Contoh Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Bisnis ikan nila

Usaha budidaya ikan merupakan sektor yang akan terus ada permintaannya. Bahkan saat ini kebutuhan ikan terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah penduduk dari waktu ke waktu.

Hasil budidaya ikan air tawar yang ada sekarang ini belumlah mampu mencukupi permintaan pasar dalam negeri. Apalagi untuk kebutuhan luar negeri.

Tentu prospek yang ada semakin terbuka jika kita mampu memahami perdagangan ekspor impor. Selain itu, budidaya ikan air tawar terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan ikan air laut.

1. Ikan Gurami

Ikan gurami merupakan ikan yang hidup di rawa – rawa, sungai atau kolam. Nah secara teknikal, budidaya ikan ini cukup mudah jika dilihat dari kebiasaan ikan gurami pada habitatnya.

Telur ikan gurami biasanya menempel pada tumbuhan sebagai sarang. Setelah anak ikan gurami menetas, induk gurami akan menjaga anaknya.

Dari segi rasa, ikan gurami lumayan dicari oleh para penggemar ikan air tawar. Apalagi masakan Indonesia sangat khas dengan berbagai jenis olahan-nya.

Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan lauk pauk, ikan gurame juga sering kita jumpai sebagai ikan hias di akuarium.

2. Budidaya Ikan Lele

Dari segi cita rasa, ikan lele sangat digemari oleh masyarakat, terbukti dengan hadirnya warung pecel lele yang tersebar dimana – mana. Anda bisa melihat diwarung pecel lele selalu ramai dikunjungi.

Dari segi pembiayaan, budidaya ikan lele juga terbilang murah, hanya saja perlu pengetahuan yang cukup agar proses budidaya dapat berkembang dengan baik. Seperti memahami kapan harus disortir dan mengetahui jenis makan yang pas.

Anda dapat menambah wawasan tentang budidaya ikan lele dengan mudah. Seperti dengan membaca buku di perpustakaan dan lain sebagainya.

Itulah alasan mengapa budidaya ikan lele begitu popular saat ini. Selain alasan diatas, ikan lele juga memiliki daya tahan yang cukup kuat.

3. Potensi Budidaya Ikan Mas

Cita rasa ikan mas memang sangat khas, sehingga banyak sekali orang yang menyukai ikan jenis ini. Buktinya kita selalu dengan mudah menemukan menu ikan mas ini pada setiap restoran yang berada di kota besar.

Dari pemaparan diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa potensi budidaya ikan mas sangat terbilang tinggi. Dengan harga yang pas di kantong, cara budidaya yang mudah, ikan mas bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Apalagi jika dibarengi dengan keahlian marketing.

Mengapa harus dibarengi dengan marketing?

Sehebat apapun produk yang Anda miliki, jika tidak dibarengi dengan marketing tidak akan berguna. Untuk itu, pelajari bagaimana cara marketing yang baik.

Kembali lagi ke pembahasan.

Ikan mas sangat menyukai air yang tidak terlalu dalam dan memiliki arus yang tidak terlalu deras. Dengan demikian proses budidaya bisa dilakukan dengan mudah.

Ikan mas juga memiliki bentuk tubuh yang menarik perhatian, sehingga ikan mas sering juga kita temui di akuarium sebagai ikan hias.

4. Potensi Bisnis Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan air tawar yang hampir menyerupai ikan mas. Dari sumber wikipedia, ikan nila berasal dari afrika yang berada di perairan sungai Nill, danau Tangiya Nigeria.

Budidaya ikan nila sangat cocok jika diterapkan pada daerah yang memiliki sumber air bersih yang banyak.

Proses pembibitan-nya pun sangat mudah. Dari sepasang induk ikan nila bisa memproduksi antara 250 hingga 1000 ekor anak.

5. Ikan Patin

Budidaya ikan patin membutuhkan penanganan yang khusus. Dengan demikian bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan ini,perlu penanganan dan pemahaman khusus.

Ikan patin biasanya dibesarkan dengan kepadatan 20 hingga 30 ekor per m2. Dari larva membutuhkan waktu 3 hingga 4 minggu untuk di tebar pada kolam. Ikan patin siap dipanen setelah dibudidayakan selama 6 bulan.

Baca juga : Peluang Usaha Ternak Kroto, Benarkah Menjanjikan Penghasilan?

Cara Pemasaran Ikan Air Tawar

Pemasaran ikan air tawar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti ke agen penampung, berlangganan dengan restoran,  pasar atau dengan cara membuka lapak sendiri.

Agar menemukan metode terbaik, Anda bisa langsung melakukan survey dengan cara bertanya ke orang yang sudah berpengalaman. Dengan cara tersebut, Anda akan mendapatkan pemahaman yang tinggi mengenai cara memasarkan produk.

Itulah tadi beberapa contoh budidaya ikan dan peluang usahanya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam sukses selalu.

Updated: March 21, 2018 — 11:06 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap