Cara Agar Baterai Handphone Awet dan Lebih Tahan Lama

Ada banyak sekali versi yang berbeda tentang cara perawatan baterai handphone agar lebih awet dan tahan lama. Akan tetapi, cara yang paling benar adalah pelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja baterai lithium. Umumnya Hp sekarang ini menggunakan jenis baterai lithium.

Kita tahu bahwa baterai ponsel merupakan bagian yang paling penting. Apa gunanya jika handphone dibeli mahal – mahal tapi baterai nya cepat habis atau soak.

Cara menghemat baterai hp tahan lama

Tips agar baterai handphone Anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Kita tidak membahas bagaimana cara kerja baterai lithium. Akan tetapi, berikut ini kita coba bahas apa saja penyebab baterai cepat habis dan bagaimana cara merawat baterai handphone Anda agar lebih awet.

1. Gunakan rasio 40% dan 80%.

Baterai model sekarang berjenis lithium, semakin sering di cas malah semakin baik dengan rasio diatas. Jadi jangan biarkan terlalu habis dan terlalu penuh.

Baterai yang terisi secara penuh secara berlebihan dapat merusak komponen baterai. Hal ini disebabkan penumpukan ion. Anda harus menghindari ini, jika terlalu sering, dapat membuat beberapa ion terjebak. Akibatnya, ion tersebut tidak dapat digunakan karena lengket.

Bagaimana cara cas hp yang benar? Cabut charger jika indikator baterai Anda sudah penuh atau hampir penuh. Charger atau cas kembali sebelum benar benar habis.

Apa arti rasio 40% – 80% ? Artinya begini. Ketika baterai Anda tinggal 40%, silahkan cas kembali, nah ketika sudah mencapai 80% Anda bisa mencabut charger. Artinya semakin sering charging akan semakin baik. Dengan kata lain, jangan terlalu kosong dan terlalu penuh.

2. Mengapa menggunakan ponsel saat di cas/charging tidak dianjurkan?

Pertanyaannya panas atau tidak?

Jika panas hentikan sementara penggunaan Handphone ketika sedang di charge. Kalau tetap dingin, berarti arus yang masuk berasal dari power supply, berarti hal ini tidak menjadi masalah.

Saat mode pengisian, usahakan agar handphone Anda dalam kondisi standby. Jangan digunakan. Mengapa? Ketika sedang dalam proses charging/cas kondisi ion sedang berpindah, nah ketika Anda menggunakan ponsel sambil di cas, dapat membuat proses ini terganggu.

Akibatnya hp Anda jadi cepat panas. Hal ini dapat membuat baterai handphone Anda cepat rusak. Lebih baik jangan gunakan ponsel saat charging. Akan lebih baik menggunakan mode pesawat atau Anda turn off saja terlebih dahulu. Kondisi seperti ini dapat membuat proses charging sempurna dan cepat terisi. Siklus charging baterai bisa lebih lama.

3. Gunakan charger yang sesuai

Lebih baik menggunakan charger bawaan. Charger bawaan sudah tentu memiliki output yang memang didesain sesuai dengan perangkat.

Jika Anda membeli charger baru, baca berapa arus yang dihasilkan. Usahakan sama dengan spesifikasi charger bawaan pabrik handphone Anda. Langkah seperti ini untuk mencegah terjadinya arus yang berlebihan pada baterai Anda.

Memang kita bisa saja menggunakan charger dari hp merek lain. Misalkan Anda menggunakan charger blackberry untuk hp samsung. Akan tetapi lebih baik Anda menggunakan charger dengan merek yang sejenis. Masing – masing charger tentu mempunyai spesifikasi sendiri.

4. Atur kontras screen

Untuk menghemat baterai, Anda bisa menurunkan kontras layar hp Anda. Hal ini bertujuan untuk menghemat konsumsi daya dari baterai. Dengan langkah seperti ini, dapat membuat baterai Anda memiliki siklus yang lebih lama. Jika layar terlalu terang, konsumsi daya baterai jelas lebih tinggi.

5. Periksa waktu display layar

Anda bisa mengatur mode display layar dengan waktu yang cepat. Misalkan, Anda bisa saja membuat menjadi 1 menit. Jadi, setelah tidak digunakan selama 1 menit, mode layar akan masuk ke kondisi layar log off.

Cara ini jelas menghemat konsumsi daya baterai, terkadang kita lupa menekan tombol kunci. Alhasil, layar menyala terus walau tidak digunakan. Kondisi ini akan memakan baterai secara berlebihan.

6. Jangan gunakan mode getar

Getar pada ponsel muncul akibat adanya putaran pada motor listrik dc kecil atau yang sering disebut dinamo. Saat memutar rotor motor kecil, dinamo membutuhkan daya yang lumayan besar. Nah, Anda bisa menggunakan mode silent saja tanpa getar ketika meeting.

Selain menggunakan mode silent, Anda bisa menggunakan mode pesawat ketika sedang meeting. Hal ini justru lebih hemat baterai ketimbang mode silent.

7. Turn off notifikasi

Untuk menghindari pemborosan baterai. Anda bisa menonaktifkan notifikasi pada beberapa aplikasi. Untuk mencobanya silahkan ke menu Setting lalu ke Apps. Pilih aplikasi nya, kemudian buang centang pada Show notification.

Menonaktifkan notifikasi dapat membuat Anda nyaman ketika bekerja karena bisa lebih fokus. Selain menghemat baterai hp, Anda lebih terhindar dari terlalu banyak menghabiskan waktu di ponsel. Gunakan waktu Anda untuk hal yang lebih produktif.

8. Jangan gunakan live wallpaper

Menggunakan live wallpaper memang bisa membuat ponsel Anda menjadi lebih cantik. Akan tetapi, hal ini justru membuat penggunaan daya baterai yang tinggi. Lebih baik gunakan saja statis wallpaper dengan warna hitam.

Selain wallpaper, perhatikan juga penggunaan widget. Penggunaan widget yang berlebihan juga dapat membuat proses background menjadi banyak. Gunakan widget seperlunya saja.

9. Nyalakan wifi hanya ketika ada jaringan

Mengaktifkan wifi ketika diluar jaringan dapat membuat perangkat bekerja keras untuk menemukan wifi. Perangkat akan mencari signal, hal ini membuat konsumsi baterai menjadi lebih tinggi. Akibatnya, baterai ponsel Anda menjadi cepat habis.

Nah untuk menghindari pemborosan baterai, Anda bisa mematikan wifi ketika diluar jaringan. Ketika berada pada jaringan wifi, lebih baik gunakan wifi saja ketimbang 3g atau 4g. Wifi ternyata lebih irit baterai.

10. Tutup Aplikasi yang tidak dipakai

Hati hati, jangan salah dalam melakukan hal ini. Tutup hanya aplikasi yang anda download saja, jangan otak atik aplikasi sistem, nanti bisa error.

Ada beberapa aplikasi yang sering jalan di background. Artinya walaupun anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, ia tetap berjalan. Hal semacam ini yang disebut background running app. Sering kita jumpai pada aplikasi chat, game dan media sosial.

Kita bisa menutup beberapa aplikasi agar tidak running di background. Caranya sangat mudah. Lakukan pengaturan di Setting, Apps, cari running apps, pilih mana yang ingin disable.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat baterai lithium.

Baterai model terbaru Solid State

Kabar baiknya vendor handphone sedang mengembangkan teknologi baterai baru yaitu baterai solid state. Baterai ini akan mengganti model baterai lithium yang umum sekarang. Baterai jenis ini dipercaya mampu lebih awet hingga 3 kali lipat.

Tak hanya vendor hp, seperti beberapa isu yang beredar mengatakan bahwa, perusahaan mobil juga sedang mengembangkan jenis baterai solid state ini. Baterai model ini dapat menambah daya jangkau mobil, mempercepat proses pengisian serta aman ketika digunakan.

Apa perbedaan baterai lithium dengan baterai Solid state?

Perbedaan terletak pada cairan yang digunakan untuk pengantar ion antara kutub anoda dan katoda. Pada baterai solid state tidak lagi menggunakan cairan untuk mengantar ion. Akan tetapi telah dirubah menjadi unsur glass, atau bisa disebut solid elektrolit.

Hal ini di percaya membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama, lebih cepat saat di isi dan aman.

Baterai jenis ini juga dipercaya merupakan perkembangan untuk ponsel dimasa yang akan datang. Penemu baterai solid state memang sedang mematenkan beberapa hasil penemuan mereka sebelum dirilis. Semoga saja cepat terealisasi.




Updated: July 26, 2017 — 7:43 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap