Bisnis Dropship Pemula, Berikut Tips yang Bisa Anda Coba

Bisnis dropship merupakan bisnis yang bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Karena prinsipnya menjual produk orang lain. Jadi Anda tidak membutuhkan produk sama sekali, kita hanya bertugas menjadi perantara antar penjual dan pembeli.

Mungkin ada sebagian dari kita yang masih bingung dengan istilah dropship, reseller dan affiliate marketing. Dari ketiga istilah ini sebenarnya merujuk pada hal yang sama yaitu menjual produk orang lain. Hanya perbedaan proses dan caranya saja.

Dropship merupakan bisnis tanpa harus memiliki stok barang yang akan dijual, jadi Anda hanya bertugas untuk menjual produk orang lain. Sedangkan reseller adalah sebuah agen dan Anda harus membeli produk nya terlebih dahulu untuk dijual kembali.

Peluang Bisnis dropship

Lalu bagaimana dengan affiliate marketing? Affiliate marketing sama seperti bisnis dropship, hanya saja pada tipe affiliate marketing, semua proses transaksi dan jual beli dilakukan oleh pemilik produk.

Apakah Benar Tanpa Modal?

Jika dibilang tanpa modal sama sekali itu tidak sepenuhnya benar, karena jika kita ingin mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi, maka kita tetap membutuhkan beberapa modal untuk mempermudah promosi.

Hanya saja banyak sekali kemudahan yang akan kita dapatkan. Karena kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk menciptakan produk.

Berikut Cara Menjadi Dropship

Agar kita berhasil menjalankan bisnis, maka perlu dilakukan berbagai analisa. Tujuannya sudah tentu agar bisnis yang kita jalankan berhasil dan memberikan kesuksesan untuk kita. Nah berikut ini ada beberapa analisa yang perlu kita lakukan.

1. Pilih jenis produk atau jasa berdasarkan riset pasar

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah, mencari jenis produk yang paling memberikan peluang besar untuk sukses. Untuk mencari produk yang paling laku dan dapat memberikan kesuksesan jangka panjang, tentu haru melalui analisa terlebih dahulu. Kita perlu mengumpulkan data yang lengkap.

Jika Anda menggunakan media online, untuk melakukan riset, manfaatkan Google trend dan media – media besar untuk melihat kecenderungan bisnis saat ini.

Riset pasar bisa diteliti dengan cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari dan memiliki trend positif. Gunakan tool seperti Google keyword planner untuk mengetahui peluang market yang ada. Tool tersebut dapat menunjukkan berapa jumlah pencari setiap kata kunci yang Anda teliti.

Kata kunci yaitu kata yang diketik oleh pengguna internet ketika mereka mencari sesuatu, bisa produk, tutorial, informasi dan lain – lain.

Pelajari juga keyword yang mengandung trend. Karena ada beberapa jenis – jenis produk bisa trend pada waktu tertentu. Misalkan saat lebaran, saat liburan tahun baru dll.

2. Cari partner bisnis yang terpercaya

Cari partner atau penyedia bisnis dropshiper yang profesional. Anda bisa mencari penyedia dropship yang mampu melayani konsumen dengan cepat, kualitas produk tinggi, melayani konsumen dengan baik. Karena Anda juga harus menjaga nama baik Anda. Tentu kita ingin agar bisnis yang kita kelola bisa bersih dan bisa bertahan terus menerus.

Saat ini kita dengan mudah dapat menemukan dan menentukan mana bisnis yang baik dan tidak. Anda bisa memanfaatkan search engine untuk menilai dari berbagai review yang ada. Berkat teknologi semuanya bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

3. Terapkan nilai tambah

Anda bisa memberikan nilai tambah untuk meningkatkan penjualan. Mungkin Anda bisa memberikan bonus, hadiah atau kupon. Tentu kita harus mengetahui produk yang akan dijual terlebih dahulu, karena nilai tambah yang baik diusahakan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Selain berbentuk bonus, kita juga dapat memberikan nilai tambah berupa panduan dalam bentuk buku, ebook atau software. Tergantung dari jenis produk yang Anda kelola. Semua itu dapat menguntungkan Anda dari segi promosi

4. Fokus

Kita bisa menjadi seorang marketer hebat jika menguasai produk. Anda bisa menjadi pembicara handal jika menguasai materi yang dibahas. Begitu juga dengan bisnis dropship, alangkah lebih baik kita fokus terlebih dahulu pada satu bidang hingga kita benar – benar menguasainya.

Setelah Anda mampu menghasilkan jumlah penjualan yang banyak, Anda bisa menambah beberapa jenis produk atau jasa yang lain.

Agar mampu fokus, buatlah plan yang jelas dan target yang ingin dicapai. Dengan rencana yang matang membuat Anda menjadi tetap terarah pada tujuan bisnis yang Anda buat. Untuk itu, selain menentukan jenis produk atau jasa yang ingin dijual, langkah penting lainnya adalah membuat plan bisnis.

Kita bisa saja membuat plan A dan plan B serta beberapa plan alternatif. Yang penting pahami terlebih dahulu bidangnya. Mulai dari analisa pasar hingga mencari cara promosi yang efektif.

5. Mudahnya pemasaran

Setelah kita mengetahui beberapa langkah analisa diatas, selanjutnya kita cari tahu apa saja metode yang bisa kita gunakan untuk pemasaran. Mulai dari promosi hingga media yang akan digunakan.

Zaman sekarang ini memasarkan produk sudah sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan media sosial, BBM, aplikasi chat, forum, blog atau membuat website e-commerce sendiri.

Anda tentu sudah tahu bukalapak.com bukan? Nah website tersebut menjual berbagai macam produk. Pengunjung bukalapak.com saja sudah mencapai jutaan orang setiap hari. Itu tentu angka yang sangat luar biasa.

Jika memiliki modal, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi Iklan Google Adword. Jadi metode yang bisa kita gunakan untuk promosi juga banyak sekali. Akan tetapi, bagi pemula tentu harus belajar terlebih dahulu, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menjadi seorang internet marketer yang handal.

Baca juga : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

6. Niat dan praktek

Setelah kita menguasai analisa diatas, selanjutnya mulai praktek. Ide tanpa praktek nyata bukan berarti apa – apa. Perlu tindakan nyata agar bisnis Anda bisa berkembang. Kita harus memiliki niat yang kuat untuk mampu bersaing dengan yang lain.

Niat dan motivasi yang kuat dapat mendorong aktivitas kita menjadi lebih berkualitas. Apalagi Anda membuat plan yang jelas, tentu lebih mudah dalam mencapai kesuksesan. Karena biasanya plan harus lengkap dengan strategi. Misalkan plan A, B, dan beberapa alternatif plan lain yang Anda buat. Jadi tetaplah fleksibel, melakukan inovasi serta terus maju.

Kesimpulan :

Bisnis dropship memang sangat menarik untuk dijalankan. Selain karena tidak membutuhkan produk, Anda dapat praktek sekaligus belajar bagaimana cara menjadi seorang internet marketer. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan memberikan pencerahan untuk Anda. Salam sukses selalu.




Updated: August 16, 2017 — 6:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap