencana dengan baik dapat membuat Anda mudah ketika ingin mengisi konten.

Selain itu, blog dengan target yang jelas dapat dengan cepat memperoleh pembaca setia. Sebagai contoh coba lihat blog popular lokal hipwee. Blog community tersebut jelas menarget para kawula muda, menyajikan artikel dengan gaya bahasa yang santai.

Anda dapat melihat buktinya, mereka mampu memiliki pembaca yang loyal, banyak sekali penulis artikel aktif yang ikut serta menjadi kontributor.

Selain menentukan tema dengan cara diatas, ada lagi para pemain blog yang menentukan tema berdasarkan riset keyword. Mereka membuat blog berdasarkan niche yang spesifik. Artinya begini, mereka melakukan penelitian tingkat persaingan terlebih dahulu, kemudian menilai, apakah topi tersebut layak untuk di kerjakan.

Terutama bagi Anda yang ingin menggarap blog bahasa inggris, saya rasa Anda harus melakukan riset, karena ada beberapa kata kunci utama yang memiliki tingkat persaingan tinggi. Atau tema tersebut sudah dikuasai oleh pelaku perusahaan besar. Tentu authoriy mereka lebih kuat di mesin pencari.

Untuk motivasi, temukan alasan yang kuat Apa Tujuan Anda membuat blog?

Alasan yang kuat dapat memberikan motivasi dalam diri Anda. Sehingga Anda dapat menjalankan kegiatan blogging dengan senang hati dan penuh keseriusan.

Menurut saya lebih baik tujuannya adalah agar bisa berbagi dan bisa membantu orang lain. Dengan tujuan seperti ini dapat membuat Anda menjadi ringan ketika menulis. Selalu ada saja ide yang muncul untuk dijadikan bahan tulisan artikel di blog Anda.

Konten merupakan faktor penentu agar blog mampu mendapatkan visitor yang banyak. Jadi update konten di blog Anda dengan tujuan agar bisa membantu orang lain, buat artikel yang jelas dan enak dibaca. Traffic blog pun akan terus naik setiap hari. Dan jawabannya, anda bisa dengan mudah memonetize blog tersebut.

Sebenarnya saya sudah membuat beberapa artikel yang saling terkait dengan posting artikel ini. Jika Anda ingin membaca artikel tersebut, silahkan lihat pada link berikut ini.

Baca juga : 7 Tips Bagaimana Membangun Blog Baru Untuk Pemula

Semoga penjelasan diatas tadi dapat membantu teman – teman yang ingin membangun blog baru. Selamat mencoba.

Updated: September 3, 2017 — 9:53 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap