Bisnis Online yang Menjanjikan dan Bisa Dikerjakan Sampingan

Tunggu dulu, perlu Anda catat sebelum memulai bisnis online. Anda harus ingat bahwa binsis apapun itu, baik offline maupun online sama – sama membutuhkan usaha. Tidak ada yang instan.

Mengapa saya katakan seperti itu?

Bisnis online

Karena sekarang ini banyak sekali pemula yang terjebak dan beranggapan bahwa bisnis online itu bisa instan. Saya sendiri juga mengalami hal yang sama beberapa tahun yang lalu. Saya beranggapan bahwa bisnis online itu mudah, enak, tidak perlu kepanasan sudah bisa menghasilkan uang.

Akan tetapi kenyataannya sama saja, tidak ada yang instan.

Bisnis online bisa berhasil jika kita paham ilmunya, mau praktek dan berusaha serta menambah pengalaman. Jika itu terpenuhi, semuanya akan menghasilkan. Tak hanya bisnis online, bisnis offline juga seperti itu.

Bukan maksud saya menggurui, akan tetapi saya ingin Anda punya pondasi yang kuat agar mampu sukses.

Memang benar, banyak sekali pebisnis online yang memiliki omset ratusan juta bahkan milyaran, tapi mereka adalah para pebisnis ulet. Sebut saja seperti Jack Ma pemilik Alibaba, Blogger  lokal seperti maxmanroe.com, juragancipir.com, kaskus, hipwee dan masih banyak kisah sukses serta jenis bisnis online  lainnya di jagat raya ini.

Apa saja jenis bisnis online yang bisa menghasilkan dan bisa Anda kerjakan sampingan.

1. Menjadi penulis artikel online

Tahukah Anda bahwa menulis merupakan pekerjaan yang sekarang ini mulai naik daun? Alasan utamanya karena media internet terus berkembang. Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat lho. Sudah menduduki posisi ke lima mengalahkan Jepang.

Nah, karena pengguna internet terus meningkat, maka kebutuhan artikel juga ikut meningkat.

Untuk apa?

Wah jika kita bahas, banyak sekali. Berikut ini beberapa contoh mengapa artikel sangat dibutuhkan:

  1. Artikel untuk portal berita
  2. Artikel untuk pemilik blog
  3. Artikel untuk blog pribadi
  4. Artikel untuk para pemilik E- commerce
  5. Artikel bagi perusahaan di bidang Informasi

Dan masih banyak lagi, tak bisa di tulis semua. Masih banyak kebutuhan lain yang menjadikan profesi menulis artikel bisa sangat menjanjikan.

Coba Anda perhatikan kontenesia. Kontenesia merupakan jasa pembuatan artikel yang sangat popular. Mereka merupakan media online jasa artikel terbesar Indonesia. Anda perhatikan berapa harga per artikelnya. Fantastis bukan? Tapi memang, kualitas artikel mereka sangat luar biasa. Mereka punya puluhan penulis.

Anda bisa saja membuka usaha seperti itu. Rintis dari awal. Sebagai contoh Anda bisa melihat bagaimana seorang wanita cantik Venicka Arliana Putri, dia seorang penulis yang sukses dan kondang diantara para blogger. Tak percaya cari profilnya hehe.

2. Menulis di Blog Pribadi

Nah jika yang satu ini juga menjanjikan. Akan tetapi syaratnya artikel Anda harus berkualitas. Itu faktor penting agar blog Anda mendapatkan ribuan bahkan puluhan ribu pembaca setiap hari.

Dari mana penghasilan blogger? Banyak.. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai macam jenis bisnis. Sangat luas, misalkan dengan iklan pribadi atau kerjasama dengan perusahaan. Semakin Anda kebanjiran visitor blog setiap hari, maka semakin besar kesempatan bisnis Anda.

Perlu Anda ingat bahwa, membuat blog tidak bisa instan. Butuh ketekunan mengisi Artikel. Pada awalnya modal sendiri terlebih dahulu. Setelah menghasilkan, Anda bisa menyewa jasa penulis artikel untuk mengisi update blog Anda. Nah sebelum mencapai itu, Anda harus sabar terlebih dahulu untuk menulis artikel di blog Anda.

Lalu, bagaimana agar artikel bisa tampil nomor satu di mesin pencari?

Sebenarnya sangat mudah. Ada 3 poin penting yaitu:

  • Buat artikel menarik
  • Pastikan jenis huruf yang Anda pilih mudah dibaca.
  • Usahakan agar blog ringan saat di akses.
  • Pelajari bagaimana membuat Seo on page dan Seo Off page, tapi ingat, harus dilakukan dengan hati – hati. Utamakan saja artikel yang berkualitas.

3. Menjadi Reseller

Reseller merupakan bisnis sampingan selanjutnya yang bisa Anda kerjakan dari rumah setelah kerja. Anda tak butuh biaya produksi, tak butuh stock yang banyak. Yang penting Anda lihai melakukan promosi.

Gunakan media internet untuk melakukan promosi. Pilih produk yang awam dan kalau bisa dengan tingkat persaingan yang belum begitu tinggi.

Anda bisa mencoba menjadi reseller pada beberapa produk. Misalkan produk dari e-commerce ternama. Biasanya ada beberapa produsen yang memberikan kerja sama bentuk reseller.

Bagaimana cara promosinya?

Anda bisa menggunakan media sosial seperti Google plus, Facebook, twitter, instagram, blog pribadi dan lain sebagainya. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda tempuh, yang penting Anda pelajari dulu dari awal.

Anda bisa mencoba menerapkan teknik ATM. Amati Tiru dan Modifikasi. Coba perhatikan para pedagang sukses yang ada sekarang ini di Internet. Perhatikan tata cara mereka melakukan promosi, dan media apa saja yang mereka gunakan.

4. Membuka E-commerce

Untuk yang satu ini memang membutuhkan modal. Anda harus mampu membuat website jika tak ingin banyak mengeluarkan modal. Akan tetapi jika Anda mahir membuat sendiri, Anda bisa memangkas modal yang dibutuhkan.

Apa itu E-commerce?

E-commerce adalah situs tempat jual beli. Contohnya Tokobagus.com, Lazada.com, Blibli.com dll.

Walaupun sekarang ini sudah banyak pesaing yang bermain di E-commerce, Anda tak perlu khawatir. Coba cari produk yang masih minim persaingan. Hidupkan E-commerce Anda dengan merintis dengan cara tersebut.

Jika sudah mulai popular, Anda bisa mencoba menambah produk yang ada. Jangan langsung besar, karena Anda butuh budget agar mampu tampil terbaik di mesin pencari. Terutama menggunakan iklan Google Adword.

Saran penulis, cobalah lakukan riset terlebih dahulu yaitu tentang cara pembuatan, riset pasar, dan seo. Itu poin penting agar website E-commerce Anda bisa berjalan dengan lancar.

5. Jasa Desain grafis

Sekarang ini menjadi seorang desainer grafis bisa lewat media online lho. Anda bisa menawarkan jasa Anda melalui media sosial, melalui forum online, atau melalui blog pribadi. Tak butuh kantor besar, Anda bisa menawarkan jasa langsung dari internet.

Misalkan Anda jago dalam hal editing foto. Anda bisa mencoba untuk mempromosikan diri lewat media sosial. Berikan pelayanan terbaik, promosi dengan benar dan jujur, berikan kepuasan konsumen. Dengan cara tersebut, Usaha Anda bisa berkembang pesat. Oh ya jangan lupa bawa nama brand Anda.

6. Jasa Desain Website

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya bahwa media online terus berkembang. Nah jika Anda jago dalam hal coding. Anda bisa membuka jasa pembuatan website. Buat landing page alias blog pribadi Anda dan tawarkan jasa Anda disana.

Jasa desain website juga lumayan menjanjikan, apalagi dibarengi dengan kemampuan marketing.

Karena kita tahu bahwa sehebat apapun produk Anda, marketing adalah syarat utama agar usaha Anda berjalan. Untuk itu, Anda juga perlu belajar teknik marketing yang benar, teknik marketing yang telah teruji dengan cara belajar dari orang – orang yang sudah jago di bidangnya. Cara tersebut tentu dapat membuat kesuksesan Anda semakin cepat tercapai.

7. Jualan pribadi lewat media sosial

Poin ini sebenarnya Anda bisa menjual apa saja. Anda bisa menjual produk buatan Anda sendiri atau menjual produk orang lain.

Banyak juga kisah sukses para ibu – ibu rumah tangga dan para remaja yang berhasil meraih profit besar dengan cara berjualan lewat media sosial.

Buatlah cara promosi yang mudah dan ringan saja untuk langkah awal, setelah berhasil Anda bisa mengembangkan skala usahanya. Anda bisa menjadi reseller, menjual tulisan online, menjual aneka kue, kerajinan tangan, keahlian desain grafis dll.

Jadi untuk poin nomor 7 ini peluangnya sangat banyak dan pengertiannya juga banyak. Tak terbatas pada produk sendiri saja. Silahkan Anda Explore ilmunya. Manfaatkan internet, cari pengetahuannya.

8. Menjadi Dropshiper

Dropsihper sebenarnya sama saja dengan reseller, bedanya Anda tak harus menyediakan stock barang. Lagi pula, proses pembayaran dan pengiriman ditangani oleh pemilik produk. Anda hanya menjadi perantara saja dan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Untuk menjadi dropshiper, silahkan Anda ke Tokopedia, bukalapak dan beberapa penyedia online terpercaya lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa Anda harus pintar marketing dan pintar memilih suplier terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menjaga nama baik Anda. Jika layanan Anda cepat dan produk sangat berkualitas, nama baik Anda bisa naik dan popular.

9. Jasa konsultasi kursus online

Lagi – lagi yang harus dikuasai pertama adalah teknik marketingnya. Ketika Anda jago marketing, keahlian apapun bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan. Seperti menyediakan kursus online ini.

Anda bisa membuka jasa kursus online mengajar bahasa Inggris, bahasa Indonesia, layanan konsultasi dan berbagai jenis lainnya.

Tak butuh kantor besar dan gedung tempat belajar, cukup lewat video conference, Anda bisa membuka jasa tersebut. Agar berhasil jangka panjang, berikan pendidikan dan pelayanan terbaik bagi para pelajar Anda.

Pekerjaan mengajar merupakan pekerjaan mulia. Anda bisa membantu pendidikan orang lain dan bisa membuat bangsa Indonesia cerdas. Asalkan Anda memberikan pendidikan yang berkualitas.

10. Menjadi software developer di Google Play Store

Sama seperti poin nomor 6 diatas. Anda bisa memanfaatkan keahlian koding Anda untuk membuat aneka software di Google Play Store.

Pernahkah Anda mendengar kisah seorang kuli yang berhasil meraup belasan juta rupiah perbulan dari bisnis ini. Jika belum, silahkan Anda cari di internet, baca kisahnya. Semoga kisah tersebut bisa memberikan inspirasi bagi Anda.

Baca juga : Belajar Marketing Bisnis dan Alasan Mengapa Hal Ini Sangat Penting

Kesimpulan :

Nah sekarang Anda sudah tahu apa saja peluang bisnis online sampingan yang bisa Anda kerjakan dari rumah atau setelah kerja kantoran. Sebagai karyawan, seharusnya kita juga memperhatikan pekerjaan utama, bedakan antara kerajaan sampingan dan kerjaan utama. Jangan disatukan dan di pikirkan secara bersamaan.

Agar berhasil, pelajarilah teknik marketing yang benar. Anda bisa mencari ilmunya di internet, manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin untuk praktek dan berbisnis. Salam sukses selalu.

Updated: November 27, 2017 — 11:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap