7 Peluang Bisnis Online yang Bisa Dikerjakan Dari rumah

Bisnis online yang bisa dikerjakan dirumah

Bisnis online yang bisa dikerjakan dirumah itu jumlahnya banyak sekali. Hanya saja, perlu kita pahami terlebih dahulu, mana yang cocok untuk dijalankan. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan dari segi skala prioritas. Yaitu dengan mengukur apakah akan dijadikan bisnis utama atau sampingan?

Selain memperhatikan skala prioritas, kita juga perlu mengetahui, dimana bakat dan minat yang kita miliki. Sebagai contoh, mungkin Anda berbakat dibidang fashion, menulis, dan semacamnya. Langkah seperti ini membantu kita untuk memilih jenis bisnis yang ingin dijalankan.

Memilih jenis bisnis juga perlu didukung dengan analisa marketnya. Siapa target bisnis Anda, bagaimana para pesaing Anda, dan memahami bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut. Perlu beberapa analisa data biar Anda tepat ketika menjalankan bisnis online dari rumah.

Dari data survey lembaga e-marketer, indonesia menduduki peringkat 5 lho, ada sekitar 112 juta jiwa pengguna internet. trend dan pertumbuhan belanja online terus diminati kan? Jumlah transaksinya juga meningkat. Trend ini akan terus mengalami peningkatan dimasa yang akan datang.

Beberapa Contoh peluang bisnis yang bisa dikerjakan dirumah

Berikut ini sengaja saya menulis beberapa contoh bisnis online yang bisa dikerjakan dirumah, Selain list dibawah ini. Masih banyak jenis bisnis lainnya yang bisa Anda kerjakan. Anda bisa memperhatikan situs – situ online sekarang. Lihat bagaimana dan apa produk yang mereka tawarkan.

1 . Menulis Konten

Bisnis era digital semuanya butuh konten

  • Website E-commerce butuh penulis untuk membuat deskripsi produk
  • Website E-commerce butuh penulis ketika membuat sales pages
  • Portal berita butuh penulis untuk mengisi konten mereka
  • Blog besar popular menggunakan jasa penulis untuk update konten mereka

Selain menjadi penulis artikel pada media tersebut diatas. Masih banyak lagi peluang lainnya yang bisa di konversi menjadi profit secara online seperti, membuat buku sendiri, menjadi penulis artikel blog pribadi dan semacamnya.

2. Affiliate Marketing / Sales online

Affiliate marketing yaitu model bisnis menjual produk orang lain. Anda mendapatkan komisi dari bagi hasil. Sesuai dengan perjanjian yang dibuat oleh pemilik produk. Bisnis model ini cenderung diminati oleh pelaku internet marketer pemula. Karena mudah, tidak butuh produk sendiri. Karena punya produk sendiri biasanya butuh modal, jika tidak modal uang, ya modal pikiran dan waktu. Nah karena tidak butuh produk, pemula cenderung memilih model affiliate marketing.

Caranya promosinya bagaimana?

Secara garis besar, pelaku affiliate marketing menggunakan media blog untuk promosi. Apalagi jika Anda mampu menulis artikel menggunakan bahasa inggris. Peluangnya semakin besar. Sebut saja seperti kerja sama dengan affiliate amazon. Banyak pebisnis model ini menghasilkan ribuan dolar perbulan.

Cara pertama dengan membuat blog

Jangan tergiur dengan kata – kata bahwa membuat blog itu mudah. Butuh kerja keras dan cerdas. Membuat blog membutuhkan konsistensi. Terutama membuat konten. Konten merupakan pondasi penting. Penentu kesuksesan sebuah blog tergantung konten yang Anda sajikan. Semakin berkualitas setiap konten yang Anda terbitkan, maka peluang blog untuk sukses semakin besar.

Setiap hari pemilik blog harus menerbitkan konten baru, atau setidaknya seminggu sekali dengan syarat artikel yang dibuat berkualitas. Itu saja penentunya. Bagaimana cara melihat contoh konten berkualitas atau tidak.

Mudah, cara membedakannya adalah dengan melihat posisinya di search engine. Semakin baik posisi artikel di search engine berdasarkan kata kuncinya, berarti menandakan konten tersebut disukai pembaca. Itu saja.

Cara kedua Menggunakan Market Place

Market place ibarat pasar online. Anda tentu bisa membayangkan bagaimana keadaan pasar. Jadi, dalam satu website terdapat lebih dari satu orang penjual. Banyak sekali jumlah orang yang ikut berpartisipasi memanfaatkan market place.

Contoh market place adalah tokopedia, kasuks dll. Ada istilah rekber dalam transaksinya. Anda bisa belajar bagaimana menggunakan market place untuk menjual produk Anda.

Cara ketiga dengan menggunakan iklan

Bicara tentang iklan, tentu kita langsung berpikir tentang budget. Sebagai pemula, kita harus belajar terlebih dahulu. Tujuannya agar iklan yang Anda buat benar – benar efektif.

Apa saja yang perlu dilihat? Terutama ketika Anda menggunakan media iklan Google Adword yang canggih sekarang ini.

  • Belajar bagaimana membuat landing page yang menarik
  • Belajar bagaimana menentukan target pasar seperti minat, usia, lokasi dst
  • Belajar riset keyword
  • dll

Anda bisa mempelajari bagaimana menggunakan Google Adword langsung dari situs tersebut. Atau, Anda juga bisa belajar dari para blogger yang menulis tentang tema ini. Buka mesin pencari Google, temukan apa yang ingin Anda pelajar, semakin banyak belajar semakin tahu Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk praktek.

Cara keempat menggunakan media sosial

Siapa yang tak kenal dengan media sosial. Dari berbagai macam kalangan mulai dari yang muda hingga yang tua, sebagian besar rata – rata memiliki akun media sosial. Pertumbuhan media sosial juga mulai beragam. Sebut saja seperti Google plus, Facebook, Instagram, Twitter dll. Anda bisa memanfaatkan media sosial tersebut untuk promosi.

Artikel lain : 13 Cara Promosi Produk Agar Sukses Meningkatkan Penjualan

3. Guru Online

Jika Anda suka mengajar dan ahli dibidang bahasa, situs italki bisa menjadi jawaban. Website italki.com merupakan situs pertukaran bahasa. Anda akan menemukan warga negara lain yang ingin belajar bahasa indonesia pada situs tersebut. Pertukaran bahasa bisa menguntungkan dari 2 sisi, selai mengajar, kita juga bisa belajar sekaligus.

Selain mengajar bahasa, Anda bisa menjadi guru online dibidang kurus lainnya. Seperti dengan membuka lest belajar matematika dan ilmu pengetahuan yang lain.

4. Menjual Produk Sendiri

Berbeda dengan bisnis Affiliasi seperti yang telah saya sebutkan pada poin dua diatas. Disini kita menjual produk sendiri. Bisa berupa produk digital atau produk fisik.

Sebagai contoh, coba Anda buka situs e-commerce besar seperti, bukalapak, tokobagus, amazon dsb. perhatikan bagaimana mereka membuat situs tersebut. Akan tetapi, jangan ikut – ikutan, temukan niche dan ceruk pasar yang Anda minati.

Niche umum mungkin terlalu berat, karena menyediakan berbagai macam produk. Anda bisa mencoba dengan niche tertentu saja terlebih dahulu. Misalkan menjual kue spesial acara pernikahan/ulang tahun, menjual kerajinan tangan, menjual produk olahan ukm, pakaian, sepatu, dsb.

Cara promosinya bagaimana? Sama saja, seperti yang telah saya tulis pada penjelasan poin 2 diatas. Namun memang masih banyak cara promosi lainnya, salah satunya adalah email marketing.

5. Freelancer / penulis lepas online

Anda bisa menjadi seorang penulis lepas yaitu menjual karya tulisan Anda kepada siapapun yang membutuhkan jasa Anda. Anda bisa bergaung dengan agen artikel, membuka jasa penjual artikel sendiri dan semacamnya. Cara ini lebih efektif dan fleksibel.

Anda bebas menentukan waktu kerja sendiri. Walaupun begitu, kita harus tetap menjaga komitmen dan menjaga kualitas dalam berkarya.

6. Desain Grafis

Anda minat desain grafis? Peluang bisnis desain grafis juga terbuka luas di internet. Anda bisa memanfaatkan keahlian desain Anda untuk dijual. Gunakan keahlian tersebut, manfaatkan keahlian yang dimiliki.

Jika Anda orang yang ahli mengolah aplikasi gambar seperti photoshop, coreldraw dkk. Anda bisa menawarkan jasa editing foto. Bukan hanya itu, Anda bisa menawarkan jasa desain logo, desain sampul majalah, buku dan desain banner, membuat banner iklan, membuat. Ilmu desain memang  memiliki cakupan yang sangat luas.

7. Desainer Web

Website merupakan media yang paling memegang peranan penting di kancah bisnis online. Semua butuh situs untuk membuat bisnis menjadi lebih besar. Memang persaingan desain website sudah lumayan banyak. Akan tetapi, jika kita bisa lebih profesional, jasa kita juga akan dikenal oleh banyak orang.

Jika Anda mampu memahami bahasa koding, Anda bisa menjual jasa desain website. Anda bisa menjual theme / template website yang user friendly. Rata – rata pemilik website ingin memiliki theme yang ringan dan cepat. Jika Anda bisa, tawarkan kepada mereka yang membutuhkan jasa Anda. Temukan target market yang membutuhkan jasa desain web atau theme Anda.

Kesimpulan :

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis lain yang bisa dikerjakan dirumah. Peluang tersebut memang memberikan kita kesempatan untuk meraih profit. Akan tetapi, butuh upaya yang gigih pula. Bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis offline, semuanya butuh usaha dan strategi yang tepat.

Catatan yang penting adalah, berikan yang terbaik pagi konsumen Anda. Utamakan kualitas agar bisnis Anda bisa bertahan dalam waktu yang lama. Salam sukses selalu.

Updated: July 5, 2017 — 5:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap