Bisnis Karya Seni? Berikut Peluang Bisnis Bagi Kamu yang Hobi Seni

Apakah kamu hobi seni? Lalu kamu ingin mencari tahu apa saja peluang bisnisnya?. Berikut ini akan kita ulas apa saja peluang bisnis yang bisa dikerjakan dari hobi seni yang kamu miliki.

Hobi seni merupakan hobi yang paling menyenangkan, seni berhubungan erat dengan cara pemikiran yang imajinatif. Apalagi jika hobi bisa dijadikan penghasilan, tentu akan menjadi pekerjaan yang lebih menyenangkan lagi bukan?

Berkat bantuan teknologi seperti komputer dan internet, hobi seni bisa mendatangkan penghasilan tinggi lho. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Bisnis Karya Seni

1. Menjadi Desainer Grafis Online Offline ( Photoshop, Correl Draw dll )

Jika kamu hobi melukis atau hobi editing foto, kamu bisa mencoba belajar aplikasi Photoshop. Aplikasi ini bisa kamu jadikan media untuk menuangkan kreativitas kamu.

Jasa desain editing foto seperti ini bisa kamu lakukan secara online dan offline. Karena ternyata banyak yang membutuhkan jasa tersebut.

Sebagai contoh ketika acara resepsi pernikahan atau sesi pre-wedding, mereka menggunakan jasa fotografer dan kemudian hasil foto diedit terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi editing.

Nah jika kamu punya bakat dan memiliki hobi editing foto tersebut, kamu bisa membuka jasa editing foto pernikahan.

Corel draw biasanya digunakan untuk membuat kartu undangan dan banner iklan. Kamu pun bisa mempelajari software tersebut dengan mudah. Karena tutorial Corel Draw bisa kamu dapatkan secara gratis melalui artikel – artikel yang ada di internet.

2. Menjual karya desain kamu ke media online

Jika kamu orang yang suka membuat aneka desain seperti editing foto, lukisan dan berbagai karya seni lain, kamu bisa menjual produk tersebut ke media online.

Kita tahu bahwa setiap bidang bisnis memiliki target pasar masing – masing. Begitu juga dengan karya seni, ada target market tersendiri yang harus kamu manfaatkan.

Silahkan lakukan riset dengan sering menjelajah di internet, temukan jasa – jasa desain secara online. Perhatikan bagaimana mereka menjual dan bagaimana cara mereka membuat bisnis seni menjadi lebih menguntungkan.

3. Membuat Berbagai Lukisan Karikatur, Handcraft, Dll

Bagi kamu yang hobi melukis tanpa menggunakan komputer, kamu bisa mencoba aneka jenis lukisan dengan variasi media. Seperti dengan membuat lukisan di kaca, gelas dan lain sebagainya.

Sebagai contoh seni lukis handcraft dari kaca. Potensi bisnis handycraft juga terbilang cukup tinggi, apalagi hasil karya yang kamu buat begitu unik. Begitu juga dengan karya seni karikatur, kamu bisa menjual karya – karya kamu.

4. Menjadi Fotografer

Seperti yang telah dijelaskan pada poin diatas sebelumnya bahwa pada acara resepsi pernikahan, jasa fotografi sangat dibutuhkan. Nah bagi kamu yang hobi seni foto, tidak ada salahnya mencoba  untuk belajar dan mendalami teknik fotografi.

Setiap bisnis tentu ingin terus berkembang bukan?

Untuk itu, agar jasa fotografer kamu semakin dikenal, buatlah karya terbaik lalu publikasi hasil karya kamu melalui media sosial atau web pribadi kamu .

5. Menjual peralatan seni

Para pelaku usaha seni tentu membutuhkan peralatan. Seperti peralatan melukis, media melukis, kamera dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa market seni juga terbuka untuk kamu.

Kamu bisa membuka toko secara offline dan online untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha seni. Promosikan produk kamu ke forum online yang bergerak dibidang seni. Selain itu, kamu bisa mencoba bergabung bersama para seniman dan sering mengikuti pameran seni.

8. Make Up

Make up bukanlah pekerjaan yang mudah bagi semua orang. Tidak semua orang bisa menjadi ahli dibidang make up. Hal tersebut yang menjadi alasan utama mengapa jasa make up dihargai sangat mahal.

Untuk merintis usaha makeup, kamu bisa mengikuti kursus terlebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan kamu. Kemudian kamu coba promosikan diri dengan membuka jasa makeup untuk pernikahan, acara wisuda, sesi pre-wedding, karnaval dll.

9. Guru Les Karya Seni

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Kamu bisa mengajarkan ilmu seni kamu kepada anak – anak agar mereka bisa berkarya. Ada kebahagiaan tersendiri ketika kamu berhasil membuat orang lain sukses.

Selain tujuan mulia, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka kursus seni tersebut. Silahkan kamu coba rintis didaerah lokasi kamu berada. Tentukan bidang seni yang paling diminati secara umum.

Baca juga : Belajar Teknik Dasar Editing Foto Menggunakan Photoshop

Silahkan share artikel ini jika bermanfaat, semoga artikel ini bisa memberikan ide buat kamu yang hobi seni dan ingin menjadikan hobi kamu tersebut sebagai sebuah bisnis. Salam sukses selalu.

Updated: April 1, 2018 — 3:18 pm

2 Comments

Add a Comment
  1. Makasih infonya gan, semoga bermanfaat bagi pembaca ^^

    1. Terimakasih kembali sudah berkunjung ke blog ini gan :). Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap