Buat Foto Kamu Lebih Menarik Dengan Teknik Photoshop Berikut ini

Adakalanya kamu kurang puas dengan hasil foto jepetran kamu. Seperti kurang berwarna atau mungkin agak sedikit ngblur. Hal ini bisa disebabkan karena kesalahan setting pada kamera atau karena pencahayaan yang kurang memadai dan beberapa kesalahan lain saat kamu mengambil foto tersebut.

Apa jadinya jika foto tersebut merupakan foto favorit kamu atau merupakan momen spesial, sudah tentu hal ini membuat kamu jengkel.

Untuk memperbaiki hasil jepretan yang bermasalah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita coba. Akan tetapi, nggak semua foto bisa di koreksi, tergantung dari seberapa besar masalah yang ada. Jika masalah kontras saja sebenarnya masih bisa diatasi, akan tetapi, jika kesalahannya karena terjadi blur yang terlalu banyak, mungkin butuh skill khusus.

Jika kamu ingin merubah foto menjadi lebih cerah, maka gunakan fitur curve seperti gambar dibawah ini.

Banyak sekali penyebab mengapa foto menjadi kurang kontras, bisa jadi karena faktor cuaca atau karena setting kamera yang kurang tepat pada saat kamu mengambil foto. Bisa juga terjadi akibat pencahayaan yang kurang memadai. Jika hal ini terjadi seperti pada gambar berikut ini, kamu bisa mengatasinya dengan mudah.

Silahkan kamu buka aplikasi photoshop, lalu coba atur contras dengan menggunakan fungsi curve. Untuk lebih jelasnya, coba kamu perhatikan gambar dibawah ini.

Memperjelas foto

Hasilnya menjadi lebih jelas sekali bukan? Caranya bagaimana?

Buka foto kamu dengan menggunakan aplikasi photoshop, lalu duplikat layernya agar foto utama tidak rusak. Pastikan layer baru yang aktif, kemudian pilih menu layer adjusment dan pilih curve.

Berikutnya akan tampil jendela baru berupa histogram dan garis curve. Silahkan kamu atu dengan cara slide keatas dan kebawah pada grafik tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut contoh tampilan jendela curve.

Menggunakan

Cara diatas memang sangat sering dilakukan oleh editor foto melalui aplikasi photoshop. Karena memang hasil jepretan langsung masih belum bisa di cetak, jadi masih perlu beberapa koreksi warna agar terlihat lebih menarik.

Jika ingin merubah postur tubuh, Anda bisa menggunakan fungsi liquify

Editing foto selanjutnya yang paling sering ditemui adalah masalah postur. Mungkin foto kamu terlihat gemuk sehingga ingin merubah foto tersebut menjadi agak kurusan, caranya sangat mudah sekali, kamu bisa menggunakan fungsi liquify.

Selain menggunakan fungsi liquify, kamu juga bisa menggunakan marque tool, lalu pilih bagian tertentu, aktifkan transform dan rubah postur tubuh kamu menjadi lebih baik..

Pada tutorial berikut ini kita akan menggunakan fungsi liquify saja, karena sebagian besar masalah biasanya ada padi bagian tertentu. Nah untuk menggunakan fitur ini silahkan Anda buka menu filter lalu pilih liquify.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Merubah postur foto

Dengan cara diatas, kamu dapat dengan mudah merubah postur bagian pada foto yang kamu miliki. Cara ini juga cenderung lebih cepat dan lebih menghasilkan editing yang lumayan baik.

Memperhalus wajah dengan gauzian blur.

Bagi kamu yang memiliki tekstur wajah yang kurang halus, kamu bisa dengan mudah membuat foto kamu menjadi lebih mulus dengan teknik sederhana di photoshop. Pada teknik ini kita menggunakan filter Gauzian blur.

Caranya, duplikat terlebih dahulu layer foto kamu, kemudian aktifkan filter gauzian blur pada menu filter => blur => gauzian blur.

Menggunakan gauzian blur

Setelah Anda mengaktifkan gauzian blur, selanjutnya pastikan layer yang telah di filter dengan gauzian blur tadi ada pada bagian bawah. Kemudian gunakan fitur mask untuk menimbulkan efek blur pada bagian tertentu.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini.

Menggunakan fitur gauzian blur

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik foto kamu. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagaimana cara mempercantik atau memperindah foto dengan menggunakan photoshop. Selamat mencoba.

Updated: August 26, 2017 — 5:20 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap